Makanan Halal di New York

Ketika kita ke luar negeri, bagi seorang muslim, mencari makanan halal adalah suatu keharusan, terutama ke negeri di mana muslim menjadi minoritas, agak sulit untuk mencarinya. Pengalamanku di Pittsburgh, Penssylvania mencari makanan halal sulit sekali. Ketika aku bertemu dengan orang Indonesia yang muslim disana, mbak Derry Tanti Wijaya, yang juga kandidat doktor di bidang Sains Komputer, Carnegie Mellon University, Pittsburgh, menyarankan aku untuk ke restoran China, karena biasanya makanannya standar asia dan ada beberapa mahasiswa Indonesia yang bekerja disana. Memang sulit ya, tapi semoga makanan yang aku makan halal.

Tapi untuk di New York, sebuah kota megapolitan di Amerika Serikat dimana penduduk muslimnya lebih banyak daripada Pittsburgh, maka mudah sekali mencarinya, asalkan tahu tempatnya. Minimal kita datang ke restoran makanan Indonesia. Dua kali aku menikmati hidangan Indonesia di New York, ye elah jauh-jauh ke New York cuma makan sop buntut, nasi goreng, somay, mi ayam ama otak-otak. Please deh. Hehehehe. Yah yang ada dan yang hahal aja dulu.

Tapi untuk alternatif lain di daerah sekitar 5th Ave dan 6th Ave ada street vendor yang menjual Lamb on Rice, biasanya yang menjual adalah orang keturunan Timur Tengah dan mereka memberi label Halal pada menu makanan yang mereka jual. Harganya pun tidak mahal sekitar 6 -7 dollar Amerika dan itu cukup untuk 2 kali makan loh, ingat orang Amerika kalau makan porsinya buanyak banget. Kayak gimana sih Lamb on Rice itu? Yah kalo di Indonesia sih mirip nasi kebuli tapi ini lebih mantabbbbsss..

Lamb on Rice (courtesy of mightysweet.com)

Jangan dibayangkan pedagangnya seperti pedagang kaki lima yang buka lapak di pinggir jalan seperti di Indonesia. Seperti ini lapak mereka

PKL Lamb on Rice di NYC (courtesy of kwongeats.blogspot.com)

Cara mereka menyiapkan makanan cukup higienis, mereka menggunakan karton bukan stirifoam.

Menyiapkan makanan (foto pribadi)

Bicara menu maka sangat bervariasi, bisa dipilih sesuai selera. Jadi di New York lebih mudah mendapatkan makanan halal di bandingkan di Pittsburgh. Alternatif lain ya makanan China.

About these ads
Categories: Curhat, Jalan-Jalan, Kisah, Wisata Kuliner | Tags: , , | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “Makanan Halal di New York

  1. salam

    bukannya mayoritas chinese restaurant jual bagi… lha kalo di resto china, kan hanya pake satu penggorengan…namanya “wok” ..wajan besar yg melengkung itu… dibersihkan cuma dgn air doank…tanpa sabun…lalu digunakan utk masak yg lain lagi…

    • Kalau yang resto itu karena saya mengikuti rekomendasi orang muslim Indonesia yang saya temui di sana. Saya pikir karena beliau yang merekomendasikan jadi bisa dimakan begitu pak, apa saya terlalu polos ya? Terima kasih pak sekali lagi sudah diingatkan, mohon petunjuknya bagaimana cara survive dari bahan makanan yang non halal.

  2. salam

    bagi = babi.. maaf..salah tulis tadi di atas.

  3. ye elah jauh-jauh ke New York cuma makan sop buntut, nasi goreng, somay, mi ayam ama otak-otak. Please deh. Hehehehe <— hahahaha … itu pilihan terbaik ya?

    nitip lapak …
    coba buka yg ini buat referensi saat jalan2 ke jatim …
    http://muktipro.wordpress.com/2011/07/23/wisata-kuliner-burung-emprit-sikat-habis-sampai-tulangnya/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,617 other followers

%d bloggers like this: