Yoboseyo vs Annyeong Haseyo

Bulan November tahun 2009, aku diundang ke Korea  oleh UNESCO Korea untuk sharing mengenai project lingkungan hidup yang dilakukan oleh siswa-siswa SMA Al Izhar Pondok Labu yang aku koordinir. Alhamdulillah aku mewakili SMA Al Izhar Pondok Labu mendapatkan penghargaan 2nd Best Practice se Asia Pacific. Lumayan lah menyisihkan puluhan kandidat project dari negara lain. Nah aku sudah menyiapkan dengan matang presentasiku, tentunya dengan bantuan staf ahli dari Al Izhar mulai dari bagaimana mengucapkan kata per kata dalam bahasa Inggris, posisi tubuh yang benar saat presentasi, menyusun alur presentasi, sampai hal-hal detil yang aku bahkan belum pernah pikirkan. Intinya sudah siap presentasi nih ceritanya. Kebetulan aku membeli kamus Indonesia – Korea, disana ada tulisan Yoboseyo untuk mengucapkan hallo (aku mengiranya Hai…). Nah saat giliranku maju dan aku menyapa hadirin yang sebagian besar guru-guru dari sekolah Korea dengan ucapan lantang “Yoboseyo”, semuanya tertawa, wah aku bingung, apa mereka kaget begitu fasihnya aku mengucapkan kalimat itu atau aku melakukan sesuatu yang bodoh ataukah memang ada di wajahku yang menempel. Ah aku cuek sajalah, presentasiku dalam bahasa Inggris pun lancar, karena ada translator yang menterjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Korea lewat headset.

Presentasiku

Oke sudah nih, setelah sesi sharing selesai, maka aku bertanya kenapa hadirin tertawa ke temanku yang orang Korea, baru kenal sih, namanya Kim, lalu dia terpingkal-pingkal sambil menjelaskan “Yoboseyo” itu untuk menyapa ketika berbicara di telepon. Harusnya aku berkata “Annyeong Haseyo” Aku hanya bisa tersipu malu dan terpingkal-pingkal mentertawakan diriku sendiri. Jadi apakah kamusnya yang salah… oh tentu tidak, setelah aku cek lagi kamusnya benar banget, aku cuma tidak memperhatikan bahwa sub bab nya itu tentang pembicaraan di telepon, gubrakkkkk. Semua orang Korea di ruangan itu hafal dengan wajahku…. gara-gara salah ucap. Tapi ada yang memuji logatku sudah sama dengan logat Korea kalau mengucapkan bahasa Korea. Halahhhh muji biar akunya gak malu tuh. Hahahahahahaha.

———————————————————————————————

Baca artikel Go-Vlog yang lain

Kecanggihan Toilet di Korea Selatan

———————————————————————————————

Categories: Hari ini aku belajar..., Jalan-Jalan, Keliling Dunia, Kisah | Tags: , , , | 10 Comments

Post navigation

10 thoughts on “Yoboseyo vs Annyeong Haseyo

  1. kata2 keyword’a bukan telpon tp telepon, mohon di perbaiki dlu.
    ‘Team komunitas VIVAnews’
    salam.

  2. haha… teleti sebelum membeli- eh, bicara… 😀
    salam kenal sob..

  3. kwkwkwkwkw… lucu mas.. pengalaman berharga dan unik. oh ya, kunjungi blog q di http://www.phylopop.com. ok trims. salam knl.

    • Terima kasih ya pak komentarnya, sebenarnya memalukan tapi jadi cerita lucu juga sih… okeh saya akan meluncur ke TKP pak, salam kenal juga pak.

  4. wow wow hahaha kocak bangeeettt 😀

    tp hebat euy bsa maen2 cuci mata ke korea hehe…
    salam kenal 😀

  5. orlina

    kren

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

