Karyawan “James Bond” dan “Ethan Hunt”

Siapa yang tidak kenal agen MI6 berkode 007 yaitu James Bond? Bisa dikatakan tokoh ini populer dari jaman orang tua kita dulu sampai sekarang. Seorang agen rahasia yang punya begitu banyak keahlian dan kemampuan manajerial yang baik. Keahlian yang dimilikinya adalah ambang batas stress dan sakit yang di atas rata-rata, stamina tinggi, bicara banyak bahasa, ahli bela diri, ahli menggunakan banyak senjata, pemanjat ulung, terjun payung, operator kapal, pesawat, tank, dan balap mobil. Sedangkan kemampuan manajerialnya adalah mampu mengenali, menganalisis dan memecahkan permasalahan dengan kreativitasnya.

James Bond yang skillfull

Jika anda seorang karyawan, ambil sisi positif dari seorang James Bond. Jadilah karyawan dengan kemampuan seperti James Bond yang memiliki keberanian, banyak keahlian, kreativitas, semangat dan strategi untuk menyelesaikan tugas tanpa mengeluh apa pun karena James Bond punya die-hard attitude, tak perduli dia dikhianati dan dikorbankan oleh rekannya atau bahkan pemimpinnya sendiri.

Jadi seorang karyawan “James Bond”  merupakan karyawan dapat diandalkan karena merupakan karyawan berkeahlian tinggi dan selalu dapat menuntaskan semua tugas yang diberikan.

Hanya saja, ada sisi negatifnya juga, jika melihat dari film sejak dulu, James Bond tetaplah seorang agen lapangan yang sepertinya tidak pernah naik pangkat dan jabatan. Koreksi saya jika saya salah, pangkatnya tetap saja Commander, dan jabatannya tetaplah seorang agen lapangan. Terlepas dari konteks film, James Bond tidak pernah menduduki jabatan M. Pemimpinnya M berganti-ganti (kualifikasinya apa ya?) tetap saja James Bond jadi andalan institusinya. Jadi jika anda memiliki keterampilan lengkap seperti itu, anda sudah sepantasnya dipromosikan ke jabatan lebih tinggi.

Miliki mental dan nasib seperti Ethan Hunt, seorang agen rahasia IMF dengan berbagai skill yang kurang lebih sama dengan James Bond, namun Ethan Hunt mendapatkan promosi jabatan. Memulai karier sebagai agen lapangan dan akhirnya ditunjuk oleh institusinya sebagai field director yang memimpin agen-agen yang menjadi anak buahnya. Sebagai seorang pemimpin, Ethan Hunt mampu memimpin anak buahnya sehingga dapat menuntaskan semua tugas yang diberikan oleh institusinya.

Ethan Hunt, field director, leader ulung yang mampu memimpin anak buahnya karena kemampuan teknis dan lapangan yang baik

Bagaimana dengan realitanya? Di dunia kerja, selalu ada karyawan James Bond dan Ethan Hunt. Tapi ada juga ada karyawan yang bukan dari tipe keduanya atau tak punya banyak skills namun tetap mendapat promosi jabatan, mungkin bisa jadi, karena faktor kedekatan dengan top leader, keahlian “hanya bicara” dan pencitraan yang super sehingga berhasil mengambil hati dan kepercayaan top leader atau bisa karena faktor lain.

Lah gak adil dong ya, gak usah stress kawan, karena begitulah apa adanya dunia. Opiniku, jangan jadi karyawan terus. Jadilah bos sendiri atau dengan kata lain, mulailah berwirausaha. Wong anda dianugerahi begitu banyak skills kok masih mau jadi karyawan terus. Begitu kan ya. Simple kan?

Categories: Belajar Beropini, Curhat, Hari ini aku belajar... | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: