Efek Domino: Yang Salah Siapa, Yang Kena Siapa

Mungkin judul di atas merupakan ungkapan hati si Abraham Samad, ketua KPK kita saat ini, ketika mengikuti sidang kode etik pembocoran Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) atas nama Anas Urbaningrum dalam kasus Hambalang yang dilaksanakan secara terbuka untuk umum di Gedung KPK hari Rabu (3/4/2013). Ini bisa terlihat dari wajah Abraham saat disidang oleh komisi etik.

abraham130403b

Wajah Abraham saat disidang oleh komisi etik (sumber: liputan6.com)

Terungkap oleh Komite Etik bahwa Abraham tidak terlibat secara langsung dalam membocorkan draft sprindik itu, namun Komite Etik menilai Abraham itu telah melakukan pelanggaran kode etik sedang, sehingga dijatuhi sanksi berupa Surat Peringatan pertama (SP-1). Komite Etik menilai, Abraham lalai dalam membina dan mengawasi sekretarisnya. Kelalaian itu menciptakan kondisi sehingga sekretarisnya membocorkan dokumen penting tersebut.

Di benak Abraham sudah pasti ia menggangap hasil temuan komisi etik KPK itu sangat berlebihan karena dikait-kaitkannya antara dirinya dengan si sekretaris yang sudah ditetapkan sebagai pembocor sprindik tersangka Anas Urbaningrum. Mungkin menurutnya kesalahan, secara administrasi dan birokrasi bahkan kata ahli hukum dapat di pidana, yang dilakukan si sekretaris mungkin cukup diterima si sekretaris saja tak perlu melibatkan dirinya karena ia juga sebagai “korban”.

Inilah resiko jadi pemimpin, mau tidak mau harus bertanggung jawab meski tidak ikut melakukan. Hanya saja tidak semua pemimpin mau beresiko dan bertanggung jawab malah ada yang mengumpankan bawahannya untuk menjadi tameng kesalahan si pemimpin, jika seharusnya ditelusur ke atas maka pemimpin tersebut seharusnya ikut bertanggung jawab karena lalai dalam membina dan mengawasi anak buahnya.

Yah itu saja sih opiniku, atau mungkin bisa juga dikatakan sedikit curcol kesal dengan kondisi (negara) ini.

Categories: Belajar Beropini, Hari ini aku belajar... | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: