It’s all about character and life skills

Jika Anda berada di sebuah persimpangan jalan, untuk mengambil sebuah keputusan, left or right, take it or leave it, atau tetap maju atau bertahan. Yup, semuanya adalah tentang karakter dan ketrampilan hidup Anda untuk dapat bertahan di jalan yang Anda telah pilih. Pastikan Anda memiliki karakter dan ketrampilan hidup di bawah ini:

1.   Kemampuan beradaptasiyang baik

Adaptasi adalah kunci sebuah keberhasilan. Adaptasi ke lingkungan, rekan kerja, situasi yang baru dapat membuat Anda bertahan, tak peduli betapa kerasnya lingkungan yang baru.

2.   Kemampuan berfikir kritis, memecahkan masalah dan membuat keputusan

Ketrampilan dan karakter berfikir kritis akan membuat Anda dapat menganalisis sebab akibat pada sebuah pengalaman hidup Anda dan orang lain sebuah masalah dan mengambil intinya. Jika Anda memiliki ketrampilan ini maka Anda akan dapat mengumpulkan dan mengolah informasi, kemudian mampu menganalisis dan mampu melakukan evaluasi dampak pada masa depan dari keputusan yang dilakukan pada saat ini pada diri sendiri dan orang lain, dan menentukan solusi alternatif untuk sebuah masalah yang Anda hadapi.

3.    Ketrampilan mengendalikan diri Anda sendiri

Anda adalah pengendali diri Anda sendiri. Kepercayaan diri dapat Anda bangun, begitu juga kesadaran diri (self-awareness skills), termasuk mengelola amarah (anger management), mengelola keluhan dan keresahan, mengelola rasa kehilangan, penghinaan (abuse), dan trauma. Terutama mengelola stress yaitu dengan berfikir positif dan tahu tentang teknik-teknik relaksasi dari stress.

4.   Ketrampilan komunikasi

Apapun keputusan yang Anda pilih, pasti melibatkan orang lain, maka pandailah dalam berkomunikasi secara verbal dan nonverbal. Anda juga harus dapat mendengarkan aktif, siapa tahu ada inspirasi di dalamnya, ketika Anda mendengarkan dengan baik. Anda juga sebaiknya memiliki ketrampilan mengekspresikan perasaaan; memberikan umpan balik berupa kritik dan saran tanpa menyalahkan orang lain dan diri sendiri serta sekaligus mampu menerima umpan balik dari orang lain dan diri sendiri.  Bentuk komunikasi lainnya adalah mampu bernegosiasi dan menolak.

5.    Mau Belajar dan Menerapkannya serta Pandai Bersyukur

Ini dia, Anda harus tetap belajar dan belajar serta menerapkannya. Jadilah pembelajar seumur hidup. Dan kunci dari semuanya adalah pandai bersyukur, jangan lupa untuk membagi pengalaman hidup, ilmu dan wawasan Anda kepada orang lain.

6.    Hormat dan Sayang kepada Orang Tua

Yang ini adalah harus. Tanpa orang tua, kita tidak ada di dunia ini. Restu orang tua adalah bekal kita.

Apapun keputusan hidup Anda, pastikan Anda memiliki karakter dan ketrampilan hidup di atas.

Advertisements
Categories: Hari ini aku belajar... | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: