Reservasi Tiket Kereta Api Online

Untuk melayani kebutuhan pelanggan akan kemudahan membeli tiket kereta api, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini telah mengimplementasikan suatu sistem reservasi serta pembelian tiket Kereta api secara online dengan bekerja sama dengan pihak perbankan (saat ini Bank Mandiri).

Cukup dial 13897 (13TYP) dari telepon GSM anda (saat ini CDMA belum bisa).

Hal yang harus diperhatikan sebelum dial ke 13897, maka pastikan rencana keberangkatan, seperti: Nama calon penumpang yang akan berangkat, alamat dan no telpon yang dapat dihubungi, Nomor/Nama kereta api yang akan dijalani, asal dan tujuan perjalanan, tanggal dan jam keberangkatan, jumlah penumpang dan jenis penumpang (dewasa dan anak) yang akan berangkat, Kelas kereta yang diinginkan, asal dan tujuan perjalanan, tanggal dan jam keberangkatan.

Selanjutnya hubungi nomor telepon 13897 dengan menggunakan HP GSM. Tunggu beberapa saat maka operator akan menayakan hal tersebut di atas dan menyampaikan hasil pesanan pesanan pelanggan, berupa informasi pemesanan seperti:

  • Nama kereta_api,
  • Tanggal dan jam keberangkatan,
  • Jumlah penumpang yang akan berangkat,
  • Kelas dan Nomor tempat_duduk,
  • Harga tiket,
  • Biaya administrasi pemesanan,
  • Total biaya yang harus dibayar,
  • Kode booking (ini penting, karena kode_booking merupakan kode yang harus disampaikan kepada petugas loket pada saat akan mengambil tiket dan juga sebagai identitas dalam melakukan pembayaran).
  • Batas waktu pembayaran, maksimal 3 jam setelah pemesanan

Jika informasi yang disebutkan oleh operator sesuai dengan rencana perjalanan, dan pelanggan menyatakan setuju, maka operator akan merekam data pemesanan. Selambat_lambatnya 3 jam setelah pemesanan disetujui, Pelanggan harus segera membayar pesanannya melalui fasilitas Bank (ATM, Internet Banking, SMS Banking atau Call Center Banking) dan untuk sementara hanya Bank Mandiri. Jika proses pembayaran melebihi 3 jam sejak pemesanan maka pesanan dianggap batal dan tempat duduk akan dialokasikan untuk pemesan yang lain. Jika proses pembayaran melalui fasilitas banking berhasil, pelanggan akan menerima: Strook ATM, jika pembayaran melalui ATM, atau Printout Computer, jika pemesanan melalui internet, atau SMS dari Bank jika pemesanan melalui internet banking.

Dalam hal pelanggan memesan tiket bukan untuk dirinya sendiri (Untuk relasi, keluarga dll) maka nama yang disebutkan pada proses pemesanan, harus atas nama penumpang yang akan berangkat dan harus sesuai dengan KTP/Identitas lain milik penumpang yang akan berangkat. Dengan demikian pemesan wajib menginformasikan minimal kode booking yang diterima pada saat pemesanan kepada calon penumpang yang akan berangkat.

Contoh :

Tuan Ahmad akan memesan tiket untuk KA Argo_wilis tanggal 2 Mei 2008 sebanyak 2 tempat duduk Asal bandung tujuan Yogyakarta untuk Saudaranya yang bernama tuan Irwan, Maka tuan Ahmad harus menyatakan pesanannya atas nama tuan Irwan dan setelah mendapat kode booking dan kode pembayaran maka kedua kode tersebut harus diinformasikan kepada Tuan Irwan.
Dalam hal pesanan tuan Ahmad dibayar oleh tuan Irwan, maka kode pembayaran akan diterima oleh tuan Irwan. Tuan Ahmad tidak akan bisa mengambil tiket pesanannya kecuali menunjukan KTP tuan Irwan dan melampirkan fotocopy KTP atau identitas lain.

Sejak selesai pembayaran hingga menjelang keberangkatan, calon penumpang dapat mengambil tiket di stasiun yang melayani pemesanan tiket yang telah ditentukan untuk mendapatkan tiket yang telah dipesan. Sebutkan nomor booking dan menyerahkan fotocopy KTP dari penumpang yang akan berangkat.
Setelah dicek keabsahannya petugas akan menyerahkan tiket Kepada calon Penumpang.

About these ads
Categories: Kisah | Tags: | 21 Comments

Post navigation

21 thoughts on “Reservasi Tiket Kereta Api Online

  1. ikoiko

    mas tiketnya ga bisa di booking satu bulan sebelumnya yach???

  2. Konsep-nya sih bagus,
    tapi pada tataran aplikasinya…

    dooh! parah…

    mas Hari Pras belum mencoba rupanya :)

    salam,
    AP

  3. joko

    muaaaaaaaaaaaaaahal….pulsanya dial ke 13897

  4. AMI

    13897 namanya bukan ONLINE KAI, tapi BY CALL KAI. Itu lebih tepat gitu loch! Harusnya bisa di telp dari lokal dong!!! Biar Pulsanya gak mahallllll

  5. terima kasih infonya, baru saja saya mencoba layanan ini dan berhasil tersambung dgn operator. Cuma yang saya khawatirkan, seberapa valid atau bisa dipertanggungjawabkan cara online seperti ini. Sebab di negara kita, cara seperti ini meruopakan baru. Meski sebenarnya airasia sudah menerapkan sistem ini. Tolong infomasinya bagi yang sudah menggunakan sistem ini. Terima kasih

  6. udah nyobain juga
    janjinya di web PT. KAI reservasinya 24 jam
    tapi tadi malam telpon untuk reservasi operatornya bilang kalo reservasi dibuka jam 7 (lho 24 jam nya mana ?)
    terus pagi ini, nyoba telpon lagi, ga bisa nyambung. Pas giliran nyambung, ga diangkat

    Jadi pengen misuh

  7. Hihihi ini kan Indonesia, semuanya serba gak pasti. Sabar bung, mendingan kita ngantri tiket bareng2 di gambir. Berangkat pagi ajah, biar dapet terdepan. Teknologi sudah maju tapi tetep antri.

  8. Hehehe……
    Ngantri, berangkat pagi ?
    Tetangga sebelah udah nginep di stasiun dari semalem.
    Belum jelas juga dapat tiket atau ga…..
    Buka jam 7 pagi, jam 7.30 petugas bilang tempat duduk sudah habis

  9. dicoba aja mungkin aja berhasil..

    namanya juga usaha kan…!!!

  10. put

    Ditelpon ratusan kali kagak bisa nyambung. Begitu bisa nyambung kagak diangkat…..
    Dibela-belain antri dari subuh, kagak dapet tiket…
    Ada yg tau cara yg lebih jitu???
    Mau mudik aja kok susahnya minta ampuuuuun…

  11. Faren

    Dr pagi nyoba telp ke 13897 ga nyambung2 nyariin tiket u/adek. Dia sendiri nyobba dr jam 1 malam katanya suruh tlp pagi jam 7, jam 7 ditelp ud susah masuknya sampe jempol lecet mencetin HP :D

  12. mojokerto

    pesen tiket ngantri ga pernah dapet apalagi yg lewat online?klo pesen tiket mending cari kenalan orang dalam pt.kai.dijamin dapet.pengalaman dr tahun2 kemarin,baik mudik maupun balik.tradisi yg menyedihkan,tp mo gimana lg ya,klo ga begitu ya ga bisa mudik.

  13. Pingback: Mau mudik aja kok repot « jhe blog

  14. ade setiadi

    koq gak bisa reservasi di hari yang sama, teleponnya kalau bisa lokal aja, cuma setengah menit aja udah 2.000 gimana kalau jadi reservasi bisa 20.000, mending buat bayar kurir, he. he., tolong di upgrade fasilitasnya

  15. mudik kok repot kan sebulan sebelum lebaran dari dulu sudah bisa cek tempat duduk yg tersisa. Pake hp aja untuk browsing ke ticketing.keretaapi.com. Tinggal lihat sisa tempat yg tertinggal untuk mudik dan kembali dari mudik. Pas sdh tentuin harinya terus baru ke senin atau gambir untuk pesen untuk pulang &pergi. Harus rencana matang sebulan sebelumnya gara gara kapok tahun sebelumnya berdiri terus. Yah kalo mendadak ya bisa gigit jari nih

  16. Soedono

    Supaya pasti dapet tiket kereta, belinya dari calo aja Mas. Ya, itung2 bagi2 THR gitu … Hehehe :D

  17. rinto

    Iyah tuh yang namanya online / call center itu mestinya ada nomor lokalnya. ini mah sama sajah ada udang dibalik batu (bisanis dibalik peningkatan pelayanan). Gw saranin ga usah lah pake gituan..ga jelas…………. mending bayar kuli betul bro daripada bayar pulsa yg ga wajar mahalnya… ketipu juga gw…

  18. cogan

    wuih keren PT KAI pny ticketing unline, tp mang bisa??? wah website-x aja g karuan aplg online.
    brsn sy mo psn tiket di 13897 br diangkat halo (cs-x cowok) br ngomong yujuan kita eh tanpa blng tunggu sbntr ke; apalah lgsg dimatiin.
    ditelp lg g bs hahahaha PAYAHHHHHH

  19. aku

    cuma bisa geleng2 kepala.. dasar PT *AI mentang2 kagak ada saingannya..

  20. gammutu

    boking online tiket dari 13897 = gak mutu. baru di telp jawab nya udah nggak niat. ini beneran atau nggak sih.

  21. silvi mardini

    contoh dialog reservasi boking/cancel tempat dlm bhs.inggris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,763 other followers

%d bloggers like this: