Hari ini aku belajar…

Aku akan posting ini setiap aku mendapatkan pelajaran dari sekolah kehidupan. Kuberi judul “Hari ini aku belajar….”.

Hari ini aku belajar bahwa untuk menyambung hidup dan berkarya tidak perlulah bertekad sampai bermimpi menjadi PNS. Kemarin temanku di Surabaya mengirimkan pesan singkat kepadaku betapa kecewanya dia mendengar ada kecurangan pada saat ujian PNS. Artinya jika ada kecurangan maka, ada kemungkinan yang tidak layak menjadi PNS akan diterima menjadi PNS, sedangkan yang layak dan kompeten tersisih. Artinya lagi peluang dia menjadi PNS makin kecil pula.

Kenapa sih orang berebut jadi PNS? Mungkin karena anggapan masyarakat bahwa meski gaji PNS sedikit yang penting terjamin pensiunnya dan banyak kesempatan. Mungkin karena anggapan inilah mengakibatkan banyak PNS yang tidak profesional, tidak kreatif. Malahan profesionalisme PNS tertinggal dibandingkan dengan pegawai swasta terutama di perusahaan Internasional.

Kenapa kantor-kantor pemerintah tidak menggunakan jasa swasta saja dalam menjalankan roda pemerintahannya? Bukankah lebih jadi profesional? Ada indikasi KKN dalam pengurusan birokrasi tinggal stop kontrak. Ya sudahlah aku ngapain juga aku pusing ngurusin PNS? Toh aku juga ga bercita-cita jadi PNS.

Jadi aku sarankan ke temanku jadi PNS bukanlah sesuatu yang wajib. Membahagiakan orang tua bukan berarti harus jadi PNS. Bekerja dan berkarya tidaklah harus jadi PNS. Insya Allah, asal halal, baik, tekun, rajin, sabar dan doa dari orang tua apapun pekerjaan kita akan mengangkat derajat kita dan keluarga kita.

Categories: Hari ini aku belajar... | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

