Minggu Pertama yang…

Melarutkan garam dengan magnetic stirrer

Melarutkan garam dengan magnetic stirrer

Wah akhirnya saya berhasil melewati minggu pertama kegiatan belajar mengajar di sekolah. Minggu pertama yang menyenangkan karena bertemu dengan bocah-bocah yang baru masuk sekaligus menyedihkan karena semua bocah belum memiliki buku -tapi sudah diakali dengan mengunduh materi di blog ini. Minggu pertama yang melelahkan terutama untuk bocah IPA A yang tampaknya entah terlalu bersemangat atau kebanyakan energi atau kurang bisa fokus. Tapi jika melihat gejalanya, kebanyakan dari mereka di IPA A masih perlu belajar konsentrasi dan belajar akan pentingnya keheningan. Too much energy and can’t focus. Yah overall bagus. Semangat oke. Santun oke banget. Better than previous grade.

Praktikum Difusi Osmosis

Praktikum Difusi Osmosis

Jadi kegiatan pada minggu pertama ini adalah menjelaskan struktur dan fungsi sel, kemudian menjelaskan transportasi pada membran sel, mulai dari transpor aktif dan pasif. Kebanyakan masih bingung dengan konsep Difusi dan Osmosis. Serupa tapi tak sama. Difusi yang berpindah / tersebar adalah zat terlarutnya, sedangkan Osmosis yang berpindah adalah zat pelarutnya. Semua pindah untuk mencapai keadaan setimbang. Bocah-bocah paling cepat mengerti 5 menit, paling lama 20 menit setelah berkali-kali diulang. Konsep menjadi mudah setelah dilakukan praktikum. Dengan menggunakan kentang yang direndam larutan gula/garam maka bocah-bocah jadi lebih mengerti.

Mengampelas telur bebek

Mengampelas telur bebek

Selain dengan kentang, bocah-bocah juga belajar mencoba membuat telur bebek asin dan asin gurih. Caranya telur diamplas dan dicuci bersih, kemudian direndam dengan larutan garam atau larutan garam + penyedap masakan selama 1 minggu (semakin lama semakin asin). Yang lucu adalah karena semangat mengampelas sampai telurnya pecah (ya kan banyak energi kan bocah-bocahnya, tapi bagus lah). Nanti ketika panen, saya minta kepada mereka untuk menyumbangkan satu telur per anak ke sekolah. Untuk apa? Untuk dicek, berhasil atau tidak?

Kemudian tugas-tugas mulai ada yang mengumpulkan. Bahkan sehari setelah praktikum, laporan resmi sudah ada yang mengumpulkan (semoga tetap bertahan semangatnya sampai di penghujung semester dua nanti, Amin). Tantangan terberat mereka adalah mampu mengalahkan rasa malas terutama Project Semester membaca buku yang berhubungan dengan Biologi. Sebenarnya tidak berat, karena waktunya relatif cukup yaitu 3 bulan, tinggal bagaimana mereka mengatur waktu mereka.

Advertisements
Categories: Sekolah | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: