Catatan Liburan di Pangandaran: 4th Day

Hari ini hari terakhir kami di Pangandaran. Mumpung belum pulang, kami manfaatkan untuk berjalan ke bukit di pantai Batu Karas untuk mengambil foto-foto indah disana.

Setelah puas mengambil foto, kami sarapan di hotel dan meninggalkan hotel pada pukul 07.30 menuju ke Terminal Bis Cijulang. Sebenarnya ada bis dari Pangandaran – Depok atau Pangandaran – Jakarta yang berangkat jam 6 atau 7 pagi dari terminal bis Pangandaran, tapi kami tidak mengambilnya karena kami akan terburu-buru. Lebih baik kami pulang setelah sarapan dan kami mengambil bis Cijulang – Tasikmalaya dari terminal bis Cijulang.

Di terminal bis Cijulang, bis ke Tasikmalaya ada sewaktu-waktu jadi kami tidak terikat oleh jadwal bis. Sebelum naik bis, kami membeli sedikit oleh-oleh yaitu opak dan beberapa makanan tradisional khas Sunda lainnya.

Bahkan tarif bis saja harus menawar, kondektur menawar Rp 30.000, tapi kami bilang sudah biasa Rp 25.000 dan si kondektur mengiyakan. Bis berjalan perlahan-lahan karena sambil mencari penumpang. Butuh 3 jam perjalanan dari Cijulang ke Tasikmalaya, lama sekali karena harus berhenti lama di beberapa terminal bis dan ada acara mogok lagi.

Sesampainya di Tasikmalaya, kami meminta berhenti di pool bis Primajasa, karena apapun bisnya sebelum masuk ke terminal bis di Tasikmalaya, selalu melewati pool bis Primajasa. Beruntung sekali kami, begitu kami turun, keluarlah bis Primajasa Kelas Eksekutif jurusan Tasikmalaya – Kampung Rambutan, tanpa harus menunggu lama kami langsung diangkut. Alhamdulillah ya.

Namanya saja baru keluar kandang, jadi bisnya masih sedikit penumpangnya, bahkan bantal-bantalnya saja baru dibagi-bagikan ke kursi. Harga tiket bis eksekutif jurusan Tasikmalaya – Kampung Rambutan seharga Rp 50.000. Kursinya lega dan nyaman serta bisnya ber-AC, beda dengan bis yang sebelumnya šŸ˜€

Ya Alhamdulillah ya, perjalanan lancar dan hanya butuh waktu 5 jam saja dari Tasikmalaya ke Kampung Rambutan. Dari Kampung Rambutan kami naik taksi menuju ke rumah. Sekali lagi Alhamdulillah kami bisa merampungkan perjalanan liburan sekaligus petualangan kami berdua di Pangandaran. Catatan Liburan di Pangandaran selesai. Nantikan petualanganku berikutnya. ISTANBUL….hehehehe (agak spoiler dikit).