Al Izhar Science Competition: Lomba Daur Ulang dari tingkat SD-SMA

Al Izhar Pondok Labu akan mengadakan lomba daur ulang pada saat Al Izhar Olympic VI. Bagi bapak dan ibu guru yang berkeinginan untuk mengikutkan para siswa-siswinya sekaligus memberikan pengalaman pada siswa-siswinya ke dalam lomba daur ulang maka inilah salah satu kesempatan yang paling baik untuk mengikutinya. Saya persilahkan bapak dan ibu guru untuk membaca detil lombanya. Pendaftaran terakhir adalah pada tanggal 30 Januari 2011. Lomba akan diadakan pada Sabtu, 5 Februari 2011.

Science Competition
Al-Izhar Olympic VI

SD
– Mendesain karya yang bahan dasarnya dari barang-barang bekas atau sampah
– Desain boleh dalam bentuk gambar, animasi, powerpoint, atau media lainnya.
– Kriteria Penilaian:
o Bahan yang akan dipakai murah
o Dapat dipakai dan berguna
o Otentik & Kreatif

SMP
– Merancang dan membuat karya yang bahan dasarnya dari barang-barang bekas atau sampah yang ada di sekitar kita (tingkat BEGINEER)
– Kriteria Penilaian:
o Karya yang dihasilkan dapat dipakai dan berguna
o Bahan-bahannya murah
o Waktu pengerjaan cepat
o Mudah dikerjakan oleh orang lain
o Otentik & Kreatif
o Kekompakan tim

SMA
– Merancang dan membuat karya yang bahan dasarnya dari barang-barang bekas atau sampah yang ada di sekitar kita (tingkat ADVANCE)
– Kriteria Penilaian:
o Karya yang dihasilkan dapat dipakai dan berguna
o Bahan-bahannya murah
o Waktu pengerjaan cepat
o Mudah dikerjakan oleh orang lain
o Otentik & Kreatif
o Kekompakan tim

YANG PERLU DIKUMPULKAN

1. Formulir Pendaftaran
Formulir Pendaftaran dapat dikumpulkan ke panitia Science Competition (Ruang 204 SMA Islam Al-Izhar Pondok Labu). Pendaftaran tanpa mengisi formulir dapat dilakukan dengan mencantumkan nama peserta, asal sekolah, kelas (SD/SMP/SMA), judul proyek, dan nomor telefon yang bisa dihubungi melalui e-mail ke : urgentarya@yahoo.com. Pendaftaran baik melalui e-mail ataupun formulir, paling lambat dikirim pada 30 Januari 2011. Formulir dapat di unduh disini.

2. Makalah
Pengumpulan makalah tidak diwajibkan, namun akan memengaruhi penilaian oleh juri. Makalah dapat berupa softcopy atau hardcopy. Apabila berbentuk softcopy, kirim melalui e-mail ke : urgentarya@yahoo.com. Apabila berbentuk hardcopy, makalah dikumpulkan pada saat Technical Meeting tanggal 31 Januari 2011.

3. Pas Foto
Setiap peserta wajib mengumpulkan pasfoto ukuran 3×4 bersamaan dengan pengumpulan formulir & makalah pada tanggal 31 Januari 2011. Apabila tidak mengisi formulir, pasfoto dapat dikirim melalui e-mail ke : urgentarya@yahoo.com

HADIAH
(untuk setiap kategori SD/SMP/SMA)
Juara I : Trophy + Sertifikat + uang tunai senilai Rp 1.500.000,00
Juara II : Trophy + Sertifikat + uang tunai senilai Rp 750.000,00
Juara III : Trophy + Sertifikat + uang tunai senilai Rp 500.000,00

TATA TERTIB & SYARAT LOMBA

1. Pendaftaran terakhir adalah pada tanggal 30 Januari 2011
2. Pendaftaran dan makalah dapat dikirim melalui e-mail: urgentarya@yahoo.com, contact person: Arya Radjendra (Arjen) 0811870901
3. Syarat:
a. 2 Lembar Foto 3×4 (bisa dikirim melalui e-mail)
b. Biaya pendaftaran sebesar Rp 30.000/tim
c. Mengisi formulir pendaftaran/mengirim daftar nama melalui e-mail
d. Bersedia mengikuti kegiatan dengan baik, datang tepat waktu, dan mengikuti seluruh peraturan
4. Lomba Science akan diadakan pada Sabtu, 5 Februari 2011 dengan daftar acara sebagai berikut:
a. Sesi Kompetisi SD pukul 07.30-09.30
b. Sesi Kompetisi SMP pukul 10.30-13.00
c. Sesi Kompetisi SMA pukul 14.00-16.30
bertempat di Ruang Agama SMP Islam Al-Izhar Pondok Labu. Peserta diharap hadir 20 menit sebelum waktu yang telah ditentukan.
5. Lomba ini dilakukan secara berkelompok dengan anggota maksimal 3 orang
6. Setiap sekolah dapat mengajukan maksimal 2 tim
7. Technical Meeting akan diadakan pada Senin, 31 Januari 2011 di Lab Biologi SMA Islam Al-Izhar Pondok Labu
8. Bahan-bahan mentah dapat dirancang dan disiapkan di rumah
9. Perakitan harus dilakukan pada saat lomba
10. Waktu pengerjaan proyek 2 jam untuk SMP dan SMA. Untuk SD (karena tidak ada pengerjaan proyek), setiap tim diberikan waktu 15 menit untuk presentasi dalam kurun waktu 2 jam.
11. Alat dan bahan harus dibawa masing-masing peserta
12. Peserta SMP dan SMA harus mempresentasikan proyek di sela-sela pengerjaannya
13. Waktu presentasi 10 menit dan 5 menit untuk tanya jawab
14. Pemenang akan diumumkan pada hari yang sama

Advertisements
Categories: Sekolah | Tags: , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: