GigaPan: Robot untuk Giga Panorama

GigaPan Robot + Kamera Digital

Sebagai salah satu guru di Indonesia yang tergabung dalam project GigaPan School Dialogue yang diorganisir oleh UNESCO ASPnet dan Carnegie Mellon University, maka penulis bermaksud mengenalkan GigaPan dalam rangka mengembangkan project GigaPan di sekolah. Pemanfaatan GigaPan ini berkaitan dengan fotografi sebagai media pembelajaran di kelas kemudian dilanjutkan dengan diskusi melalui website di education.gigapan.org.

GigaPan sendiri adalah sebuah robot yang digabungkan dengan kamera digital (Point and Shot) yang dapat mengambil gambar/ foto panorama secara otomatis dan melalui bantuan software yang ada (GigaPan Stitcher) dapat menghasilkan suatu gambar panorama yang beresolusi tinggi sebagaimana seperti gambar dari Google Earth.

Teknologi GigaPan ini dikembangkan oleh Carnegie Mellon University bekerjasama dengan NASA Ames Intelligent Robotics. GigaPan digunakan NASA untuk kepentingan riset dan pengambilan data melalui gambar beresolusi tinggi. Salah satu penggunaan robot GigaPan oleh NASA ini di planet Mars. Di dunia pendidikan, GigaPan sering digunakan oleh para ilmuwan dari berbagai universitas di dunia untuk menghasilkan gambar/foto dengan resolusi tinggi sehingga dapat dijadikan dokumentasi dan bahan riset.

Dengan menggunakan GigaPan, siswa dari sekolah yang berpartisipasi dalam project tersebut dapat mengambil gambar/fenomena panorama dari dunia di sekitar mereka, dan mereka berbagi melalui proyek dari situs web dengan rekan-rekan lainnya di seluruh dunia sehingga dapat meningkatkan pengertian, pemahaman antara budaya, agama yang berbeda dan menciptakan rasa empati yang lebih besar dari siswa melalui praktek pedagogis dan kurikuler yang menggabungkan penggunaan explorable, high resolution digital imagery.

GigaPan School Dialogue
sudah berhasil dilaksanakan di Afrika Selatan, Trinidad & Tobago, dan Amerika Serikat pada tahun 2008. Karena keberhasilan itulah, program ini dirintis pengembangannya di Brazil dan Indonesia. GigaPan dapat digunakan untuk lintas mata pelajaran diantaranya adalah Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Sosiologi, Ekonomi, dan lain-lainnya.

Kemudian siapakah yang mengambil gambar? Siswa-siswa sendirilah yang mengambil gambar panorama tersebut tentunya didampingi oleh guru pembimbing yang senantiasa mengawasi dan membimbing siswa-siswa tersebut. Proses pengambilan gambar tersebut memakan waktu tergantung dari luas panorama yang akan di ambil. Semakin luas tentunya semakin lama.

12980356071057238251

Siswa sedang mengambil gambar panorama di Kebun Raya Bogor

Siswa melakukan setting GigaPan

Siswa melakukan setting GigaPan

1298036534795888208

Diskusi antara guru dan siswa

Kemudian apa yang harus dilakukan selanjutnya? Tentunya dilakukan stitching atau “penjahitan” gambar-gambar yang terkumpul dengan menggunakan software GigaPan Stitcher. Proses stitching ini tergantung dari besar kecilnya gambar panorama dan kekuatan komputer. Semakin besar resolusi dan luas gambar panorama maka semakin lama pula prosesnya. Namun dari pengalaman, menggunakan Apple MacBook kami sedikit menunggu dibandingkan menggunakan Windows.

12980376061696338860

Screenshot GigaPan Stitcher (Bergman.net)

Setelah gambar selesai di “jahit” maka software akan mengupload gambar panorama tersebut secara otomatis ke website http://www.gigapan.org. Tentunya koneksi Internet sangat berpengaruh disini. Semakin cepat maka semakin cepat pula selesai uploadnya. Pengalaman kami membutuhkan 1-3 jam dalam proses ini tergantung dari besar kecilnya ukuran file yang diupload.

Lalu masuk ke website education.gigapan.org untuk memulai dialog. Kira-kira dialog yang muncul seperti ini.

1298037499654350452

Screenshot dialog di website

Selain berdiskusi melalui website, kami juga rutin mengadakan diskusi dengan siswa sesama peserta project GigaPan Dialogue School di Indonesia. Hal ini juga mempererat tali silaturahmi dan bertukar pikiran serta berbagi pengalaman mengenai hal-hal praktik di lapangan.

Berikut adalah salah satu foto panorama yang telah diambil oleh siswa-siswa dari sekolah peserta project GigaPan tersebut adalah:

  1. Students’ Board Inauguration
  2. Trip Observation 2009
  3. The site of Jakarta, beach point of view
  4. Eid al-Adha Shalat in Al Izhar
  5. Tropical Ground Orchids
  6. Al-Izhar Graduation Ceremony

Dan berikut adalah video mengenai highlight penggunaan GigaPan di SMA Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta.

Categories: Kisah | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: