Mitos Minum Air Dingin Bikin Gendut

Jadi begini, latar belakang aku menulis posting ini akibat aku gemes karena sering dan banyak sekali orang yang termakan mitos tapi menegurku, seolah-olah mereka benar, yang sedang enak menikmati minum air dingin dengan dalih “Ih kok elo minum air dingin, entar gendut loh”. Oke, terlepas itu adalah (mungkin) salah satu bentuk perhatian atau juga (mungkin) bentuk penghakiman untukku, bukannya gak mau dikasih tahu, tapi kalau dikasih tahu yang salah masak iya diikutin sih. Aku bertanya dalam hati “Hmmm, apa iya? Jangan-jangan bener lagi, tapi bagaimana dengan orang Amerika atau Eropa dari kecil yang hampir setiap hari minum air yang dingin (meskipun tidak di masukkan ke dalam pendingin tapi airnya saja sudah dingin), kok mereka gak semuanya gendut, harusnya mereka semuanya gendut dong, bagaimana dengan orang Rusia, Alaska, kok gak gendut semua?”.  Bahkan ketika aku mendapatkan kesempatan mengamati kehidupan sehari-hari orang Amrik di negaranya langsung, kebanyakan setelah makan selalu di sajikan air dingin, tapi sepanjang hayatnya mereka tetap kurus tuh. Nah apa yang sebenarnya terjadi ya?

Oh iya, sebelum melangkah, aku jelaskan apa sih mitos itu? Jadi, mitos itu adalah sesuatu yang kita percayai dan dianggap sebagai sebuah kebenaran sejak dahulu tapi sebenarnya tidak benar, sehingga bisa jadi orang yang tidak sejalan dengan mitos akan dihakimi dengan vonis keliru. Apalagi jaman sekarang adalah era layar, bahwa semua informasi tersaji secara instan di layar perangkat elektronik anda, bahkan pemiliknya dapat terserang banjir informasi. Sedemikian mudahnya informasi di dapat maka sedemikian mudah pulanya informasi menyebar. Keterampilan dasar yang harus kita miliki adalah menyaring informasi yang masuk dengan mengkonfirmasinya, entah kepada seseorang yang ahli atau kita bisa lakukan dengan pencarian via internet tentunya, itupun jika rajin, namun jika malas, maka satu-satunya pilihan yang logis adalah mempercayai informasi tersebut meskipun informasi tersebut adalah salah.Oke, back to the main topic. Apakah benar, minum air dingin bikin gendut? Faktanya adalah yang membuat gendut apabila kelebihan kalori yang disimpan dalam lemak tubuh karena orang itu mager (males gerak). Sumber kalorinya dari tentunya makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Sedangkan air sendiri tidak mengandung kalori, kecuali jika air es teh manis, air es sirup itu mah mengandung kalori kalee. Hehehe.

Jadi, mitos minum air dingin bikin gendut tentu saja itu tidak benar. Jika kita mau pikirkan, saat makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh via mulut, tenggorokan dan lambung, maka suhu asli makanan yang kita telan tadi akan berubah menyesuaikan suhu tubuh kita, karena di dalam tubuh kita selalu konstan 37° Celcius. Kemudian, di dalam lambung, makanan tadi dicerna sekitar 2-3 jam dalam suhu tubuh yaitu 37°C dan menggunakan asam lambung (HCl) yang mempunyai pH sangat asam (kurang lebih pH 2-3) sehingga makanan dan minuman yang masuk, otomatis, akan menjadi hangat sesuai suhu tubuh dan hancur oleh karena asam lambung.

Saat makanan dan minuman diserap oleh tubuh dari usus halus (ileum), yang diserap merupakan zat-zat yang sangat kecil (bentuknya sudah seperti ion atau molekul terkecil) dan bukan makanan yang utuh lagi. Sementara itu lemak yang mengendap dalam tubuh merupakan konsekuensi dari makan terlalu banyak (terutama makan minyak/lemak) ditambah lagi karena mager jadi bukan karena minum air dingin.

Jadi konfirm ya, yang bikin gendut itu adalah makan berlebihan ditambah mager, dua hal itu adalah penyebab paling umum dari kelebihan lemak pada manusia. Minum lebih banyak air malah membantu penurunan berat badan. Kebanyakan rencana diet mewajibkan Anda untuk minum banyak air. Minum air membantu semua proses metabolisme Anda. Minum air juga baik untuk kulit Anda, ginjal, darah, dan sistem pencernaan, dll. Minum air juga akan membuat Anda merasa kenyang sehingga Anda tidak sebagai lapar. Jadi tetaplah tenang dan tetap minum air dingin ya.

Referensi:

  1. http://wiki.answers.com/Q/Can_cold_water_make_you_fat
  2. http://wolipop.detik.com/read/2012/03/06/101917/1858800/849/air-putih-untuk-turunkan-berat-badan-mitos-atau-fakta
  3. http://health.howstuffworks.com/wellness/diet-fitness/weight-loss/question447.htm
  4. http://www.daveywaveyfitness.com/nutrition/drinking-cold-water-makes-fat-solidify

Gambar:

http://www.keepcalm-o-matic.co.uk/p/keep-calm-and-drink-cold-water/

Advertisements
Categories: Belajar Beropini, Curhat, Hari ini aku belajar..., Kisah | Tags: , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Mitos Minum Air Dingin Bikin Gendut

  1. wakakaka.. mager.. malas gerak alias jadi pager.. pager makan taneman, alias diem di tempat tapi mulut ngunyah2 makanan.. saya suka minum air dingin, dan nyokap selalu bilang ituh bikin usus besar dan badan gendut.. wew ternyata salah ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: