Belajar Menyenangkan: Kuis Who Wants to be a Millionaire

Dalam belajar biologi kadang-kadang tidak melulu belajar dengan metode ceramah, presentasi, mengerjakan soal latihan itu bisa membuat murid-muridku mati kebosanan. Aku selalu menjadikan diriku sebagai patokan, apa yang aku mau jika aku menjadi murid. Jadi aku mendapat ide untuk membuat suatu permainan yang menarik, murid-muridku bermain tapi tanpa disadari mereka juga sambil belajar. Sudah 3 tahun aku memakai kuis ini, tanggapan murid-muridku juga positif dan hasilnya dapat meningkatkan pemahaman serta berujung ke meningkatnya nilai. Bahkan ada si murid yang sudah lulus SMA masih saja ingat dengan materi pelajaran tersebut padahal di kuliah si murid berbeda haluan.

Tahun pertama aku masih menggunakan slide PowerPoint, agak super ribet dalam mengelola link-link dalam slide, mengatur suara, mengatur video yang muncul karena aku ingin suasana kuis ini muncul di kelas. Meskipun super ribet akhirnya selesai juga proyekku itu. Hasilnya ketika aku daftarkan proyekku itu ke lomba cipta alat peraga di Al Izhar Olympic 2009, alhamdulillah aku diberi penghargaan juara harapan. Jika boleh beropini, alat peraga yang menggunakan kecanggihan IT suka diremehkan oleh banyak orang, dianggap terlalu canggih tidak bisa ditiru oleh orang lain, seolah aku tidak bisa apa-apa tanpa kecanggihan IT. Mereka lebih menghargai yang alat peraga yang memanfaatkan barang-barang seadanya. Betul juga sih karena tidak semua punya fasilitas IT. Namun gak salah juga kan memanfaatkan yang sudah ada, secara jaman sudah modern dan mumpung berada di lingkungan yang modern, bukan di daerah pedalaman dan terpencil. Jaman sekarang istilahnya sekarang sudah screen age, segala informasi sekarang di dapat dari layar. Tapi apakah itu akan menghentikanku, tentu bukan Superhari kalau aku menyerah. Lah kok malah curcol.com

Tahun kedua aku berusaha mencari kemudahan, daripada repot menggunakan slide PowerPoint, aku akhirnya menemukan sebuah program Who Wants to be a Millionaire yang dibuat menggunakan Flash di website www.superteachertools.com/millionaire disana anda bisa mengunduh dengan gratis dan pertanyaan-pertanyaan kuis tersebut dapat dibuat di www.superteachertools.com/millionaire/makegamehtml.htm, dengan mengisi pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya lalu mengunduh file tersebut dan di load saat game akan dimulai.

Screenshot website superteachertools.com

Screenshot website superteachertools.com

Prosedur permainannya tentu dimodifikasi dari kuis aslinya berdasarkan situasi dan kondisi, masing-masing guru pasti tahu kebutuhannya. Peserta dijadikan berkelompok yang berisi 3 orang, untuk maju kelompok peserta diundi, jawaban bantuan berupa ask the audience melibatkan siswa yang lain, meskipun di programnya ada secara otomatis. Pilihan jawaban bantuan phone a friend yang melakukan pembicaraan melalui telepon aku ganti dengan bertanya langsung dengan salah satu siswa di kelas yang sebelumnya sudah ditunjuk. Aku sudah menyiapkan 10 variasi kelompok pertanyaan sehingga pertanyaan untuk kelompok yang maju akan berbeda dengan kelompok sebelumnya. Cara penilaiannya juga tergantung dari guru masing-masing, kalau aku menerapkan titik-titik seperti yang di kuis, jika sudah berhasil melewati titik teratas maka kelompok berhak mendapatkan nilai 100 bahkan bisa saja mengundurkan diri dari permainan dan mengambil nilai di titik dimana kelompok berhenti di titik tersebut. Ada yang beruntung karena ketika di coba ke level berikutnya mereka gagal, tapi ada juga yang kecewa karena ternyata bisa menjawab pertanyaan di level berikutnya.

Dalam permainan ini, aku berperan sebagai host-nya dengan beraksi, bertingkah, dan bersuara seperti Tantowi Yahya. Dengan theme sound kuis yang aku unduh dari 4shared.com menambah serunya bermain.

Di tahun ketiga, aku mulai improve dengan menambah theme sound, sehingga membuat permainan ini lebih realis seperti di kuisnya, aku unduh dari berbagai situs.

Memang aku sangat capek karena harus menyiapkan banyak variasi pertanyaan dan beraksi sebagai host untuk banyak kelompok juga melelahkan, tapi menyenangkan juga melihat kelas menjadi hidup. Tapi bisa juga diakali dengan meminta murid yang menjadi host untuk menggantikan gurunya.

Dari permainan ini, aku bisa melihat karakter murid, ada yang teliti, ada yang sembrono, ada yang gak sabaran, ada yang kreatif menganalisis jawaban, ada yang egois, ada yang kooperatif, ada yang ingin menjatuhkan kawannya, ada yang cuek, ada yang cerdas, ada yang malas. Beragam lah.

Ya begitulah ceritanya, cuma sayangnya aku dianggap kecanggihan. Terbesit keinginan untuk menghentikan saja permainan ini dan kembali ke model belajar konvensional. Tapi bukan aku kalau aku menyerah. Never….

Berikut foto-fotonya.

———————————————————————————————

Baca artikel Go-Vlog yang lain

  1. Yoboseyo vs Annyeong Haseyo
  2. Kecanggihan Toilet di Korea Selatan
  3. Aku Disangka Personel SM*SH

———————————————————————————————

Categories: Curhat, Kisah, Pelajaran Biologi, Sekolah | Tags: , , , , , , , , | 33 Comments

Post navigation

33 thoughts on “Belajar Menyenangkan: Kuis Who Wants to be a Millionaire

  1. toxcum

    Untuk ikut GoVlog, mohon melengkapi persyaratannya. Info klik http://www.vivanews.com/xl_govlog thanks.
    Syarat yg kurang:
    1. Artikel yang dilombakan wajib diposting di Twitter peserta lomba dengan mention @XL123 @VIVAnews @VIVAvlog dan Hashtag #GoVlog. Selain itu harus dicantumkan link artikel yang dimuat di VIVAnews dengan shortlink.
    *Contohnya: Kisah Sekolah Kami http://bit.ly/Hjk8B #GoVlog @XL123 @VIVAnews.

  2. Pingback: Guru, berubah yuk! « Hari Prasetyo’s Blog

  3. suly

    Gmn ya, aq belum berhasil membuatnya…sepertinya harus kursus! Please, trmkasih ya…

  4. gilang

    pak cara ngedit n kasih/ubah theme sound gmn y? klo ditambah vidio di intronya bs g y?

  5. iwan

    pak! aku pemula.. aku ingin tau cara membuat gamesnya? mohon bantuannya

    • Ikuti petunjuknya pak Iwan di artikel di atas ini. Insya Allah bapak bisa.

      • iwan

        alhamdulillah bisa pak…bisa dipakai secara offline tidak? saya sudah download flashnya tapi games yang saya buat tidak muncul..mohon bantuannya..trims

      • Dipakai offline bisa pak, setelah di download kemudian di unzip atau di extract dengan winzip atau winrar, bapak juga harus membuat soalnya dulu, lalu didownload dan disimpan dengan nama file yang gampang diingat bapak misalnya “kuis1.txt” karena kalau defaultnya “millionxxxxxx.txt”, malah sulit mengingatnya.

        Lalu, file “kuis1.txt” tadi disimpannya dalam 1 folder yang sama dengan “millionaire.exe”. Nah ketika bapak memainkan millionaire.exe kan ditanya tuh nama judul filenyanya, nah bapak isikan aja dengan nama tadi yaitu “kuis1” (tanpa tanda petik dua). Langsung bisa bermain pak. Selamat bermain.

  6. Pingback: Guru, berubah yuk! | Komunitas Penulis Perubahan

  7. ass.wr.wb.mohon pencerahanya pak..saya sudah simpan satu folder tapi kok nggak bisa di mainkan secara offline pak..terim kasih atas jawabanya

    • Filenya disimpan dengan nama yang mudah contoh “soal1.txt”. Nah pas memainkan kan ada load game tuh, masukkan nama filenya yaitu soal1. Begitu pak

  8. Pingback: Guru, berubah yuk! | Komunitas Penulis Perubahan

  9. wahyu yuana

    trimakasih…pa atas informasi media pembelajaranya..tapi saya ada masalah kalo enggunakanya saat offline…mks

    • Mohon maaf baru membalas, file pertanyaan harus satu folder dengan file millionaire.exe. Kemudian file pertanyaan yang sudah disave dari internet harus direname dengan nama sesuka kita contoh A.txt. Ketika ditanya load file maka ketik A. Lalu LOAD

  10. wahyu

    maaf pak….numpang nanya…gimana cara mendownload kuis yang udah dibuat dan gimana caranya memainkannya secara offline….makasih sebelumnya

  11. Rahayu Saktiningsih

    maaf pak, itu kalo jawabannya salah apa emang nggak bisa balik ke soal selanjutnya?

  12. tanya pak.. questionnya udh tk create game file. tp kok g bs pak…..uh tk click Right Click here to save the game file so you can use it with the Flash Who Wants to be a Millionaire Template jg tp g da tndak lanjute… gmn cranya mhon bantuannya

    • untuk file pertanyaannya diunduh dan disimpan ke dalam 1 folder yang sama dengan millionaire.exe nya. Katakanlah bapak save dengan nama file “soal”. Nah nanti ketika millionaire.exe di buka, kan ditanya nama filenya, ketik “soal” (tanpa tanda petik) lalu klik Load.

    • Right click nya tepat di linknya pak, nanti muncul save this link…

  13. ada file .fla yg bs didownload g?bwt sy pelajari cara membuatnya

  14. Makki

    pak, saya sangat tertarik sekali dengan permainan ini, oke punya… tapi gimana ya… kalau buat file pertanyaannya secara offline bisa ndak ya, mohon pencerahannya. makasih.

  15. Hanson Blolon

    apakah tidak bisa menggunakan bahasa indonesia??

  16. zagytach

    mo ksih kmen pa bingung
    yg pnting salut buat p.hari,ni bru guru profesional.

    dlu jga prnah pnya ide kyak gtu,tpi trbntur dana n waktu buat blajar buat game ya trpaksa tertunda,bsanya hnya pake power point ya trpaksa pake itu dulu he..he.
    skarang dah da bntuan dri pak hari is the best mudah2an bsa brguna n brmanfaat bgi saya n siswa didik saya.

    thank’s pak,salam kenal.

  17. sukrani

    good luck pak hari

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

