PLASA

PLASA adalah singkatan dari Pengamatan Lapangan Aspek Sosial dan Alam. Program ini adalah program andalan SMA Islam Al Izhar Pondok Labu bagi siswa kelas XI. Siswa SMA merupakan siswa yang berada di ambang kedewasaan baik secara fisik, sosial, emosional, maupun intelektual, sehingga perlu dipersiapkan secara matang dalam berbagai dimensi tersebut sebelum mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, mapun sebelum mereka terjun ke masyarakat yang lebih luas. Kegiatan PLASA merupakan aktivitas yang dirancang untuk lebih mempersiapakan mereka suatu saat nanti terjun ke masyarakat, karena metode yang digunakan adalah “keterlibatan langsung” dengan segenap aktivitas penduduk setempat, sehingga mereka lebih mampu menghayati, mempelajari, dan selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan daerah tersebut setelah mereka sukses dalam bidang apapun. Keterlibatan langsung di masyarakat juga bertujuan agar materi pelajaran teoritis yang di dapat di sekolah, dapat diaplikasikan dan dikembangkan dalam realita yang sesungguhnya, sebagai upaya untuk “membumikan” materi kurikulum yang cenderung bersifat abstrak.

Mau tahu apa sih PLASA itu? Lihat slideshownya berikut:

Tujuan PLASA:

  1. Memberikan pengenalan dan pengalaman tentang berbagai bentuk-bentuk kehidupan yang berbeda dengan kehidupan sehari-hari siswa.

  2. Menumbuhkan kecerdasan SPIRITUAL (dapat mensyukuri nikmat Allah berupa hidup yang lebih baik).

  3. Menumbuhkan kecerdasan EMOSIONAL (empati, berbagi antar teman, sikap mandiri, tenggang rasa, saling menghormati dan kasih sayang antar sesama manusia, kepekaan terhadap lingkungan yang berbeda, toleransi dengan kehidupan sekitar)

  4. Menumbuhkan kecerdasan INTELEKTUAL (melatih siswa berfikir ilmiah dengan alternatif pemecahan masalah dan menghasilkan suatu karya)

  5. Menumbuhkan rasa cinta pada tanah air Indonesia.

PLASA merupakan kesempatan bagi siswa kelas XI untuk mengenal diri, berinteraksi, berinternalisasi dan bersosialisasi dengan masyarakat. Meski waktunya tidak lama namun cukup untuk mengenal sebuah tatanan kehidupan namun kesempatan yang ada merupakan pengalaman lain bagi para peserta.

Secara akademis, siswa belajar bagaimana untuk bekerja dengan prosedur ilmiah melalui penelitian lapangan. Apa yang harus dilakukan dalam sebuah pengamatan, memecahkan masalah ketika menemukan hal yang tidak sesuai dengan perkiraan semula dan beradaptasi pada satu latar kehidupan masyarakat merupakan sebuah pembelajaran yang tidak ada di dalam kurikulum sekolah.

Di sisi lain, anak menemui sebuah potret kehidupan yang berbeda dengan kehidupan di rumah dan ini menjadi bagian dari pembelajaran sikap sosial, rasa simpati dan empati terhadap lingkungan. Rasa syukur akan apa yang telah dikaruniakan dan bertanggung jawab atas semua tindakannya juga merupakan bagian yang bisa diperoleh oleh siswa dalam menambah pengalaman hidupnya.

Berikut adalah kesan-kesan dari peserta PLASA.

PLASA membuat saya lebih kompak dengan teman-teman, banyak hal yang saya dapat dari segi ilmu dan pengalaman yang menarik

Oryza Sativa, TIR Karawang

Walaupun banyak cobaan, seperti adanya gelombang pasang saat itu. Tidak mematahkan semangat untuk terus maju. Keseluruhan kegiatan ini tetap bermanfaat dan berkesan positif”

Adimas Baskoro Samodra, Bintang PLASA Mandiri 2007

PLASA adalah kesempatan untuk mengenal alam dan merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan”

Fitri Arianti, Bintang 1 PLASA 2007

PLASA adalah suatu pengalaman yang bermanfaat dan bermakna unik untuk saya, karena kita akan segera tahu bahwa kehidupan di dunia luar lebih rumit dan beragam, dan Al Izhar memberikan saya kesempatan untuk terlebih dahulu merasaknnya lewat PLASA ini

Ryan Adriandhy, Bintang 3 PLASA 2007

PLASA membuat saya belajar mandiri dan beradaptasi dengan lingkungan baru”

Asti Medianti

Bagi saya, PLASA adalah kesempatan belajar, baik interest pribadi maupun akademis, sosialisasi maupun pengenalan kebudayaan penduduk, persahabatan, pembuka mata, pendekatan ke alam, sekaligus wisata lokal. PLASA telah menjadi event yang sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi saya. Saya berencana untuk mengetahui lebih banyak dan mengunjungi kembali lokasi PLASA saya, berkenalan dengan alam dan penduduk setempat. Selain itu saya juga akan melakukan penelitian saya di sana. PLASA telah mendorong saya untuk lebih aktif dalam bidang yang saya tekuni

Anargha Setiadi

Saya belajar terlibat langsung dengan kehidupan yang berbeda dari keseharian saya. PLASA juga merubah saya lebih jadi mandiri dan peduli”

Namira Assagaf, Bintang 1 PLASA 2007

Categories: Sekolah | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

