Tawuran, hasil otak primitif

Tawuran yang terjadi antar pelajar dikarenakan kondisi usia mereka ingin menunjukkan jati diri mereka, ingin lebih dikenal dengan sebutan berani, keren, dan solider. Tawuran bisa terjadi karena hal-hal remeh yang diperbesar oleh pihak lawan dengan membalasnya entah itu memaki, menghina, memukul, dsb. Nah karena dilakukan banyak orang maka dinamai tawuran.

Terus gimana dengan tawuran antar mahasiswa, tawuran antar kampung, wajar gak sih? Aku bilang semuanya enggak wajar loh. Kenapa? Menurutku, tawuran adalah hasil dari otak primitif kita. Jadi begini, menurut ahli neuorologi bernama Paul MacLean, di kepala kita ada tiga jenis otak yang disebutnya sebagai “triune brain”. Otak paling rendah bernama otak reptil yang kadang disebut sebagai “otak primitif”. Otak yang lebih tinggi dari otak reptil dinamai otak mamalia atau disebut sebagai “otak tengah” (midbrain).  Otak paling canggih adalah otak bahasa yang terletak di posisi paling atas dan terdiri atas lipatan-lipatan (neocortex). Ketiga otak ini saling berkaitan sekaligus ketiganya juga punya fungsi sendiri-sendiri.Otak primitif mengatur fisik kita untuk bertahan hidup, mengelola gerak refleks, mengendalikan gerak motorik, memantau fungsi tubuh, dan memproses informasi yang masuk dari pancaindera. Saat menghadapi ancaman atau keadaan bahaya, bersama dengan otak tengah, otak primitif menyiapkan reaksi “hadapi atau lari” (fight or flight response) bagi tubuh. Sehingga kita akan bereaksi secara fisik dan emosi lebih dulu sebelum otak bahasa/pikir sempat memproses informasi.

Itu menandakan tawuran hanya sekedar aksi reaksi ajah gak mikir dulu. Semua hewan juga melakukan loh, coba aja gangguan kucing tetangga, pasti dicakar kan. Itu sih primitif banget. Terutama mahasiswa yang tawuran itu, mereka kan lebih terpelajar, seharusnya lebih mengedepankan rasio daripada emosi. Akibatnya yah saling serang kampus deh. What’s wrong with all of you? Biaya kuliah mahal loh, sebaiknya mikirin masa depan dulu deh daripada berantem gak jelas apa yang mau dibela. Harga diri? Lebih punya harga diri jika sama-sama menang di medan dialog yang menghasilkan solusi damai tanpa merusak.

Terus gimana cara ngatasi tawuran, minimal diri kita gak ikut-ikut? Coba baca yang berikut ini.

Menurut MacLean, dan juga para pakar lain seperti Michael Persinger (penemu God Spot), Danah Zohar dan Ian Marshall (pengembang dan peneliti Spiritual Intelligence), serta peneliti lain, jJika kita tidak memiliki kecakapan berpikir, mustahil kita dapat mengendalikan otak yang ada di tengah (otak emosi) dan otak primitif. Apabila kita tidak dapat mengendalikan otak emosi (tidak mampu merenung atau berefleksi), maka otak emosi ini akan memola cara bersikap kita. Jika ada hal-hal yang tidak menyenangkan diri kita, kita langsung marah atau menunjukkan kebencian. Ini tentu akan mendatangkan kerugian bagi diri kita karena akan mengganggu hubungan atau kerja sama dengan orang lain.

Artinya apa tuh? Kita harus memiliki kecakapan berpikir dulu, sehingga bisa mengendalikan otak emosi dan otak primitif. Bagaimana caranya? Dengan belajar mengenali dan menemukan informasi, mengolahnya, dan mengambil keputusan, serta memecahkan masalah secara kreatif. Nah itu dibutuhkan kesabaran. Artinya jangan terpancing emosi, olah dulu, sintesis dulu, temukan solusi kreatif baru bertindak. Jangan udah gebukin eh ternyata kita yang keliru. Jadi orang yang sabar yah. Kalo ada yang memicu mending kabur aja deh gak usah ikut-ikutan, kalo ikut maka sendiri rugi dan kita juga sama saja dengan orang yang memicu tawuran.

Sumber bacaan:

  1. http://www.mizan.com/index.php?fuseaction=emagazine&id=6&fid=64
  2. http://guteartikel.blogsome.com/2004/12/26/matikan-saja-tv-anda/
Advertisements
Categories: Uncategorized | Tags: , | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Tawuran, hasil otak primitif

  1. brandon

    kebanyakan tawuran antar pelajar dilakukan oleh anak2 yang pendidikannya rendah sehingga mereka tidak tahu akibat dan terhadap kehidupannya

  2. nurul

    sanggupkah diri kita menjadi saksi atas diri kita sendiri.
    jika engkau mendjolimi dirimu sendiri maka jaukah.(datang)??????
    Hidup mapan artinya teratur,bayangi tata surya bila ada yang anti kemapanan,seperti manusia melawan kodradnya.bandel,maunya sendiri,aturan sesuai keuntungannya,buat aturannya sendiri.
    binatang aja bisa diatur,asal terbiasa mapan.
    ha ha ha ha binatang aja bisa,apa kata dunia.
    buku teori tentang ini sangat banyak sampai kalau ditumpuk bisa antar kita ke bulan,amal entar dulu.teori tanpa peraktek=djolim !!!!
    ada aturan yang dibuat/ditulis oleh yang memproduksi kita,maka jangan gunakan yang milik orang lain.(karena dia tidak menciptakan)
    maaf seribu maaf,mungkin ini berlebihan dan bahasa yang kasar.

  3. Q_Q

    Sebaikx tawuran antar remaja tuh d hlngin aja de….!!!! bwt apa cb buang2 wktu n tnga utk kgatan g jls lyk gtu…??? cb bkin org lain cdra n brdmpak fatal jg bgi kta…. kan klu tawuran bisa2 luka2…. mndng uang brobatx d pke unk hal yg lbih brguna…..!!!! jd, brrdha aja untk bwt hbngan yg baik dgn sekolah lain biar endingx g ada prslsihan…..!!!1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: