Berbagi Pengetahuan di SDN Pangandaran 5

Ini ceritaku pada bulan Maret 2011 lalu, tepatnya hari Kamis tanggal 17 Maret 2011. Jadi sekolah tempatku bekerja memiliki program live in yang sekaligus penelitian dari tanggal 16-18 Maret 2011. Sambil meneliti dan tinggal bersama penduduk setempat, kami, guru dan siswa juga mengadakan kegiatan berbagi (sharing session) dengan guru dan siswa di SDN Pangandaran 5 yang terletak di Jalan Sumardi No 18 Pangandaran.

Sebelumnya kami sudah bertemu dengan ibu Kepala SDN Pangandaran 5 yaitu ibu Encih Sarsih untuk berkoordinasi mengenai teknis pengaturan kegiatan berbagi pengetahuan ini. Dari sisi kami, kami telah membagi kelompok siswa yang akan mengajar di kelas-kelas di SDN Pangandaran 5, sedangkan kami selaku guru juga mengadakan kegiatan berbagi yaitu bagaimana membaca cepat dan membuat mind map.

Di pagi harinya, kami menyiapkan siswa, kami tinggal di desa Sidomulyo, Pangandaran yang membutuhkan waktu 30 menit dengan bis.

Briefing sebelum berangkat

Absensi dan doa sebelum berangkat

Sambutan dari Kepala SDN Pangandaran 5, Ibu Encih Sarsih

Setelah diterima oleh Kepala SDN Pangandaran 5, maka kami, guru dan siswa, pun menjalankan tugasnya masing-masing. Siswa kami ada yang bermain dan ada juga yang mengajar siswa-siswa SD. Begitu juga dengan kami para guru, berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada guru-guru SD di Pangandaran.

Nah kalau foto-foto di atas adalah kegiatan siswa, maka foto berikut adalah kegiatan para gurunya. Kegiatan ini dibuka oleh ibu Encih Sarsih juga selaku pihak tuan rumah bagi guru-guru SD di Pangandaran.

Sesi pertama adalah bagaimana membaca cepat yang dibawakan oleh Ibu Sulhiyah, guru bahasa Indonesia di SMA Al Izhar Pondok Labu. Fungsi membaca cepat ini untuk membiasakan guru untuk bisa membaca cepat karena berkaitan dengan efisiensi waktu. Keterampilan ini sangat berguna apabila kita sendiri sudah memiliki kebiasan membaca. Kalau tak terbiasa membaca maka keterampilan membaca cepat jadi tak berguna.

Bu Suli panggilan Ibu Sulhiyah juga membuat latihan-latihan praktis yang dapat di coba oleh para guru. Terlihat gesit juga para guru SD di Pangandaran ini ketika mengerjakan latihan yang diberikan oleh ibu Suli.

Sesi kedua adalah bagaimana membuat mind map. Teknik ini untuk memudahkan kita dalam memetakan pikiran dan menuangkan ide-ide atau bahkan juga bisa digunakan untuk memahami suatu konsep pelajaran. Sesi ini aku yang memandunya dibantu oleh pak Adam Syair. Teknik mind map ini selalu aku gunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Alhamdulillah ya banyak membantu siswa-siswaku dalam memahami konsep Biologi.

Dalam sesi ini juga diberikan latihan untuk membuat mind map. Ternyata guru-gurunya pandai-pandai dan cepat mengerti. Alhamdulillah ya. Kami sendiri di Al Izhar harus mengikuti pelatihan 3 hari untuk bisa mengerti mind map. Namun karena kami praktisi dan melakukannya setiap hari, kami buat ini lebih simple dan lebih mudah di mengerti.Sayang waktunya kurang lama, karena memang keterbatasan waktu, tapi asalkan tetap latihan, aku yakin para guru akan tetap terampil.

Seusai kegiatan berbagi ini, kami, guru dan siswa, dijamu oleh ibu Encih dengan makanan tradisional Pangandaran. Rasa makanannya enak sekali. Seusai makan siswa-siswa SMA Al Izhar memberikan sarana olahraga untuk siswa-siswa SDN Pangandaran 5 sambil berpamitan pulang.

Di penghujung acara, ibu Suli selaku ketua panitia kegiatan penelitian siswa ini memberikan cinderamata khas Al Izhar kepada SDN Pangandaran 5.

Akhirnya kami pulang deh menuju desa Sidomulyo, menuju ke rumah host parent masing-masing.

Advertisements
Categories: Hari ini aku belajar... | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: