Antri Penukaran Uang Receh di Monas

Hari Kamis tanggal 16 Agustus 2012 lalu adalah hari terakhir penukaran uang receh di Monas. Bank Indonesia (BI) bersama dengan 9 bank umum melakukan penukaran uang receh gratis, tanpa ada biaya tambahan di lapangan Monumen Nasional (Monas). Masyarakat bisa secara langsung menukar uang pecahan untuk persiapan lebaran. Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan bahwa saat menukarkan uang di Monas ini, masyarakat dibatasi hanya untuk menukar uang maksimal Rp 5 juta dalam sekali transaksi (katanya). Masyarakat bisa menukar uang dengan pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 atau pecahan di atasnya.

Cuma mereka (mobil kas bank pemerintah yang ngaku merakyat) hanya mau menerima Rp 50.000 dan Rp 100.000 saja. Kalau kita membawa uang Rp 10.000 dan Rp 20.000 maka ditolak mentah-mentah. Belagu banget yah. Aku ngumpulin uang itu susah payah begh ditolak begitu saja. Mereka malah mengira aku ini calo yang mau menukar receh untuk dijual kembali, mungkin karena dugaan itu makanya petugasnya yang cowok itu dengan ketus melayani penukaran uang recehku. Nasib lah diremehkan orang…yah maklum lah mengingat reputasi banknya di mataku dari dulu, jadi udah maklum sajalah.

Lain kali gak pake jasa bank itu lagi ah. Udah ngantri berjam-jam, pelayanannya buruk pula, kesannya ngajakin berantem. Kalau ngomong nadanya tinggi banget. Cape deh. Di antara antrian selalu ada orang yang menukar uang receh untuk dijual lagi. Bahkan mengulang antrian lagi di mobil kas bank lain.

Inilah foto-fotonya.

 

Categories: Kisah | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: