Pungutan Liar di Jalur Pantai Utara

Semalam,aku menonton acara Telisik di ANTV membahas pungutan liar di jalur pantura yang dilakukan oleh petugas dinas perhubungan. Dengan kamera yang tersembunyi, petugas dengan santai menerima uang pungli yang disetor oleh supir truk atau kondektur bis baik langsung dari tangan atau dilempar begitu saja oleh si supir (karena banyak pungli si supir jadi sebel mungkin ya)

Kondektur Memberikan Pungli

Kondektur Memberikan Pungli

Petugas memungut uang yang dilempar

Petugas memungut uang yang dilempar

Setelah mendapat uang tersebut petugas menyetor ke atasannya yang ada di pos. Setelah di konfirmasi kepada kepala dinas perhubungan setempat, pungutan itu terjadi apabila bis tidak masuk terminal karena bis wajib terminal, jadi sebagai gantinya retribusi di terminal. Cuma kalau itu retribusi kenapa tidak ada tanda terima atau bukti. Apa dong namanya? Ya KORUPSI dong.

Total Pungli Setahun

Total Pungli Setahun

Ya jumlah uang yang fantastis bukan. Itu baru perkiraan jumlah minimal lho. Lihat berapa jumlah digit nol nya? Konon jika ditukar dengan uang lima puluh ribuan dan kemudian dijejerkan maka sebanding dengan jumlah panjang jalan di pantura plus sampai menyeberang ke Bali. Atau jika disumbangkan ke pembangunan sekolah baru atau biaya kesehatan, berapa banyak anak yang bisa sekolah atau berapa banyak nyawa yang bisa tertolong dari kelaparan.

Sadis, korupsi sangat berbahaya. Lha yak ok gak takut ya mereka kalau uang yang mereka makan itu tidak berkah. Padahal bisa meracuni ke anak-anak si petugas sehingga entah di kemudian hari ada saja kesulitan yang terjadi, entah sakit-sakitan, entah jadi pemalas, dan sebagainya. Naudzubillahiminzalik

Yang lebih aneh, data itu di dapat dari Dephub, yak ok masih marak punglinya, bahkan pak SBY selaku presiden pernah mengancam akan numpang truk dan menyaksikan sendiri pungli yang ada di pantura. Konon katanya agak berkurang sejak ada ancaman itu. Coba kalo pak SBY bener-bener numpang.

Bagi yang baca artikel ini, ayo kita berubah, biasakan hidup jujur. Sepintas korupsi nikmat, tapi bukan itu hakikat bekerja. Semuanya adalah ibadah. Semoga aku sendiri bisa melakukan ajakan yang kutuliskan ini. Amin

Advertisements
Categories: Uncategorized | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Pungutan Liar di Jalur Pantai Utara

  1. Republic Of Indonesia

    sudah terbukti karmanya
    anak mereka yang makan dari duit tidak halal menjadi seorang hedoisme
    kasihan yang lain yang lagi membutuhkan
    padahal waktu jaman soekarno
    soekarno paling cinta rakyatnya
    karna tanpa rakyat sebuah negara bukanlah arti
    coba negara ini dikuasai penjajah kembali
    yang di incar sama penjajah pasti orang sipil
    karna mereka menilai orang sipil gampang ditutup matanya dengan uang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: