Don’t judge the book by the cover

Aku ingat sekali jika hari Rabu, tanggal 19 Oktober 2011, aku mendapat pelajaran yang sangat berharga tentang arti kejujuran, keikhlasan dan kemuliaan hati. Jadi awal ceritanya ketika aku pulang dari acara Latihan Kepemimpinan Siswa di sekolah, aku kehilangan Blackberry Gemini entah di mana, rupanya jaket yang aku kenakan ada robek di bagian saku dalamnya. BB-ku itu terjatuh tanpa kusadari. Begitu aku sadar kehilangan maka aku segera menelepon BB-ku, siapa tahu ada yang menemukan dan mengangkat mungkin mau mengembalikan. Tak ada jawaban dari seberang sana dan akhirnya mati.Yaaaaah, aku kehilangan BB. Padahal BB itu pemberian dari Direktur NRA Travel.

Yaaah istriku bilang ya sudah gak usah berharap kembali, dunia banyak orang jahat. Aku jadi ingat kehilangan handphone Samsung B2100, yang badak gila dan anti air, jatuh pun gak akan rusak, pada saat malam takbiran setahun yang lalu. Di hp Samsung itu ada fasilitas Mobile Tracker, jadi kalau diganti kartu SIMnya maka akan mengirim sms ke no yang telah ditentukan, aku coba hubungi orang yang memegang hp Samsung ku itu dan menjelaskan perihal kehilanganku itu malah aku dipalakin Rp 300.000 agar balik dan rupanya tak serius. Akhirnya aku ikhlaskan, dan aku mendapat gantinya yang beribu-ribu lebih besar di 3 bulan kemudian, yaitu kesempatan bisa pergi ke AS dengan gratis. Alhamdulillah ya. Kadang kala jika kita mau mengikhlaskan sesuatu maka kita akan mendapat gantinya yang lebih baik.

Ah sudahlah, 4 bulan kemarin sebelum ada BB pun juga tidak apa-apa kok, gak sampai menghancurkan hidupku :D. Yang aku lakukan adalah segera mengganti password e-mail, facebook, twitter dan menghubungi salah satu rekanku, bu Desy, untuk mengumumkan di grup bahwa BB ku telah hilang jadi jika ada BBM yang mengatasnamakan diriku berarti itu bukan aku. Aku juga mengabarkan hal ini ke beberapa rekan yang sering berkomunikasi via BBM.

Ehhhh hari Selasa malam ada panggilan telepon masuk ke handphone-ku yang satu dari nomor BB-ku. Orang yang meneleponku adalah laki-laki, seorang bapak yang bernama Cecep, tinggal di Krukut, Depok. Dia menemukan BB-ku di jalan yang aku lewati saat pulang. Kebetulan sekali dia di jalan itu sedang bekerja. Dia minta aku untuk datang ke rumahnya keesokan harinya.

Alhamdulillah, aku terharu sekali, mengetahui ada orang yang jujur dan berhati mulia mau mengembalikan barang yang hilang dan ditemukannya. Dia tak minta apa-apa kecuali kedatanganku untuk mengambil BB-ku.

Hari Rabu, sepulang mengajar, aku bersama rekanku, pak Agus, datang ke rumah bapak Cecep. Rupanya bapak Cecep sedang bekerja di tempat yang tak jauh dari rumahnya. Kamipun menunggu bapak Cecep yang sedang dijemput anak lelakinya.

Sekitar 5 menit kemudian, datanglah seorang lelaki yang tegap, dengan lengan kanan bertato. Dia memperkenalkan dirinya dengan sangat ramah, dia bernama Cecep, seorang pengrajin bambu. Ya Allah, didepan hamba inilah hamba-Mu yang sudah mengajarkan hamba kejujuran dan keikhlasan. Walau sekilas sangar dan garang, namun hatinya sangat mulia. Subhanallah…. Engkau yang memberikan hidayah kepada orang yang Engkau kehendaki.

Singkat pertemuan karena aku tahu pak Cecep masih belum selesai bekerja, aku berikan beliau sebuah bingkisan yang mungkin bagiku tidak cukup mengganti kejujuran dan keikhlasan bapak Cecep. Setidaknya itu bentuk kasih sayangku kepada orang yang telah mengajarkanku kejujuran. Hanya Allah yang akan membalas kebaikan pak, demikian ucapku sebelum berpamitan pulang.

BB-ku tak berkurang apapun, masih utuh dalam kondisi yang sama sebelum jatuh, tak ada baret, hanya indikator baterainya sudah memerah. Dan hari itu aku belajar 2 hal:

  1. Don’t judge the book by the cover.
  2. Jujur, ikhlas dan sabar membuat beruntung.

Bagi Anda yang membaca artikel ini, mohon kerelaannya untuk membacakan surat Al Fatihah untuk kebaikan beliau. Semoga Allah juga membalas kebaikan Anda. Amin ya Rob!

Categories: Hari ini aku belajar..., Kisah | Tags: , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

