Kekonyolanku di negeri Korea: Kimchi

Terus terang demam Korea di negeriku ini tidak membuatku langsung ikut-ikutan demam. Padahal murid-muridku dan bahkan istriku sendiri hobi nonton film Korea. Aku pikir apa bagusnya. Sewaktu aku ke Korea, murid-muridku, keponakanku dan istriku berpesan untuk mencoba Kimchi. Mereka bilang Kimchi seperti acar, wah enak nih kebetulan aku hobi acar timun. Nah sewaktu hari pertama di UNESCO Peace Center di Icheon ada makan malam buffet yang salah satu menunya adalah Kimchi. Aku tanpa ragu-ragu lagi mengambil Kimchi dengan porsi banyak. Dengan pedenya aku makan dengan nasi (untung ada nasi di sana), dan aku langsung kuagettttt. Weleh acemmmmm buanget, rasanya anehhhh, mana agak pedess lagi. Dengan muka memerah menahan rasa yang aneh, dan tanpa bermaksud memalukan tuan rumah aku mencari cara bagaimana kimchi ini keluar dari rongga mulutku satu persatu.  Beberapa yang gagal aku keluarkan terpaksa aku telan bulat-bulat tanpa kukunyah. Wuahhhhhh… kayak gini toh rasanya kimchi.

Korean Kimchi in UNESCO Peace Center, Icheon

Namun karena aku biasa wisata kuliner, aku tak kapok untuk mencoba kimchi. Aku beranggapan mungkin ini kimchi yang gak enak kali (padahal makanan standar untuk UNESCO). Ketika di Seoul, aku mencari restoran yang Halal (susahhh banget nyarinya), ya terpaksa aku makan nasi goreng sea food (marinated sea food fried rice) yang seharga 5000 won (sekitar Rp 50.000). Gak taunya udah bayar mahal malah disuruh nggoreng sendiri (kayak di restoran hanamasa begitu), lah ini gimana cara masaknya aku juga gak ngerti, aku suruh aja waitress nya masakin buat aku. Asal banget main campur-campur aja nasi, bumbu, sayur, cumi, dan udang. Tapi setelah di coba enak banget. Nah ada menu gratis lagi yang diberikan yaitu Kimchi, aku gak trauma kok, aku cobain dengan hati-hati, mak sendulit aja aku cicipin kimchinya, eh enak, gak asem banget, ada manis, ada pedesnya. Cocok banget nih. Nah itulah kisah kimchiku di Korea. Ternyata rasanya beragam, seperti acar di Indonesia kan. Gak semua acar cocok di lidah, maklum orang jawa senengnya yang manis-manis. Ohhh rindu aku dengan Korea. Kena deh demam Korea. Hehehehe.

Nasi Goreng Sea Food

Categories: Hari ini aku belajar..., Jalan-Jalan, Keliling Dunia, Kisah | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Kekonyolanku di negeri Korea: Kimchi

  1. hahaha..geli sendiri baca pas makan kimchi asemnya, aku jg pernah ke resto korea di bdg, cobain kimchi, udah beli 1.5 kilo lagi…pas dicoba hueekk asyeemm ampe ngilu ke kepala, alhasil aku buang deh dari kulkas. Tapi belum kapok sampe nemu kimchi yg gak asem hehehe…

  2. temenku tki di korea, aku kepo aka penasaran akan kimci
    katanya ga enak bagi lidah sini xiixxxxx

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

