Minuman di Surabaya

Suhu di Surabaya masih lebih panas dibanding dengan Jakarta. Siang malam, udara selalu terasa gerah sehingga minuman dingin selalu menyegarkan. Rasa haus karena panas kota Surabaya dapat di taklukkan dengan minuman yang banyak dijual di tepi jalan oleh pedagang kaki lima. Berikut adalah minuman yang mampu menawarkan rasa haus akibat terik panas matahari di kota Surabaya.

1. Es Tebu

Terbuat dari batang tanaman tebu (Saccharum officinarum) yang digiling oleh mesin penggiling mengeluarkan air tebu dicampur dengan es batu menghasilkan minuman tebu dingin yang mampu membasahi dan menyegarkan tenggorokan yang sedang haus. Rasa manis asli tebu dan dinginnya es mampu membangkitkan semangat yang tadinya loyo menjadi bangkit karena gula dari tebu telah menggantikan tenaga yang hilang.  Banyak ditemui di seluruh penjuru kota Surabaya, biasanya diiringi dengan ote-ote (orang Jakarta biasa menyebutnya dengan bakwan), tahu isi, sate kulit, dibalur dengan petis udang. Wuahhhh mantappp. Harga segelas es tebu sekiar Rp 1.500 di Surabaya. Kalau di Jakarta, sudah mulai banyak yang menjual minuman ini.

2. Es Dawet

Dawet alias cendol, ini bukan istilah di kaskus ya tapi minuman di Surabaya. Terbuat dari campuran cendol, tape, alpukat, gula merah, santan kelapa dibalur dengan serutan es dan susu kental manis yang disajikan ke dalam gelas. Kadang ada aroma nangka ditambahkan untuk menambah kelezatan es dawet ini. Banyak ditemui di Surabaya. Kalau di Jakarta ada di sepanjang jalan di depan TMII.

Pedangang Es Dawet (sumber: adward-omega.blogspot.com)

3. Es Legen

Minuman yang terbuat dari nira yang disadap dari mayang pohon siwalan (lontar) ini lebih nikmat bila diminum dengan es. Minuman ini sebenarnya sangat banyak di temui di daerah Gresik, Lamongan dan Tuban. Karena di daerah sanalah banyak terdapat kebun pohon siwalan jadi minuman ini bukan asli Surabaya tapi banyak pedagang yang menjual  es legen di Surabaya.

Pedagang Es Legen (sumber: kaskus.us)

4. Es Sinom

Sinom merupakan minuman herbal yang terbuat dari rebusan pucuk daun asam, kunyit, dan gula jawa. Kepandaian peramu minuman dalam komposisi dan cara merebus membuat rasa sinom sangat enak. Sangat segar jika diberi bongkahan es batu di dalam gelas.

Es Sinom (sumber: ibuhemat.multiply.com)

5. Es Susu Kedele

Ini lagi es susu kedele yang mantap diminum jika sudah sangat haus. Rasanya segar di tenggorokan. Namanya juga susu kedelai ya pasti terbuat dari kedelai. Susu kedelai merupakan minuman sumber vitamin (B1,B2,B6, dan provitamin A), sumber mineral (Kalsium, Magnesium, Selenium, Fosfor), sumber Karbohidrat, dan sumber Protein.

Susu Kedelai (sumber: serdadoedapoer.blogspot.com)

7. Tauwa

Tak selamanya suhu di Surabaya itu panas, kadang di musim hujan juga suhunya tidak panas. Nah dingin-dingin lebih nikmat jika menikmati wedang tahu atau yang sering disebut dengan tauwa di Surabaya. Tauwa ini terbuat dari kedelai, jahe, gula merah, dan beberapa bahan herbal alami lainnya. Biasanya di pagi hari pedagang tauwa menjajakan tauwanya dari rumah ke rumah menggunakan sepeda. Nikmat selagi hangat, apalagi ditaburi kacang goreng (optional) mmmm muantap.

Tauwa atau wedang tahu (sumber: tembi.org)

Advertisements
Categories: Jalan-Jalan, Wisata Kuliner | Tags: , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: