Mengenal Sejarah dan Ilmu Kedokteran dari Time Slip Dr Jin

Meski pernah berkunjung ke Seoul dan Icheon tak lantas aku menggemari film Korea meskipun di Indonesia sendiri sedang booming film Korea. Time Slip Dr Jin adalah film seri Korea kedua yang aku tonton setelah Bakery. Aku tak mudah begitu saja menonton film seri Korea, namun ketika aku membaca sinopsis dari Time Slip Dr Jin, aku jadi tertarik untuk menontonnya.

Jadi film ini bercerita mengenai Dr Jin yang merupakan seorang ahli bedah saraf yang pandai yang berasal dari keluarga dokter. Selalu sempurna dan sukses dalam dalam mengoperasi pasien karena Dr Jin memiliki ketrampilan dalam operasi dan cepat serta tenang dalam setiap situasi. Hanya saja ia memiliki kekurangan yaitu perilaku yang dingin dan kurang rasa kasih sayang kepada pasien. Suatu hari ia berencana untuk melamar kekasihnya Dr Yoo Mi-na yang juga rekan dokter di rumah sakit yang sama. Namun sebelum sempat melamar, mereka berselisih karena Dr Jin tidak mau mengoperasi pasien Dr Yoo Mi-Na yang dianggapnya tidak memiliki peluang untuk hidup meski telah dilakukan operasi. Dr Yoo Mi-na pergi dengan emosional dan akhirnya terlibat kecelakaan mobil. Dr Yoo Mi-na pun terbaring koma setelah dioperasi oleh Dr. Jin.

Sebuah kekuatan aneh dan misterius menyebabkan Dr Jin terlempar ke 150 tahun yang lampau, pada tahun 1860 semasa pemerintahan dinasti Joseon. Pada masa tersebut teknologi kedokteran masih dalam tahap yang masih sederhana. Ia mulai merawat dan mengobati pasiennya yang kebanyakan dari rakyat miskin dengan peralatan seadanya dan sedikitnya pengetahuan medis pada masa itu, ia berupaya sekuat tenaga untuk mengembangkan alat-alat medis dan obat-obatan dengan usahanya sendiri. Ia juga berupaya untuk menemukan jalan baru untuk menolong mereka yang sakit. Melewati pertentangan dari tabib-tabib masa itu (termasuk Tabib Kerajaan) dan masalah yang berliku-liku, dan dengan bantuan dari seorang gadis bangsawan Hong Young-rae (yang mirip sekali dengan Dr Yoo Mi-na).

Beberapa tindakan medis dilakukan di jaman itu antara lain mulai dari operasi melubangi tengkorak untuk mengeluarkan gumpalan darah di otak dengan menggunakan peralatan sederhana yaitu palu dan pisau dapur, operasi usus buntu, operasi kanker payudara, operasi tumor di leher, operasi lambung bocor, operasi Caesar, pembuatan penisilin dari Jamur Penicilium notatum, membuat infus dari garam dan gula. Semua terobosan medis dilakukannya, awalnya mendapatkan pertentangan karena di jaman itu masyarakat masih mempercayai mistik untuk menghindari penyakit dan belum berkembangnya ilmu kedokteran.

Operasi Caesar oleh Dr. Jin di masa Joseon (tahun 1860)
dengan menggunakan alat seadanya
Sumber: kdrama-synopsis.blogspot.com

Dr Jin melakukan operasi otak dengan peralatan canggih di tahun 2012
Sumber: http://www.hancinema.net

Dari sini kita sudah bisa mengenal ilmu kedokteran. Apalagi dengan sejarah Dinasti Joseon yang rumit ditambah intrik-intrik politik kerajaan yang kompleks. Lumayan kan wawasan jadi bertambah.

Akhirnya, dari semuanya itu, Dr Jin menjadi seorang dokter yang handal tanpa mengandalkan peralatan kedokteran yang canggih di abad ke-21 dan yang terpenting adalah mengalami perubahan perilaku menjadi dokter yang sangat peduli dan perhatian terhadap pasien yang sedang diobatinya, tak peduli kaya atau miskin.

Intinya aku menikmati menontonnya karena wawasan ilmu tentang sejarah dan biologi anatomi jadi bertambah. Tapi kalau Anda tidak suka dengan adegan operasi yang mempertontokan organ dalam dan darah, sebaiknya di skip saja adegannya.

Selamat menonton Time Slip Dr. Jin.

Advertisements
Categories: Hari ini aku belajar... | Tags: , , , , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Mengenal Sejarah dan Ilmu Kedokteran dari Time Slip Dr Jin

  1. dengan atau tidak memakai alat canggih dr jin memang hebat…

  2. anoorjali12022005

    baru habis tonton Time Slip Dr Jin.. ceritanya memang best..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: