Wisata Kuliner: Sop Daging Sapi, JerukPurut

Sepulang dari pameran sains di BPPT Jalan Thamrin, aku jemput istri yang sudah menunggu di Blok M. Karena masih lapar aku memutuskan untuk makan tapi bingung makan apa. Tanpa sengaja aku melihat Gedung Ratu Prabu I, langsung aku ingat tulisan di koran Kompas tempo hari mengenai warung Sop Daging Sapi dimana pengunjungnya yang lalu-lalu sebelum jadi presiden akhirnya menjadi presiden. Seperti Gus Dur, Megawati, dan SBY katanya sebelum jadi presiden pernah makan disana. Ya sudah kalau aku nanti jadi Presiden juga gapapa, minimal Presdir di kelas 204 he he he. Aku bingung mencari tempatnya, kalau menurut di Koran dekat dengan Gedung Ratu Prabu I, dan ternyata aku berhasil menemukannya namanya Warung Barokah. Semoga ini yang di maksud di Kompas. Semoga benar. Setelah di dalam warung, ternyata tempatnya enak dan luas. Banyak pengunjungnya pula.

Lokasi Warung Barokah Samping Ratu Prabu I

Lokasi Warung Barokah Samping Ratu Prabu I

Warung Barokah

Warung Barokah

Hanya ada 2 menu makanan yaitu sop porsi besar Rp 27.000 dan sop porsi kecil Rp 22.000. Lalu aku disapa dengan ramah oleh pelayan di sana. Aku memesan 1 sop porsi kecil, 1 nasi putih dan 2 es teh manis. Istriku tidak makan hanya ingin minumsaja. Namun ketika pesananku datang di meja, dia melihat sop porsi kecil saja banyak sekali dan daging sapinya yang besar-besar membuatnya ingin mencicipi sehingga ia pesan1/2 porsi nasi putih. Ternyata 1 sop porsi kecil cukup untuk kami berdua karena memang banyak.

Seporsi Sop Ukuran Kecil

Seporsi Sop Ukuran Kecil

Sruput-sruput terasa bumbu masakannya yang nikmat, di dominasi oleh pala dan lada serta kaldu daging sapi dan tak lupa daging sapinya sendiri dipotong dadu besar-besar. Daun bawang terasa padu bersama kuahnya. Lidah bergoyang kesana kemari untuk menikmati lezatnya hidangan yang disajikan. Sedikit asam jeruk nipis berfungsi menetralkan lemak, meski lemak di sop itu sudah sedikit sekali. Mungkin hampir seperempat kilo daging sapi yang ada di mangkok itu, banyak sekali. Pokoknya puas sekali sehingga tidak ada keinginan untuk nambah. Nah bagaimana? Sudah ingin mencobanya, keputusan ada di lidah anda. Ingat warung ini buka dari jam 8 pagi sampai 8 malam. Jadi jangan sampai kehabisan.

Categories: Wisata Kuliner | Tags: , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Wisata Kuliner: Sop Daging Sapi, JerukPurut

  1. edi

    sop disini rasanya memang oke…. mantapppp

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

