Tsuya’s Visit

Jumat yang lalu (16/2), SMA Al-Izhar mendapat kunjungan istimewa sekitar 20 pelajar Tokyo Metropolitan Nishi High School, salah satu sekolah terkemuka di Tokyo, Jepang dimana konon para alumninya sebagian besar bekerja di jajaran kepemerintahan dan diplomatik di Jepang. Kunjungan mereka ke SMA Al-Izhar ini adalah rangkaian kegiatan kunjungan balasan SMA Al-Izhar bulan Januari 2012 lalu yang diselenggarakan oleh AEON Jepang.

Setelah mengelilingi kampus Al-Izhar, para pelajar dari Tokyo Metropolitan Nishi High School belajar memainkan alat musik tradisional dan membuat batik sederhana.

Selain itu mereka juga mengamati kegiatan shalat Jumat, dengan Maulana, siswa kelas X SMA Al-Izhar sebagai khatib shalat Jumat, dan ikut belajar bersama di kelas partnernya yaitu siswa SMA Al-Izhar. Kelas yang mereka masuki adalah kelas Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia dan Biologi.

Aku mendapatkan kesempatan untuk mengajar salah satu dari mereka di kelas Biologi. Nama pelajar tersebut adalah Tsuya. Setelah memperkenalkan dirinya di depan kelas lalu pelajaran dimulai. Pelajaran Biologi hari itu adalah mengenal jamur (fungi), klasifikasi dan manfaatnya. Bahasa pengantar yang aku pakai adalah bahasa Inggris agar Tsuya mengerti yang aku presentasikan. Agar lebih mengena dan menarik, aku menyediakan makanan tradisional Indonesia yang terkait dengan jamur antara lain tempe mentah dan tempe goreng, lalu oncom mentah dan oncom goreng serta tape singkong. Tsuya mendapatkan kesempatan untuk merasakan tempe, oncom, dan tape karena itulah salah satu bentuk olahan masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan jamur. Diskusi hari itu adalah bagaimana pentingnya jamur dalam kehidupan sehari-hari dan makanan minuman yang terkait dengan jamur. Ada 3 kelompok yang maju untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka. Tsuya juga mempresentasikan hasil diskusinya bersama Naomi siswa SMA Al-Izhar mengenai makanan dan minuman di Jepang yang difermentasikan oleh jamur.

Tsuya memperkenalkan dirinya di depan kelas

Diskusi dan kerja kelompok

Presentasi di depan kelas

Persiapan presentasi kelompok berikutnya

Presentasi Tsuya dan Naomi di depan kelas

Dengan selesainya presentasi Tsuya dan Naomi maka pelajaran pun berakhir, namun sebelumnya kami berfoto bersama sebagai kenang-kenangan kunjungan Tsuya ke SMA Al-Izhar.

Foto bersama kelas

Sebelum pulang meninggalkan kelas dan sekolah, kami melakukan doa bersama yang dipimpin oleh Sheila.

Doa bersama

Ada yang membuatku terkejut, dengan bahasa Indonesia yang diucapkan dengan agak fasih, Tsuya berkata “Kelas anda bagus”. Wow… I take it as a compliment. Siswa dari sekolah terkemuka di Tokyo bilang seperti itu. Padahal aku was-was tadinya karena mungkin bahasa Inggrisku tidak sefasih dia atau pelajaran di Indonesia yang mungkin tidak sebagus di Jepang tapi ternyata itulah yang diucapkannya. Terima kasih Tsuya. Have a safe trip to your home.

Advertisements
Categories: Hari ini aku belajar..., Pelajaran Biologi, Sekolah | Tags: , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: