Mengurus visa Korea Selatan

Aku menulis artikel ini karena jarang sekali aku temui artikel mengenai pembuatan visa Korea Selatan di Internet. Kalaupun ada ya gak detil. Jadi begini ceritanya:

Aku mendapat kesempatan untuk sharing di Forum ASPNet UNESCO untuk membahas masalah ESD n MDGs di UNESCO Peace Center, Icheon, Korea Selatan, makanya aku perlu mengurus visa di Kedubes Korsel di Jalan Gatot Subroto samping RS Medistra.

Aku berencana mengurus hari Senin 5 Oktober 2009, tapi karena aku harus mengajar terlebih dahulu maka aku baru bisa berangkat jam 10.30 dari Pondok Labu dengan menggunakan motor. Selama perjalanan aku terjebak macet, begggghhh terutama di Buncit. Akhirnya sampai di sana jam 11.40 dan aku ditolak masuk oleh satpam kedubes karena sudah lewat dari waktu terakhir yaitu jam 11.30, ahhh tipis banget, aku bingung, wah kapan lagi bisa ke sini karena jam ngajarku padat banget, akhirnya aku mau nanya-nanya dan disuruh ke dalam ruangan pengurusan visa.

Di dalam ruangan aku celingak-celinguk kebingungan mau nanya kesiapa, dan aku disapa ramah oleh satpam di dalam ruangan. Aku bertanya masih bisa mengurus visa apa tidak, pak satpamnya bertanya dari mana aku, aku jawab saya guru dari SMA Al Izhar dan dari bahasa tubuhnya sudah menunjukkan tidak bisa karena lewat dari waktunya, tapi pak satpam bertanya lagi, berkas-berkasnya sudah siap belum, aku jawab sudah lengkap tinggal masukin saja. Tanpa pikir panjang dia nyuruh aku duduk di ruang tunggu dan aku juga disuruh nunggu sampai akhir. Wowww, Alhamdulillah, baik banget pak satpamnya, semoga engkau dimudahkan oleh Allah segala urusan engkau di dunia dan di akherat nanti ya pak. Amin.

Selama hampir 1 jam aku menunggu antrian terakhir, pak satpam memberiku nomor antrian terakhir dari mesin pencetak nomor antrian yang seperti di bank-bank itu loh. Tinggal 1 orang lagi di loket penerimaan aplikasi visa, ada 2 loket, loket 1 dan 2. Loket 1 dijaga cowok lokal dan Loket 2 juga di jaga cewek lokal. Ketika orang terakhir selesai, berarti tinggal aku sendiri nih tapi kok ga dipanggil-panggil malah nomor antrian di loket dimatiin ama yang cowok lokal. Aku buru-buru mendatangai loket 1 (maunya sama mbak di loket 2 soalnya yang mas di loket 1 keliatannya galak). Eh bener juga, aku nanya pak saya belum dipanggil, dijawab oleh si mas, bapak datang jam berapa ini nomor sudah tidak tercantum di mesin. Aku jawab saya datang jam 11.40. Dia nanya lagi, siapa yang masukkin bapak, aku bilang pak satpamnya pak. Dia nanya lagi dengan galak, bapak dari mana, aku jawab lagi saya guru pak dari SMA Al Izhar. Ya terus diambil deh aplikasi visaku.Isinya:

  1. Formulir aplikasi visa (bisa langsung diisi di kedubes atau download dari internet)
  2. Foto 4 x 6 2 lembar background putih (biro pemotretan foto pasti paham beginian bilang aja foto visa)
  3. Surat undangan dari instansi yang mengundang aku (UNESCO Korea dalam hal ini)
  4. Surat tugas dari instansi tempatku bekerja (SMA Al Izhar)
  5. Passport yang masih berlaku 6 bulan lebih ke depan
  6. KTP & KK (yang ini dibalikin lagi ama petugasnya)
  7. Fotokopi Electronic Ticket Pesawat atas nama kita yg sdh dikonfirm ama biro perjalanan
  8. Itenerary atau jadwal acara selama di Korea Selatan

Gak lama dia nanya lagi, apa kepentingan bapak ke Korea, aku jawab saya di undang oleh UNESCO Korea sebagai pembicara di forum guru-guru pak. Dan gak lama aku disodori kuitansi aplikasi visa Korea sebesar 330 ribu dan dikasih no telpon kedutaan dulu di 021 520 8950, seminggu gak nyampe seminggu (3-4 hari) disuruh nanya ke kantor, aplikasi sudah bisa diambil atau belum. Nanti bakal ditanya nomer aplikasinya yang ada di nota dan jika sudah selesai maka bisa diambil, tinggal ke loket numpuk nota, nanti dipanggil petugas sesuai dengan banyaknya tumpukan nota (btw kalo mau uang pengurusan visanya mau diganti ama kantor, lebih baik difotokopi dulu notanya sebelum dibalikin).

Berikutnya kita dipanggil dan Paspor berikut visa yang udah nempel di dalam passport sudah bisa diambil.

Lega deh selesai, hihihihi berhasil deh meski kena omelan…. Gapapalah yang penting aku gak ninggalin ngajar, kan kasihan anak-anak murid. Tinggal berangkat tgl 22 Oktober 2009.Lebih baik mengurus visa sendiri kalo tidak sibuk kalo sibuk ya mending di biro aja tapi lebih mahal.

About these ads
Categories: Curhat | Tags: , | 132 Comments

Post navigation

132 thoughts on “Mengurus visa Korea Selatan

  1. dinni

    Pak,

    dokumen yang diminta apa saja?
    kebetulan saya akan ada tugas ke sana, dan berapa lama proses visa nya keluar dari dokumen diterima?

    mohon bisa di japri ke email saya. terima kasih sebelumnya :)

  2. Nita

    Pa Hari,

    Mau tanya nih… setau saya kalo kita mau jalan2 ke negeri org yg butuh visa, biasanya kalo sendiri ‘dicurigai’. mksdnya dicurigai akan cari kerja disana, kyk wkt adik saya mo jalan2 kesana krn status dia single… diinterogasi aneh2.

    nah, saya juga status single nih dan mau jalan2 kesana bulan juni ini… tips-nya dunk utk kelancaran jalannya apply visa ini..hehe

    • Hari Prasetyo

      Iya mbak Nita, kalau kita tidak dilengkapi dengan dokumen yang disyaratkan kadang susah dalam pengurusannya. Tapi sangat mudah kalau ada undangan dari instansi dari negara yang akan kita kunjungi.Selamat berkunjung ke Korea. Selamat bersenang2 menikmati makanan Korea.

  3. riri

    Dear Pak

    Salam kenal, ku punya teman deket ( temen kantor ) orang korea ku pengen ikut main ke korea klau dia mau cuti, tapi bingung ngurus Visanya? dan aku tinggal di kepri, apa mesti ke jakarta untuk ngurusnya?
    pls advice
    thanks a lot

    • Mmm.. menurut saya mbak riri googling aja “jasa pengurusuan visa korea”, cuma harus cari yang sudah berpengalaman dan bonafide (biasanya tour n travel yang menyediakan layanan ini), agak mahal tapi efisien drpada ke jkt. Coba saja tanyakan prosedurnya kepada mereka mbak.

  4. verhuny

    pak,
    wah terima kasih atas infonya.
    untuk kelengkapan dongkumen, apa saja yg diperlukan ya pak? kebetulan saya mahasiswi yg akan ikut program summer school selama sbulan dsana. Lalu apakah perlu npwp? (mengingat saya belum punya)

    terima kasih

    • NPWP ya? kalo tak salah kalo masih pelajar atau mahasiswa dilampirkan NPWP orang tua dan fotokopi Kartu Keluarga (untuk menerangkan bahwa anda adalah anak dari pemegang NPWP),

    • saya mau tanya:aku kan baru pulang dari korea karena visa bermasalah.
      bagamana cara nya biar aku bisa urus visa aq kmbali krn dulu paspor aq hlng di korea trus aku paspor jln dari imigrasi.
      apkah aku msih bisa urus kepergian kekorea selatan lagi
      terma kasih

  5. widi

    Kebetulan saya mau proses visa korea, boleh tanya waktu p’hari prosesnya berapa lama? Dokumen sih sdh lengkap. saya sempat tanya katanya 3-4 hr bener ? Thnks

    • Kalo menurut saya yah tergantung dari cepatnya mereka bikin visanya, petugasnya kan harus mengkonfirm betul apa tidak anda diundang oleh instansi dari korea, biayanya dari mana? Oleh karena itu mereka selalu memberikan nomor telp kantor mereka agar anda bisa mengecek apakah visanya sudah selesai atau belum, normalnya ya 3-4 hari.

  6. thai

    begini pak,saya dl dah pernah kerja korea visa E9,tak pernah ilegal/melanggar hukum,menurut bapak bagaimana kemungkinanya seandainya saya ikut program tour korea,apakah interviewnya njlimet,dokumen komplit,cop visa malesia n sngpore ada

    • Wah saya blm punya pengalaman seperti ini pak, tapi biasanya kalo biro tour n travelnya jelas dan memang punya program tur ke korea, biasanya visanya diurusi oleh bironya deh pak. Karena sewaktu saya mengurus visa tempo hari banyak karyawan tour n travel yang ngurusin visa peserta tour. Coba bapak hubungi biro tour n travel bapak apakah bisa diuruskan visanya atau tidak.

    • GARY

      Bp. Thai,
      mohon keterangan mengenai kerja di Korea Selatan.
      Saya sudah mendapatkan Visa Korsel. minta tambahan informasi :
      1.baiknya kerja di kota apa dan di tempat / bagian apa ?
      2.Apakah orang Korsel galak2 / kasar2 seperti cerita2 orang ?
      3. Apakah di Korsel ada organisasi atau perkumpulan orang2 Indonesia yang bekerja di Korsel. Kalau boleh / bisa minta Nama orang dan nomor telepon orang yang Bapak tahu sewaktu Bapak bekerja disana.
      4. Biasanya sewaktu masuk Korsel sewaktu di imigrasi bandara Visa E9 mendapat izin tinggal berapa lama ? kalau Bapak tahu Visa Turis dapat izin tinggal berapa lama ?
      Terima kasih atas infromasi2 dari Bapak

      • 1. bekerja di kota apa saya juga kurang paham, karena saya ke Korea karena undangan seminar.
        2. orang Korea memang disiplin dalam bekerja dan cenderung galak. Tapi dengan konsumen mereka baikkk banget.
        3. saya hanya mendengar dari konsuler di KBRI bahwa ada organisasi orang Indonesia, mungkin bapak bisa browsing di google.
        4. kalo E9 saya tidak tahu pak. Visa Turis tergantung lama berliburnya. Saya cuma dapat satu bulan.

  7. mas, misalnya ngurus visanya hari ini, selesainya 3 or 4 hari sesudahnya gitu ? ato 3- 4 hari sesudahnya baru ngecek apa diterima ato ditolak ?
    terima kasih :)

  8. Eka Juni

    waduh jadi cemas..nih pak hari..sama nih profesi kita pendidik, apalagi saya berasal dari jatim..kbetulan suami kerjanya di korea….bisa proses visa cepat tidak ya……..masalahnya pengen 4 hari bisa jadi……klo tidak berarti tidak jadi ke korea deh……padahal urus paspornya lama banget….karena ga mau lewat calo sih pak…….hik..hik…semoga datang keajaiban dari Allah…

  9. Arini

    Pak Hari,

    Saya mau tanya, Apakah benar kalau berkunjung ke korea selatan untuk trip jalan2 saja tapi kurang dari 14 hari tidak perlu menggunakan visa…?? Atau tetap perlu walaupun hanya satu hari saja.

    Mohon jawabannya japri ke mail saya ya…

    Terima kasih sebelumnya,

    Arini

    • Saya mau tanya, Apakah benar kalau berkunjung ke korea selatan untuk trip jalan2 saja tapi kurang dari 14 hari tidak perlu menggunakan visa?? kalau ya syaratnya apa dan biayanya

  10. iphiet

    saya mau backpackingan ke seoul, tapi masih bingung ma jumlah tabungan yang harus dipenuhi..kira2 berapa banyak ya???
    trus…butuh surah keterangan bekerja di kantor ga??dan surat tanda bukti bayar pajak dan sejenisnya…tolong sharing info nya dunkz untuk backpacker heheh..makasih…

  11. Ega

    wow, info yang bagus sekali pak,,,
    terima kasih,

    sekalian ingin bertanya, kalau hanya liburan dan tidak memiliki surat sponsor bagaimana ya,,heheh

    terima kasih.

  12. susi

    pak, apakah benar katanya kalo mau ngurus visa kita harus punya bank account sejumlah 40 juta??

  13. Mas,

    Terimakasih informasinya

    Boleh nanya lagi :
    1. Apakah kita langsung bisa tahu kita dapat visa waktu kita selesai menyerahkan dokumen ?
    2. Apakah visa bisa dikirim melalui pos ? Atau harus diwakili oleh orang lain pengambilannya dan pakai surat kuasa ?

    Terimakasih ya mas
    Mohon dijawab melalui farahlagi@yahoo.com juga ya mas

  14. Marga Satria

    Hi Hari,

    Mau tanya soal issue yang konon katanya warga negara indonesia yang berkunjung ke korea di bawah 14 hari tidak perlu visa. ini benar ato hoax yah? bisa di jawab ke email saya ato di blog ini juga :)

    thanks

  15. Mas Hary,

    jika kita hanya ingin berlibur ke Seoul (tanpa ada undangan khusus dr instansi tertentu pastinya), apakah harus menggunakan visa juga? tidak cukup kah dengan paspor?

    Regard’s
    _Maulana_

  16. wullan citra

    assalamualaikum pak hari
    syarat buat Visa wisata ke seoul
    apa harus detail juga
    apa aja yaaa syarat2 nya???
    saia juga berencana backpacker ke seoul
    cuma masih bingung bikin visa nyaaa
    mohon penjelasan nyaa
    terimakasih

  17. setiawati

    mas hari,
    saya ada pengalaman buruk di korea selatan, tapi mungkin karena kebodohan saya sendiri. kejadiannya tahun 2002, dimana saya travel keluar negeri untuk pertama kalinya. saya ikut dengan rombongan dari referensi kenalan, dengan rute jakarta-hkg-shenzhen-seoul. waktu itu saya baru lulus sma. dengan membayar sejumlah biaya (yang ternyata kemahalan), sesampai di imigrasi south korea, saya tidak boleh masuk, dan dimasukkan ke ruangan khusus. besok paginya langsung diberangkatkan kembali ke jakarta (deportasi). sampai hari ini saya masih bertanya2 apa kesalahan saya? tapi memang saya tidak pernah apply visa korea, mungkin itu sebabnya saya kena deportasi. atau pada tahun 2002 memang bisa visa on arrival? (seharusnya perencana tournya lebih tau dari saya!)
    sekarang ini saya suka travelling hanya di asia saja, masih trauma dengan visa.
    sekembalinya dari korea, paspor saya diminta oleh si perencana tour. dan tidak pernah dikembalikan. saya tidak laporkan polisi karena kuatir dengan masalah yg berlarut-larut dan biaya besar.
    pertanyaan saya, apakah kejadian ini mempengaruhi chance of approval visa korea saya suatu hari nanti kalau saya apply?
    atau mas hari juga no clue yah, karena mungkin ini internal kedutaan….
    thanks sudah boleh sharing disini…..

    • Waduh passport itu nyawa mbak loh, itu ID kita selama di LN. Nah mbak bisa jalan-jalan di Asia ada passport baru kan ya?

      Membuat visa Korsel tidak sesulit visa AS, mungkin nama mbak tercatat di database kedubes dan alasan dideportasi. Menurut saya buat ajukan lagi saja aplikasi visa disertai dengan syarat2 yang diminta dan gunakan biro perjalanan yang sudah biasa melakukannya agar tidak mengalami kejadian seperti itu lagi. Semoga berhasil ya mbak.

      • setiawati

        thanks replynya.
        iya saya urus passport baru di travel agent dengan surat lapor hilang ke kepolisian. urusnya agak lama.
        kalau US masih jauh kayanya, nabung dulu hehehe….

  18. Henny

    Hahaha ternyata pak hary tohhh. Lg nyari tau gimana ngurus visa ke korea tapi setiap dpt linknya kurang puas tentang infonya. Eh ganti key word di google dpt blog nya pa hary, sampe ketawa what a small world. Thanks infonya ya pa, mdh2an aq berhasil ngurus visanya jd siap brangkat.

    • Eh ibu Heny, wah semoga ibu sukses mendapatkan visanya. Pengalaman saya sih membuat visa Korea Selatan gak sesulit mendapatkan visa Amerika Serikat. Membuat visa AS paling mendebarkan, banyak persyaratan dan belum tentu dapat.

  19. Rebecca

    mas mau nanya Nih saya mau buat Visa lewat biro perjalanan bisa gak??
    saya tinggal di palembang…
    saya mau liburan di korea tapi saya gak ada Surat undangan dari instansi yang mengundang gmn yah??

    Kira2 biaya perjalanan nya berapa ya??

    Thank’s

    • Mbak Rebecca, waktu saya ngurus visa di kedubesnya, ada orang dari biro travel yang bawa passpor segebok punya orang lain itu artinya sedang diurus via biro perjalanan. Ada juga yang diuruskan orang lain. Konsultasikan saja dengan biro perjalanannya. Tiket pesawat kurang lebih 10-14 juta.

  20. Pingback: 2010 in review « Hari Prasetyo’s Blog

  21. friski

    pak
    ak kn blum pnya pasport nih,klo msalkan saya ksna kira2 prsyratan untuk bwt visa’a gmn ya??yg ak denger kta’a tbungan d rkening qt hrus mncpai 30jt,bner g tuh??
    thanks before..

    • Tabungan itu diperlukan untuk menunjukkan mbak Dyah cukup untuk membiayai perjalanan dan biaya hidup selama tinggal di Korsel. Malahan waktu itu saya tidak memakai bukti tabungan lagipula tabungan saya tidak sebanyak itu

  22. AS..
    M’AF MZ..
    UNTK SURT UNDNGN,KLO DRI SODARA YG DI KOREA,KIRA2 PKE BHSA INGGRS ATO INA AJ..
    TANKS..

  23. Tyas

    Dear Pak Hari, saya dan 4 org teman ingin backpacking ke korea hanya 5 hari..
    ini karena tertarik dgn tiket promo slh satu maskapai..
    nah skrg saya bingung dan takut utk mengajukan visa ke korsel, ada yg bilang rekening di bank harus 30jt, dan harus ada cap dari lebih dr 5 negara..
    kalau benar2 utk liburan dan berwisata kira2 diijinkan tidak ya, Pak?
    tips dan trik nya gmn ya? trimakasih banyak, Pak.. :)

    • Sebenarnya mudah kok mengurus visa ke Korsel tidak seribet visa AS. Uang yang tersimpan tabungan relatif kok. Tabungan itu diperlukan untuk menunjukkan mbak Dyah cukup untuk membiayai perjalanan dan biaya hidup selama tinggal di Korsel. Malahan waktu itu saya tidak memakai bukti tabungan lagipula tabungan saya tidak sebanyak itu dan saya baru punya 1 visa dari Lebanon dlm rangka konferensi di Beirut.

  24. mareta riana

    Dear Pak Hari,
    kalo untuk visa turis apa aja syaratnya ya pak?
    jadi kl hanya untuk wisata mending urus visa dulu ato booking tiket dulu?krn kemungkinan di rejected itu ada kan ya pak?

    terimakasih :)

    • Kalo baru booking asal belum tiket di issued kan masih belum bayar kan bu. Saran saya minta saja itinerary-nya dari travel. Berangkat kapan pulang kapan naik pesawat apa untuk memperkuat pembuatan visa. Kalo ditolak kan ibu juga tidak rugi karena tiket masih belum dikonfirm. Kemungkinan besar sih diterima asalkan persyaratan dipenuhi dan alasan pergi kesana jelas. Semoga info dari saya bisa membantu ibu.

      • DiniDhi

        Mohon diperjelas…itinerary yg bisa kita minta ke travel tidak apa2 hanya berupa catatan2 biasa di kertas mengenai berangkat kapan pulang kapan naik pesawat apa,,,atau perlu print out resmi seperti tiket?
        trm ksh

      • Sewaktu itu saya menunjukkan itinerary dari travel yang baru di booking dan belum saya bayar lunas.

  25. Ambar

    pak, mau tanya, itu kenapa KTP dan KK dikembalikan? apa itu tidak diperlukan atau karena cuma untuk periksa kecocokan nama dsb?
    terimakasih banyak

  26. riri

    numpang tanya…u/ nama berbau islami apakah msh ditolak msk ke korsel???
    coz pengalaman tmn2 tahun lalu dibrktkan tour o/ knt ke hongkong-korsel, tyt tmn yg namanya berbau islami tdk bisa msk korsel, akhire balik lg ke hongkong dan stay disana mpe tmn2 yg lain balik ke hongkong….pdhal semua pengurusan wkt di indo uda beres dan brkt dg travel agent….
    mgkn p hari ada info2 dr kolega2 yg dikorsel…..makasih byk pak….krn nama sy n anak berbau islami…tktnya uda urus2 visa tyt disana ditolak…

    thx

    • Sepertinya tidak ada kaitannya dengan nama-nama berbau islam. Rekan saya bernama islami dan berjilbab saja bisa mendapatkan visa dengan mudah karena jelas alasan kepergiannya dan semua persyaratannya dipenuhi. Semoga berhasil.

  27. Nissa

    Pak Hari,
    saya mahasiswa dan berencana pergi ke korea untuk mengunjungi teman disana dan sekaligus berlibur. dari tanggal 24 juni 2011- 1 juli 2011. menurut saya, uang yang ada di tabungan saya sudah cukup untuk memenuhi biaya hidup saya selama di korea. dan karna saya belum bekerja diperlukan surat izin dari orang tua , kebetulan juga orang tua saya pensiunan. yang memiliki uang yang tdk begitu banyak di account. Menurut Pak Hari apa bisa di reject karna masalah keuangan?? dan tau ngga format dari surat izin dan surat pernyataan dari orang tua in english untuk embbassy of korea?? mohon infonya.. trims…

    • Hi Mbak Anissa,

      Terima kasih atas pertanyaan mbak Anissa kepada saya, saya akan mencoba untuk menjawab berdasarkan pengalaman saya dalam membuat visa.

      Wah waktunya sudah dekat, saran saya segera apply visanya mbak hari senin besok. Kalau mengenai di reject atau di terimanya aplikasi visa mbak, saya tidak bisa memprediksinya mbak, itu mutlak wewenang mereka. Asalkan persyaratan dipenuhi, alasan kepergian jelas, dan pada saat wawancara mbak bisa meyakinkan mereka (harus PD dan yakin dalam menjawab pertanyaan) maka biasanya sih dikabulkan. Menurut saya lampirkan saja fotokopi tabungan mbak sehingga kelihatan saldonya berapa sehingga meyakinkan mereka bahwa mbak sanggup membiayai kepergian mbak. Lampirkan surat keterangan dari bank. Saya sudah kirimkan ke email mbak yaitu contoh surat ijin orang tua, ini biasanya saya buatkan untuk murid-murid saya yang bepergian ke LN, ini contoh pada saat murid saya ke New York untuk mengikuti konferensi YouthCaN pada April 2011 kemarin. Menurut saya, aplikasi visa Korea masih lebih mudah dan murah dibandingkan dengan visa AS yang lebih ribet, lebih mahal, dan banyak persyaratannya. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan. Semoga aplikasi visa mbak dapat diterima. Selamat berlibur.

      Hari Prasetyo

      • Made Sumarma

        Hallo Pak Hari
        Salam sejahtra
        Saya ada teman,org Korea yg terus meminta saya untuk datang dan bekerja di perusahaannya,yg perlu sy tanyakan ,apa yg diperlukan untuk mengurus visa kerja atas ajakan teman saya yg org korea untuk bisa bekerja disana.
        trimakasih

        Made

      • Terima kasih ibu sudah mengunjungi blog dan terima kasih pula atas pertanyaannya, untuk mengenai visa ibu saya rasa visa kerja ya bu, tentunya harus ada surat dari perusahaan yang di Korea bahwa ibu bekerja di perusahaan tersebut, dan kalau tidak salah biaya visa kerja lebih mahal daripada visa turis. Mengenai persyaratan mungkin ibu bisa menghubungi bagian konsuler Korea Selatan langsung bu, karena saya tidak paham dengan visa kerja. Mohon maaf jawaban saya tidak dapat memuaskan ibu.

        Hari

  28. anggi

    saya mau tanya kalo, anak sekolah mau liburan sama teman2 disana, surat yg dibutuhkan apa aja ya? trus katany aharus ada bukti keuangan 50 juta?
    mohon balasannya :) tks

  29. anggi

    saya mau tanya kalo, anak sekolah mau liburan sama teman2 disana, surat yg dibutuhkan apa aja ya? trus katany aharus ada bukti keuangan 50 juta?
    mohon balasannya as soon as possible ya pak :) tks

    • Maaf buanget nih mbak Anggi baru buka blog nih, biasanya sih kalau dibawah 17 tahun (karena saya pernah mengurus visa utk murid saya di SMA), surat ijin orang tua (bhs inggris), ayah ibu, di tandatangani berdua dan pakai materai di bag ayah. Isinya bahwa mengijinkan bepergian berapa lama dan akan segera kembali ke Indonesia serta biaya selama di sana ditanggung orang tua. Bukti keuangan itu maksudnya agar pihak kedutaan bisa menilai bahwa rekening orang tua dapat membiayai perjalanan mbak. Tapi waktu itu saya gak ditanyaain karena biaya UNESCO Korea. Tapi sewaktu mengurus visa AS saya minta surat keterangan bank, bisa di urus ke bank, kalau saya dulu ke customer service minta surat dari bank mengenai jumlah uang saya untuk mengurus visa (saya gak punya uang sebesar itu jadi caranya saya minta di transfer kakak, nanti dibalikin lagi via transfer sstttt.). Di coba ya mbak. Semoga berhasil. Gak sulit kok mendapatkan visa asal syarat-syaratnya dipenuhi dan alasan kepergiannya jelas untuk liburan.

      Hari

  30. Sari

    mau ikutan tanya ah..
    sy ada rencana ke korea bulan juni 2012 dlm rangka liburan tp ga ikut travel alias backpacker. mau tanya surat undangan/sponsor itu mutlak harus ada ngga?soalnya sy ga punya kenalan orang sana. pekerjaan sy PNS, ada yg bilang klo PNS visanya lebih mudah di acc, bener ga ya?

    • Maaf baru membalas, terima kasih atas pertanyaan ibu Sari. Kalau traveling kan tidak perlu surat undangan kan bu. Surat undangan/sponsor itu kan untuk memastikan kita ke Korea dalam rangka tugas dan akan kembali setelahnya sehingga kedutaan yakin bahwa kita ke Korea untuk bekerja bukan untuk mencari pekerjaan. Menurut saya, penuhi administrasi persyaratannya bu. PNS mudah mendapatkan karena mungkin saja mereka melihat bahwa PNS akan kembali bekerja, dan intansinya juga jelas. Terutama yang pakai passport biru (passport dinas) malah mudah bukannya (kecuali AS). Optimis saja bu. Selamat berlibur.

  31. ruben

    Salam kenal Pak Hari, saya ijin nanya ya..
    Saya sudah mengajukan visa lwt agen travel barusan krn posisi saya di sby. Lalu gmn interview nya ya Pak, apakah lwt telp? semoga aja bisa lgs tembus tnp interview harapan saya :) Amin
    Kira2 kalo lwt telp apa yg ditanyakan ya Pak? dan u/pertanyaan kenapa milih berlibur ke korea bagusnya saya jwb apa ya Pak? krn sebenernya saya libur lebaran ini tertarik ikut tur ke korea alasannya krn waktu liat film korea saya liat kok bagus pariwisata di sana & pastinya lebih aman dibanding jepang yg sering gempa (kalo liburan kena gempa kan berabe pak :p). Namun kan saya ga mungkin jwb demikian Pak sama imigrasi korea nya. Mohon sarannya Pak?
    Terima kasih

    • Terima kasih sudah main2 ke blog saya, seingat saya kalo lewat agen travel urusannya mudah karena ketahuan pasti berliburnya. Tapi ditanyakan saja ke agen travel yg mengurus visa, adakah wawancaranya? Alasan tsb kenapa tidak dikemukakan saja, tertarik berkunjung ke korea setelah melihat film korea di Indonesia, kebudayaan mereka yang unik, kuliner yang khas menjadi alasan untuk berlibur ke sana. Apalagi mereka sangat gencar promosi pariwisata mereka. Aplikasi visa korsel lebih mudah asal alasan pergi ke sana jelas yaitu berlibur bukan untuk mencari kerja di sana dengan menggunakan visa turis. Semoga berhasil.

  32. sae min kim

    halo pak hari.

    saya mau bertanya.pacar saya orang korea dan juga tahun depan kami berencana untuk menikah. sebelum itu saya harus mendapatkan visa terlebih dahulu untuk pergi ke korea. dalam pengajuan visa bagusan disertakan surat undangan dari pacar saya tau g y? supaya memudahkan pengajuan visa.. betul kah ??

    thanks pak hari^^
    sae min

    • sebelumnya saya berterima kasih atas pertanyaan ibu, namun untuk pertanyaan ibu saya belum berpengalaman dalam ini. Saran saya mungkin saja calon suami ibu yang membuatkan surat sponsor kepada ibu.

  33. halo pak hari

    setelah saya membaca artikel bapak, saya semakin tidak ragu untuk ke korea selatan. awalnya saya pikir akan sulit mengurus visanya.
    o’y saya adalah seorang mahasiswa dan di sini saya banyak sekali kenal teman dari korea yg sedang belajar bahasa indonesia tp beberapa dari mereka sudah kembali.
    ada yg ingin saya tanyakan karna teman saya banyak yang mengundang saya kesana, dan akan menjamin biaya tempat tinggal apakah ini akan lebih memudahkan saya untuk mendapatkan visa, melihat tabungan pribadi saya yg kurang dari 10juta sekarang (tbngan org tua, sy belm thu jumlahny) ??
    dan apakah saya boleh meminta copyan surat izin dari orang tua untuk perjalanan saya nanti,,,

    khamsahamnida pak hari ^^
    kim shifa
    shyfalife2@yahoo.com

  34. Nuri

    Salam kenal pak hari….says berencana untuk pergi ke Korea maret tahun depan…semua biaya perjalanan ditanggung Oleh orng tua Saya…tetapi mereka tidak memiliki uang sebanyak 50jt seperti yang banyak di katakan orang kalau ke Korea harus Ada uang segitu di tabungan…orang tua saya hanya memberikan saya sekitar 8jt untuk 6 hari saya di sana..apa kah itu cukup pak untuk meyakinkan pihak kedutaan? Saya takut visa saya nanti tdk bisa keluar,karna saya Sudah membeli tiket peswat..selain itu bisakah saya meminta contoh Surat izin Dari orang tua yang nanti Akan di lampirkan

    • Salam kenal juga mbak Nuri. Masalah visa di setujui atau tidak itu hak mereka kan mbak, kewajiban kita adalah mencoba untuk apply visa, mumpung masih maret tahun depan, dicoba saja dari sekarang apply visanya, seumpama ditolak masih bisa coba lagi sambil menabung hingga saldonya bisa banyak.

      Btw contoh surat ijin dari orang tua ada di http://www.mediafire.com/?hi9es3ramdsex9c Format surat ini pernah saya pakai untuk murid-murid saya ketika apply visa Amerika Serikat.

      • nuri

        wah, cepat sekali di balasnya pak hari..

        pak, kira-kira waktu yang paling ideal untuk membuat visa kapan ya pak..sebulan sebelum berangkat atau kapan y pak? jadi, kalau nanti di tolak kita masih bisa ngajuin lagi pak, kapan kita bs ngajuin visa lagi pak setelah visa di tolak..*saya berharap si jgn sampe di tolak…amit amit.. ><

        Trima kasih banyak ya pak hari ^^

      • Sebenarnya kalau lancar seminggu juga selesai. Hanya saja lebih cepat kan lebih baik mbak Nuri. Biar gak deg-degan, harap-harap cemas menunggu visa keluar. Saya berdoa permohonan visanya lancar.

  35. Nuri

    Trima kasih pak…semoga comment saya bisa di balas..

    Nuri
    Nuriekoreanlovers@gmail.com

  36. Pak hari saya mau tanya-tanya saya rencana mau ke korea desember ini kalau gak jadi ke amerika. Nah yg saya mau tanya kemungkinan di approve nya berapa persen ketimbang ke amerika ya pak? terus butuh fotocopy rekening minimal uang di rek ada berapa biar gampang di approve kalau tanpa sponsor. saya rencana mau pergi sama 2 adik saya kalau saya gak jadi ke amerika desember ini pak. Nanti kalau saya tanya-tanya tentang visa amerika juga gak papa ya pak, :D

    Thanks before pak hari :)

    • Lebih simple membuat visa di kedutaan korsel pak Tommy dibanding yang Amerika. Saldo di rekening minimal seharga tiket pulang balik dan biaya hidup (makan dan penginapan) di sana. Sekali makan kira-kira Rp 50.000 (marinated fried rice di daerah mahal di Myeong-dong, Seoul). Yah silahkan di itung2 lah pak.

      Visa Amerika gampang-gampang susah, harus telaten, mahal dan ribet, tapi worth it. Mulai dari aplikasi online, booking jadwal interview online, persyaratannya juga banyak. Belum tentu dapet visanya pula. Ada yang 4 hari jadi, ada yang seminggu, sebulan, enam bulan. Kapan berangkatnya kalau gitu Tapi sekali dapet visa, kita bisa dapet Multi-Entry dengan durasi 5 tahun.

      Selamat berlibur pak.

  37. Lebih baik hubungi kedutaan Korea Selatannya untuk lebih jelas. Setahu saya harus pakai visa.

  38. riesta

    wah,, bermanfaat banget infonya.. insyaAllah sy jg ke korea bulan desember ini.. diundang sama keluarga pacar kesana sekalian liburan.. sya mau tanya, kalo bikin visa ga pake rek tabungan gpp ya mas?? jadi pakai surat pengantar dr pacar saya yg membiayai sepenuhnya… atau bagaimana.. ? karena saya juga tidak sedang bekerja… ditunggu jawabannya.. makasih

    • Mohon ditanyakan kepada kedutaan Korea ya mbak, apakah dibutuhkan atau tidak. Kalau seumpama diminta ya diakali saja, minta rekan/saudara mbak utk transfer total 20 juta ke rekening mbak, lalu minta surat referensi dari bank + print out 3 bulan terakhir. Kalau sudah dapat, transfer balik lagi.

  39. dini

    pak hari salam kenal dri saya …
    sungguh berarti blog ini buat saya pribadi krn saya blank banget utk urusan pembuatan visa (terutama visa kerja).sya mau minta advice ke bpk..
    suami saya kenal seseorang yg skrg kerja di korea selatan sebut sja A (kebetulan bos A tsb jg bru wisata ke indonesia yg asli org korea jg).singkat cerita suami ditwari krja kmudian disuruh utk medical check up dmn hsilnya jg bagus,kmd data tsb dkirim ke b2ntki by email.si A bilang utk biaya visa & ongkos akan dtanggung oleh mrk, yg kebetulan tgl 15 des’11 nti mau take off ke korea (berangkat bersamaan dng bos si A tsb)skarng sya mlah bingung…rencana tgl 5 des suami & saya diminta ke disnaker .(kurng tau utk mengurus ap, setau saya dmnta utk bwa berkas2 yg sdh lengkap sesuai yg A bilang trmsuk disitu ada kartu kuning,skck,srt ijin dr istri,ktp,foto).kalau saya lihat wktu singkat sekali dan si A bilang kalau persyaratan ini termasuk yg dsebut calling visa..(tp ada temen yg bilang harus ada seperti undangan dr kedutaan korea kl memang itu calling visa).pak hari apa yg harus saya lakukan…tolong minta pnjelasan yg detail????,takutnya kalau ilegal..dr mereka kami sdh keluarkan 1.6jt utk pengurusan medical&paspor dan sampai hari ini kita belum keluarkan sepeserpun.kami punya contact person si A dan sampai hari ini kami terus keep’n touch.

    terima kasih
    dini

    p.s. mohon utk dkirim di email saya saja.
    dhinie_luk@yahoo.com

  40. thamii

    Misi pak mau nanya niy..
    Klo saya dnger dri tmen saya mesti pake rekening koran gtu..
    Pada waktu bapak itu peke rekening koran juga tidak??

    Thx be 4

    • Setiap kedubes akan menanyakan rekening koran 3 bulan untuk melihat kemampuan anda dalam membiayai perjalanan anda sampai pulang ke Indonesia. Karena saat itu saya dibiayai oleh UNESCO Korea jadi saya tinggal menunjukkan surat dari UNESCO Korea mengenai itu kepada mereka sehingga saya tidak melampirkan rekening koran. Tapi jika dimintapun, saya akan membuatnya surat referensi dari Bank dan print out rek koran 3 bulan terakhir. Meskipun saldo rek koran saya ya dibilang sedikit maka sisa diakali dengan meminta bantuan saudara/rekan saya utk transfer uang ke rek saya sejumlah biaya perjalanan dan biaya hidup disana baru saya mengurus surat referensi dan print out. Setelah visa jadi, saya akan transfer balik lagi.

      • thamii

        okhhh gitu iah pak..
        terus msalah rekening koran lagi,,minimal nilai nominalnya berapa iah pak??
        kata senior saya di kampus kalo masih di daerah asia rekening korannya minimal 25juta..

        terus pak waktu sesampainya bapak di korea pas di imigrasinya di bagian stempel itu bapak di tanya apa saja dan dalam bahasa inggris atau korea pak??
        saya jadi mikir 2x pak klo ke korea,,karna saya terbentur masalah bhasanya(ga bisa bhasa korea bgt).. dan setau saya juga orang korea sangat sedikit yang bisa bahasa inggris :'(

        maph iah pak nanya nya nambah.. :D

      • Lazimnya besar uang tabungan anda lebih besar daripada seluruh total biaya perjalanan anda ke korea seperti biaya tiket PP, biaya akomodasi selama perjalanan di sana. Tiket pesawat GA aja sekitar USD 850, biaya menginap di hotel bintang 2 selama 1 minggu sekitar USD 400 – 500, biaya sekali makan USD 6-10 tergantung apa yang dimakan, biaya transportasi bis/subway di dalam kota sekitar USD 1-2 sekali naik, belum biaya-biaya masuk museum dan oleh-oleh. Yah kira-kira butuh sekitar USD 1.600 – 1.700. Tapi kayaknya travel agent Golden Rama yang promo tur ke korea ada yang sekitar USD 868 – 1888. Coba lihat di sini: http://www.golden-rama.com/tours.php?region=2&subReg=KOR&year=&month=&price=

        Btw balik lagi ke topik semula, intinya uang di bank yah sekitar itulah. Waktu saya ke Eropa dengan saldo tab 20 juta saja saya berhasil mendapatkan visa. Waktu ke AS malahan gak dilihat sama sekali rekening bank saya. Sama sekali tak dilihat. Eh Alhamdulillah dapat juga.

        Sebenarnya saya masih lebih suka jalan ke Korea karena kebudayaannya unik, etos kerja masyarakat sana juga lebih baik, kedisiplinan mereka, kecanggihan teknologinya, fasilitas umumnya, saya bisa mengamati perbedaan itu ketika berjalan-jalan di Seoul. Memang banyak orang Korea tak bisa bahasa Inggris, tapi itulah tantangannya. Bagaimana bisa survive di negeri orang. Kalau itu masalahnya tinggal bawa peta saja kemudian dengan bahasa Tarsan maka bisa diatasi. Jangan lupa membawa kamus Korea-indonesia. Itu membantu.

        Kalau memang benar tak mau ke Korea, Anda coba ke Turki biayanya bisa lebih urah, visanya visa on arrival saat di turki. Murah pula cuma USD 25. Transportasi juga mudah dan terjangkau dengan trem kita bisa kemana-mana. City tour juga murah. Tiket masuk ke museum Haga Sopia juga murah. Masuk ke Blue Mosque gratis. Makanan juga murah dan rasanya familiar dengan orang Indonesia.

        Mending ke Turki. Walaupun masalahnya sama, tidak semua orang Turki bisa bahasa Inggris tapi masih bisa dibaca tulisannya daripada huruf Korea. Kalau ada pertanyaan detil mengenai Turki bisa via email saya hari.prasetyo@gmail.com

  41. lysa

    Pak, kalau misalnya kita urus aplikasi visanya melalui travel, ada kemungkinan tidak lolos ya? kalau tidak lolos, uang aplikasi dikembalikan tidak ya?

  42. June

    Ass….pak Hari, mmbca smua komen yg masuk membuat nyali saya menciut,sy lg banting tulang pengen bgt ke seoul,ya walo cuma 1minggu,tp melihat byknya biaya yg dibutuhkan,kapan sy bs ksana?

  43. bob

    kalo sudah pegang visa ke korea , terus pengen ke hongkong lalu balik lagi ke korea bisa gak?

  44. kiko

    Pak saya mau nanya,saya masih pelajar umur 17 tahun,saya mau liburan sm temen2 saya yg umurnya 17 jg ke korea, Tapi masalahnya soal visa,secara kita msaih seorang pelajara rekening tabungan kita gak nyampe 15jt an trus kalo pake surat undangan kerabat di korea kita juga gak ada.Jadi gimana yah? bisa kasih bantuan. Terima kasih

    • Maaf baru membalas, untuk ini kalau tidak salah tabungan ortu dan mungkin mereka juga akan meminta surat ijin dari ortu untuk bepergian dengan materai. Terima kasih.

  45. vann

    oh, aku dulu pernah juga ke korea. sempet bingung sih mau urus visanya gimana, cum akhrnya aku nemu ada 1 agen gitu di surabaya.. dia bantu aku, smpe aku bisa ke korea dengan lancar :D kalo kalian mau tanya2, email ke aku aja vania-29@live.com.. nanti aku sharing lebih lagi :D:D

  46. alvin pratama putra

    salam kenal mas Hari……(^_^) ma’af mau tanya nich seputar aply visa kekorea. begini mas… posisi saya dikorea dan saya ingin mengundang istri saya untuk menghadiri pernikahan temen saya orang korea dengan “penjamin” bos saya. dan juga sudah melampirkan surat keterangan kerja saya —surat penjamin yg menerangkan bahwa semua biaya selama dikorea bos saya yg menjamin- ktp. bos saya- ktp saya-surat undangan pernikahan-kop surat perusahaan-dan surat menjamin bahwa tanggal 31 march 2012 kembali ke indonesia yg ditanda tangani oleh bos saya. dan beberapa dokumen dari istri saya lengkap. Semua sdh diajukan ke-kedutaan korea yg dijakarta tgl 28 febr 2012. Dan yg menjadi pertanya’an kami……biasanya yg membikin cepat / lambatnya hasil aply visa keluar itu apa …? karena sampai sekarang (3-8-2012) kok masih disuruh telp kekeduatan terus—katanya masih tertahan dikonsulat—– apa ini pertanda tidak disetujui aplay kami? kalau tidak bisa lolos aply visanya biasanya ada kabar apa tidak ya mas….karena setiap kali telp jawabanya selalu sama ” masih tertahan di konsulat “. terimakasih atas jawabannya (^_^)

    • Maaf pak baru membalas, untuk mengenai hal ini saya kurang informasi dan pengalaman, karena pengalaman yang saya peroleh hanya mengurus visa kunjungan. Menurut pendapat saya betul juga jika harus menelpon kedutaan untuk memperoleh infonya. Demikian pak jawaban saya, semoga visa bapak segera keluar ya pak. Amin.

    • saya mengalami hal yang sama, sudah hampir 1 bulan prosesnya dan masih tertahan di konsulat. bisa beritahu saya apa selanjutnya yang terjadi pada visa istri bapak? terimakasih sebelumnya. :)

  47. salam kenal mas hari..saya Dyas, mahasiswi,,
    mau tanya singkat aja nii, untuk biaya pengurusan VIsa berapa yah mas?terus jenis visa itu apa benar lebih dari satu?
    lalu, budget full PP mas hari ke korea kalau boleh tau berapa sii?
    mungkin cukup itu saja.
    terimakasih sebelumnya yaa mas..suksess buat mas Hari..
    doakan saya ke Korea ya mas, 감사합니다..^o^/

    • Biaya tergantung jenis visanya. Waktu itu saya membayar kurang dari Rp 400.000 untuk visa kunjungan bisnis/konferensi. Budget saya disana ditanggung panitia jadi free. Yang saya ingat biaya sekali makan kurang lebih Rp 50.000. Jadi lebih mahal berlipat2 dari harga Jakarta.

  48. firza

    pak hari, apa ada minimal jumlah tabungan yang harus tercantum dalam pengurusan visa?

  49. lydia

    Selamat sore pak..saya mau honeymoon ksana..apa perlu buku tabunganny pak?
    dan apakh hrus terlebih dahulu kita beli tiket dl..kl ditolak sayang uang yg kita da bli tiket dong pak..Terima kasih

    • surat keterangan dari bank bahwa anda sudah menjadi nasabah mereka sekian tahun dengan saldo sekian. Lampirkan print out rekening 3 bulan terakhir. Tidak perlu beli tiket, minta itinerary dari travel saja.

  50. rudi irawan

    salam kenal m hari….minta tolong bisa kasi contoh /proposal pengajuan visa turis ke KOREA SELATA.terimakasih…email saya;rudizamboy@yahoo.com

  51. pak hari, mau tanya dong, aku kemaren ini telpon ke kedutaan, dibutuhkan surat keterangan dari bank sebagai bukti kita jadi nasabah di bank tersebut karena rekening 3 bulan terakhir perlu dilampirkan (untuk visa tourist perorangan)

    • Tinggal ke CS Bank dan minta surat keterangan dan print out 3 bulan terakhir. Biasanya biayanya 50ribu untuk surat keterangan dari bank dan 5ribu/lembar print out 3 bulan.

  52. J-Hanna

    Mas nanya donk. Saia mendadak mau ke Korea 15 Agustus mendatang dikarenakan rombongan kakak saia kekurangan orang dan sekarang ini sudah Tanggal 1 dan saia belum membuat visa pertanyaan saia:
    1. Apakah sempat membuat visa hanya 1 minggu ? Saia bukan orang Jakarta saia orang Medan.
    2. Saia ini barusan tamat kuliah dan masih belum bekerja jadinya uang di tabunganku belum mencukupi. Jumlah tabunganku kurang dari 10juta bisa nga saia membuat visa ? Kalau saia pinjam uang trus di setorin ke tabunganku bisa membantu nga ?
    3. Saia perginya dengan kakak, Suaminya dan anak2nya. Dan kakak saia lah yang membiayai semua akomodasi saia di sana. Apakah itu bisa membantu untuk mendapatkan visa ?
    4. Kalau tiket booking pesawat saia menggunakan tiket pesawat kakak saia boleh ? Saia takut kalau visa nga bisa keluar saia rugi tiket pesawat korea nih.

    NB. Saia ke Korea untuk jalan2 doank.

    • 1. 1 minggu Insya Allah selesai jika persyaratannya terpenuhi
      2. Kalau itu saya kurang tahu, menurut saya print out saja, waktu di wawancara, katakan bahwa semua biaya yang menanggung adalah kakak.
      3. Harusnya bisa
      4. Jangan booking tiket dulu, minta itinerary perjalanannya saja. Rugi kalau tiket hangus gara2 visa belum keluar.

      Demikian yang saya bisa jawab berdasarkan pengalaman saya. Terima kasih.

  53. Dwi

    Mas Hari,

    Saya mau liburan ke korea bulan oktober. Saya mau minta bantuan teman WN korea (tinggal di Suwon Korea) tulis surat sebagai penjamin saya selama disana, kalau di suratnya dibilang kalau dia akan membiayai semua expenses saya nanti saat pengajuan visa perlu ada bukti tabungan dari ybs atau cukup surat dan id card ybs saja?

    Dan itu surat namanya jd apa ya? Invitation? Guarantee? atau apa ya mas?

    Tolong info ya…. Thanks…

  54. dika

    halo Pak,
    mau nanya, kalo saya mau liburan dgn keluarga, yg harus mengisi aplikasi visa hanya saya saja, dan kemudian keluarga saya ditulis di accompanying family, atau masing2 anggota keluarga harus mengisi form aplikasi visa ? terimakasih.

    • Wah waktu itu saya mengurus visa untuk diri sendiri jadi belum ada pengalaman untuk keluarga. Mungkin bapak bisa bertanya langsung ke kedutaannya. Sekalian ditanyakan apakah pengurusan visa di kedutaan pindah sementara tempatnya atau sudah kembali ke asal. Karena ada renovasi gedung.

  55. tiks28

    Halo Pak,
    saya dapat info dari temen yang kebetulan menikah dgn orang korea. Katanya untuk pengajuan visa korea harus ada guarantee letter dari orang korea langsung, apakah benar? lalu untuk pengajuan via bagusnya berapa lama sebelum keberangkatan ya? sy sudah book ticket untuk april 2013. Trims sebelumnya

    • Salam mbak, waduh saya belum tahu soal ada atau tidaknya guarantee letter. Mungkin bisa ditanyakan langsung ke kantor kedutaan mengenai itu. Untuk waktu pengajuan aplikasi ya tergantung dari kesiapan mbak dalam menyiapkan dokumen-dokumen pelengkapnya. Jika sudah beres, sebaiknya secepatnya.

  56. Pak harir maksih banyak,blog bapak sangat membantu

  57. Sebuah pemberi tauan yang berharga mksh pak

  58. melia

    halo pak Hari,
    saya melia, 21
    gini pak, saya ada rencana mau liburan sama suami ke korea bulan januari.
    pertanyaan saya:
    1. untuk mengurus visa ke korea harus bikin appointment dulu ngga?
    2. suami saya italian jadi dia bisa masuk korea tanpa visa, buat saya bisa ngga langsung masuk dgn menunjukkan sertifikat/bukti pernikahan? (di negara2 eropa saya boleh masuk tnpa visa soalnya pak hehe..)

    terimakasih jwbnnya.. :)

  59. tiara

    Bpk hari, saya nanya dong.
    Saya mahasiswi semester 3 rencananya saya dan teman saya ingin liburan di seoul pada akhir tahun 2013 pengen ngerasain winter soalnya hehehe.. Cuma setelah saya baca komen2 dari blog bpk, wah kayanya sulit juga. Saya minta saran, karena saya insya allah akan pergi dengan pesawat yg dibooking via internet oleh saya sendiri jadi batas limit nya hanya 4 jam, otomatis saya harus langsung beli tiketnya. Nah untuk visa nya bgaimana? Apakah kemungkinan di tolak itu kecil? Saya jadi takut soalnya, hehehe ditunggu balasannya pak :)
    Jawab ke email saya ya pak tiaraaaaa.ts@gmail.com
    Terima kasih pak sebelumnya :)

    • Jangan beli tiket dulu mbak, minta itinerary nya dulu saja. Kalo bisa cari teman yang kenal dengan agen tiket pesawat. Jadi gampang dapetnya. Maaf ya lama ngebalesnya. Terima kasih sdh sabar menunggu.

  60. sheila

    Wah! keren! daebak!! dr smua blog yg sy googling bwt ngurus visa cm ini yg pling detail… pak msh inget ga? warna gedungnya apa? atau kaca semua?.. trz lntai brp (aku liat” di blog lain sih lt 30).. trz itu stpamnya ada d lt berapa? ini ad kutipan dr blog org “Gedung kedutaan terletak di The Plaza, untuk mencapai tempat pengurusan visa di lt. 30 kita harus mendaftar di konter security lantai dasar untuk memperoleh kartu pass. Kartu ini digunakan untuk melewati gate ke lift dan ingat sebelum masuk lift kartu ini harus di tap di pembaca khusus yang terletak di pojok sebelah kiri. Jika tidak, kita tidak bisa mencapai lantai 30, tempat pengurusan visa”.. itu mksdnya gmn ya?

  61. Halo mas, bisa minta minta contoh surat ijin dari orang tua nya?

    Kalau boleh, mohon dikirim ke ismailsunni@yahoo.co.id

    Terima kasih.

  62. elin

    Hallo mas,mnta contoh surat undangan dari korea ya…
    Kalo boleh,mohon dikirim ke herlin_boby@yahoo.co.id
    Terimakasih…

  63. pak kalo nama kita cuma satu suku kata ga ada nama belakang tulis formnya gimana yah? apa nama kita harus diulang? misal : surname : Melinda given name : Melinda begitu?

  64. hallo pak hari, saya mau berangkat ke korea selatan insya Allah akhir tahun ini, dibiayai orang tua. untuk visanya harus pakai surat sponsor orang tua atau surat izin dari orangtuanya saja pak? mohon infonya ya pak, dan mohon diinformasikan contoh suratnya juga ya pak ke email opimaheran@gmail.com. terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,776 other followers

%d bloggers like this: