Guru Baru, Beranilah!!!

Bagi Anda para calon guru atau guru yang sedang memulai petualangannya dalam mengajar, mungkin ada sedikit tip untuk Anda dalam meniti awal karir Anda.

1. Lakukan segera kesalahan, tapi belajar dari kesalahan orang lain itu lebih baik

Menjadi guru baru itu dibutuhkan keberanian. Joseph Chiltons Pearce, seorang penulis buku di Amerika, mengatakan  “‘To live a creative life we must lose our fear of being wrong.”. Jadi lakukan segera kesalahan sehingga tahu mana yang benar tapi ada tip yang lebih baik yaitu belajarlah dari kesalahan orang lain. Untuk itu maka Anda perlu melakukan diskusi, observasi rekan sejawat, membaca buku dan lain-lain.

2. Temukan gaya mengajar Anda sendiri

Susahnya menjadi guru baru, kadang gaya kita dipengaruhi oleh gaya guru kita sebelumnya. Maka tip untuk Anda, kombinasikan gaya-gaya mengajar yang Anda anggap cocok untuk karakter Anda. Untuk itu sekali lagi Anda perlu melakukan diskusi, observasi rekan sejawat, membaca buku dan lain-lain. Humoris adalah gaya mengajar yang menyenangkan tapi tak usah lebay lah.

3. Posisikan diri Anda sebagai murid

Jika Anda sudah menemukan gaya Anda sendiri, maka seringlah mengevaluasi, Anda perlu masukan dari rekan sejawat Anda atau dari murid Anda. Karena Anda menghadapi murid maka posisikan diri Anda sebagai murid, apa yang murid inginkan dari saya, cara mengajar yang bagaimana yang murid Anda inginkan.

4. Tetap percaya diri

Karena masih baru dan muda, pastilah banyak melakukan kesalahan, oleh karena itu segerelah memperbaiki kesalahan dan tetaplah percaya diri. Temukan keunggulan-keunggulan Anda sambil memperbaiki kelemahan-kelemahan Anda. Gali sedalam-dalamnya potensi keunggulan Anda. Sampai Anda menemukan bahwa Anda adalah orang yang berbeda di antara guru lain. Bahwa Anda punya trade mark tersendiri. Temukan itu maka Anda akan percaya diri!

5. Ciptakan kesempatan anda sendiri jangan menunggu

Guru baru identik dengan guru muda, kadang-kadang kalah kesempatan dengan rekan-rekan yang lebih senior. Jika Anda ditugaskan seminar, konferensi, workshop, ataupun MGMP maka manfaatkan peluang itu untuk menambah jaringan kerja. Tebarkan jaring Anda dimana-mana sehingga Anda menciptakan peluang Anda sendiri. Peluang untuk berkembang dan melejit mengalahkan senior-senior Anda.Belajar TOEFL dan TIK juga merupakan nilai tambahan karena jika Anda berhasil mendapatkannya, dunia Internasional dapat Anda genggam.

Nah, jadi di awal meniti karir sebagai guru tak usahlah takut. Beranilah wahai guru baru. Tetap semangat.

Categories: Seri Teacher Transform!!! | Tags: , , | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Guru Baru, Beranilah!!!

  1. miftah :)

    Trims ya Pak, dari blog bapak saya jadi semangat untuk terus belajar menjadi guru yang sebenarnya. Semoga bisa mengikuti jejak bapak. Barakallahu fiik !!!

  2. pipit

    trmksh smg bisa bermanfaat bagi sy untk setrsny n smg sy bisa….jd guru hebattttt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: