Mengirim surat ke Swiss

Minggu lalu aku mendapat e-mail dari staf International Bureau of Education UNESCO yang berkantor di Geneva, Swiss. Aku diminta menandatangani dokumen perjalanan dan harus mengirimkannya ke sana karena mereka butuh tanda tangan asliku sebagai laporan biaya perjalanan selama aku mengikuti Workshop GigaPan di Carnegie-Mellon University, Pittsburgh, Amerika Serikat.

Aku sendiri belum pernah mengirim surat ke luar negeri karena selama ini surat menyurat aku lakukan melalui e-mail karena murah, praktis, dan legal. Nah lho, aku mulai browsing di mbah google bagaimana caranya mengirim surat ke luar negeri, hasilnya yang ada adalah iklan-iklan biro jasa pengiriman barang dan dokumen ke luar negeri. Aku juga bertanya kepada atasanku mengenai biaya, prosedur, dan apa operator yang bagus untuk mengirim dokumen. Beliau bilang pernah mengirim lewat PT. Pos Indonesia dan cuma mengeluarkan Rp 50.000 saja. Tapi beliau tidak tahu berapa harganya.

Aku langsung mengunjungi website PT. Pos Indonesia dan ada menu mengenai tarif pengiriman ke luar negeri di sini.  Lalu aku mendapatkan informasi seperti ini:

Tarif Pos ke Swiss

Waduh mahal juga yah kalo pake yang cepet nyampenya tapi bagaimanapun yah harus cepat. Aku pergi ke kantor pos di Jl RS Fatmawati Jakarta Selatan karena dekat dengan sekolah. Sebelumnya aku mengambil uang dulu di ATM yang ada di areal kantor pos, kemudian mengantri di loket pengiriman surat dan petugas akan memberi form dan memintaku untuk mengisi form. Formnya seperti di bawah ini:

Form yang harus diisi

Setelah itu petugas menimbang surat dan menentukan tarifnya ke dalam rupiah. Waktu itu aku membayar Rp 225.456 dibulatkan ke atas. Aku memakai jasa EMS (Express Mail Service) Pos Indonesia karena waktu pengiriman cuma sekitar 5-7 hari dan dapat di lacak keberadaan suratku sudah sampai mana dengan mengetik kode bar yang ada di form di website, dan bahkan bisa melalui sms.

Penasaran dengan lokasi suratku, maka aku mengunjungi website ems.posindonesia.co.id dan memasukkan kode bar suratku dan inilah hasilnya:

Status Suratku: Telah Sukses Diantar

OFFICE DATE TIME STATUS
JakartaSelatan 12000 2011-06-01 16:18 Posting/Collection
JakartaSoekarnoHatta 19000 2011-06-03 00:52 Departure from outward OE
SWITZERLAND CH 2011-06-06 14:45 Arrival at inward OE
SWITZERLAND CH 2011-06-06 14:56 Departure from inward OE to CH Adpis : IPS424
SWITZERLAND CH 2011-06-06 14:56 Departure from inward OE
SWITZERLAND CH 2011-06-07 09:10 Final delivery
Received By : LUIZ’

Alhamdulillah akhirnya suratku sampai di Swiss dan staf IBE UNESCO di Swiss telah mengkonfirmasi bahwa suratku telah sampai sesuai tanggal yang tertera di website. Puas nih pake EMS meski mahal tapi surat cepat sampai dan urusan jadi lancar.

Categories: Kisah | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Mengirim surat ke Swiss

  1. kira2 dokumennya berapa lembar ya ?

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

