Catatan Superhari: Hari ketujuh, Idul Adha dan Workshop

Hari ini, hari Rabu tanggal 16 November 2919, adalah hari ketujuhku di Amerika Serikat, tepatnya sudah seminggu sejak kedatanganku. Hari ini juga istimewa karena bertepatan dengan Idul Adha. Alhamdulillah, Allah memberikan aku kesempatan untuk menyaksikkan dan mengalami secara langsung bagaimana Idul Adha di Amerika Serikat dimana umat muslim disini adalah minoritas. Memang berbeda dengan di Indonesia, ketika pagi hari jam 6.00, biasaya aku sudah menuju ke lapangan untuk melaksanakan sholat Id dan diiringi dengan takbir yang bertalu-talu dan menggema ke seluruh kampung, namun hal ini tak aku temui di sini di Pittsburgh karena hari ini bukanlah hari libur. Semua aktifitas tetap berjalan meskipun hari ini adalah hari besar agama Islam.

Seperti biasa di pagi hari diawali dengan sarapan di hotel, kali ini sarapannya agak terburu-buru karena harus segera menuju ke Pittsburgh Islamic Center yang terletak di 4100 Bigelow Boulevard yang jaraknya 10 menit berjalan kaki dari hotel.Alhamdulillah lumayan dekat kok. Rupanya Islamic Centernya berada di pemukiman penduduk. Aku melewati perumahan yang nyaman dan di trotoar banyak sekali daun-daun yang berguguran menumpuk karena siapa yang mau membersihkannya, musim gugur sih. Aku temukan banyak tupai yang berkeliaran mencari sarapan. Lucu sekali tupainya.

Sholat Id gelombang 1 akan dimulai pada pukul 08.30, sedangkan gelombang 2 nya akan dimulai pada pukul 10.00.  Aku memilih yang gelombang pertama karena workshop masih berlanjut. Ada perbedaan dalam takbir di sini. Di Indonesia, takbirnya menggema dan memiliki nada, sedangkan di Pittsburgh, gema takbir hanya terasa di ruangan sholat saja tidak sampai keluar ruangan, nada takbirnya pun datar-datar saja. Ya sudahlah yang penting bisa sholat Id. Kebanyakan para jamaahnya memakai kaos kaki karena aku maklum cuaca sedang dingin. Jadi mereka sudah berwudhu dari rumah masing-masing.

Setelah beberapa menit bertakbir, sholat Id pun dimulai dan berjalan kurang lebih 10 menit. Dilanjutkan dengan ceramah, sayangnya aku tidak bisa mengikuti sampai selesai karena workshop terus berlanjut. Aku keluar dari Pittsburgh Islamic Center jam 09.30 dan langsung berjalan menuju ke Carnegie Mellon University tempat workshop diadakan. Aku bersama rombongan dari Indonesia berjalan kurang lebih 20 menit untuk mencapainya.

Di Ruang 6115 Gates Center Carnigie Mellon University, kegiatan workshop sudah berjalan sekitar satu setengah jam, dengan agak malu-malu karena terlambat, aku masuk ke ruangan. Aku menjelaskan kepada Laura Tomokiyo, pihak panitia, mengenai keterlambatan kami dalam rangka melaksanakan ibadah sebagai umat muslim dan beliau bisa memahaminya.Aku langsung tune-in dengan agenda workshop yaitu membicarakan rencana project yang akan dikembangkan pada tahun 2011. Project yang direncanakan tampaknya bagus-bagus, dan aku mengusulkan untuk ditambahkan Natural Disaster dalam project GigaPan karena di Indonesia banyak sekali Natural Disaster yang terjadi sehingga dapat dipelari oleh peserta dari negara lain yang jarang terjadi Natural Disaster.

Kami pun dibagi menjadi kelompok kecil untuk membahas detil project yang akan dilakukan, dimulai dari menyusun drivinq question, sampai ke time table. Aku mewakili SMA Al Izhar Pondok Labu memilih project Biodiversity 2011, Cultural Exchange 2011, Environment: Waste Management 2011, dan Natural Disaster.  Rupanya ada seorang peserta baru dan berasal dari Indonesia, beliau adalah peserta Refreshment Program untuk Dosen Universitas namanya Ibu Sri Rachmajanti atau yang biasa dipanggil dengan nama Ibu Luki. Beliau adalah doktor, dosen, dan wakil direktur dari Badan Pengembangan Laboratorium Pendidikan Universitas Negeri Malang.Ibu Luki mengira aku dan rombongan lain berasal dari Filipina karena memang sepintas mirip antara orang Indonesia dengan orang Filipina. Beliau ternyata adik kelasnya ibu Hasnah Gasim, salah rombongan kami. Dunia memang kecil bukan?

Butuh waktu lama untuk merumuskan masing-masing project. Yang menghentikannya adalah jam makan siang. Makan siang ada di kantin CMU yang berjarak 10 menit berjalan kaki dari Gates Center. Di luar sedang hujan jadi aku harus mempercepat langkahku agar tidak basah dan tidak kedinginan. Aku melewati jalan pintas yaitu melewati jembatan Randy Pausch, seorang professor CMU yang terkenal menulis buku “The Last Lecturer”, sayangnya beliau sudah meninggal dunia akibat penyakit kanker. Bukunya menginspirasi banyak orang termasuk aku, jadi si Professor ini memiliki cita-cita masa kecil yang akhirnya dapat terwujudkan.

Di kantin aku mencoba untuk menikmati Risoto, sepertinya masakan Itali dan katanya di Pizza Hut tersedia menu itu. Rasanya mantabbbs banget, jadi seperti nasi tim tapi ada kuahnya dan kuahnya lengket-lengket yummy dan disajikan dengan jamur serta irisan daging ayam. Mmmmmm…. mantab pokoknya. Lumayan dapat nasi, menu spesial hari ini aku dapatkan. Alhamdulillah. Setelah makan seperti biasa aku menuju ke Prayer Room untuk menjalan sholat. Disana ada seorang mahasiswa yang sedang menunggu jamaah lain sehingga kami bisa berjamaah. Rupanya pagi ini dia tidak bisa menjalankan sholat Id karena ada kelas di pagi hari.

Jam 1 siang aku balik ke ruangan workshop dan melanjutkan pembicaraan project dalam kelompok kecil dan lumayan memakan waktu yang lama hingga jam 3 sore. Ibu Hasnah meminta waktu sedikit dari panitia untuk menjelaskan iEARN, sebuah NGO di Amerika Serikat yang memiliki beragam project, yang bisa dijadikan referensi dalam menyusun project GigaPan.

Jam 3.30 dilakukan synthezing oleh Leana Duncombe staf dari IBE UNESCO dan dilakukan penutupan oleh panitia dengan acara pembagian sertifikat partisipasi workshop. Sebelumnya dilakukan foto bersama seluruh peserta dan panitia dengan menggunakan GigaPan.

Tepat jam 4 sore acara selesai, aku berpamitan kepada Laura, Leana, Clara dan Magali sebagai panitia penyelenggara. Aku dan rombongan Indonesia kembali menuju ke hotel Holiday Inn. Aku berencana malam ini melakukan packing karena besok tanggal 17 November 2010, aku sudah meninggalkan Pittsburgh untuk menuju ke New York City… yeah.

Categories: Curhat, Hari ini aku belajar..., Jalan-Jalan, Keliling Dunia | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

