Kehidupan manusia sudah tidak berharga lagi sekarang

Ironis yah, melihat berita di detik.com, 1 hari setelah Obama terpilih, yang katanya mampu membawa perubahan, 23 anak dan 10 wanita di Afghanistan tewas karena serbuan AS. Belum lagi ada berita di detik.com Selamatkan Keuangan, AMD pecat 500 karyawan, yang makin membuat kehidupan manusia jadi tidak berharga lagi. Kenapa ya judulnya gak begini, (demi) selamatkan 500 karyawan, AMD turunkan harga jua chipset, atau (demi) selamatkan 500 karyawan, AMD jual saham, atau yang lain.

Aku bahas yang Afghanistan dulu deh, 23 anak, 10 wanita tewas, bukannya dilindungi tapi diserbu dan tewas pula. Lho memangnya salah apa mereka. Murah sekali nyawa manusia. Semua juga sudah pasti tahu jika perang menimbulkan kerugian, perang menimbulkan dendam, perang menimbulkan kematian, tapi kenapa selalu ada perang, apa tidak ada upaya diplomasi, berdialog dengan menggunakan akal sehat yang lebih beradab, bukankah tiap masalah ada solusinya.

Semua orang pasti mendambakan kedamaian. Percaya deh. Perang dilakukan untuk memaksa, memaksa itu sendiri merupakan perbuatan primitif seperti orang yang tidak punya keterampilan untuk mengajak orang lain atau setidaknya menghasilkan solusi. Meskipun Obama baru terpilih, belum dapat menentukan kebijakan atas serangan tersebut.

Kemudian, uang sudah menjadi dewa atau Tuhan di atas segala-galanya. Baca saja judulnya “Selamatkan keuangan, AMD pecat 500 karyawannya”. Tidak diberitakan sih, apakah karyawannya dipecat dan diberi kompensasi berupa pesangon yang layak, namun orang kan lebih baik memilih bekerja daripada di pecat. Padahal kalo dipecat, anak dan istri para 500 karyawan itu bagaimana ya? Apa bakal memburuk, atau biasa-biasa saja? Bagaimana sekolah anaknya, makannya darimana, dll?

Karyawan yang selalu kalah. Padahal karyawan itu manusia. Masih kalah dengan uang. Uang dijadikan Tuhan sekarang. Uang jadi segala-galanya. Bagaimana ini?

Categories: Curhat | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: