Iron Man 3

geek4tv-spoiler-alert-logolarge

Film ini dibuka dengan curhatan Tony yang mengatakan bahwa setiap orang menciptakan setannya (musuhnya) sendiri. Setan (musuh) yang diciptakan oleh Tony Stark berawal dari sebuah kisah di tahun 1999, tepatnya pada malam peralihan tahun 1999 ke tahun 2000 di Bern, Swiss.

Di tengah pesta malam tahun baru di sebuah hotel. Tony Stark saat itu sedang berkencan dengan seorang ilmuwan di bidang DNA, Maya Hansen, secara arogan menghindari kejaran seorang ilmuwan jenius yang aneh bernama Aldrich Killian. Di lift hotel, Killian meminta dukungan Tony dalam upayanya untuk mengembangkan sebuah teknologi dari lembaga riset yang didirikan oleh Killian sendiri yaitu Advance Idea Mechanics. Saat akan keluar lift, Tony berjanji akan menemui Killian di atap hotel, namun itu hanyalah taktik Tony untuk menghindari Killian. Killian merasa tertipu dan teraniaya karena menunggu lebih dari 2 jam.

Kemudian cerita ini maju menuju ke masa kini. Tony di bengkelnya sedang membuat prototipe jubah Iron Man yang dapat dikendalikan dari jarak jauh yang dapat menempel ke tubuh Tony secara bagian per bagian.Hal itu dapat terjadi karena Tony memasukkan mikrochip pengendali ke dalam kedua tangannya.

bengkel

Di lain tempat, Pepper, sebagai kepala Stark Industries yang baru mendapatkan kunjungan dari Killian, yang melalui presentasi hologram, menawarkan ide dan konsep mengenai teknologi memaksimalkan potensi otak manusia, namun Pepper menolak tawaran ide dan konsep teknologi tersebut karena dapat berpotensi disalahgunakan menjadi senjata.

pippernkillian

Hogan Happy, yang baru menjabat kepala keamanan Strak Industries, memata-matai aktivitas Pepper dan Killian serta melaporkannya ke Tony. Happy juga mencurigai gerak-gerik patner yang dibawa Killian yang sedang menunggu di ruang tunggu. Tony, yang mendapatkan laporan dari Happy, merasa cemburu dan menggoda Pepper yang pulang dengan prototipe Iron Man yang dikendalikan Tony dari bengkelnya.

godaPepper1

godaPepper

Setelah mengetahu jika Iron Man dikendalikan Tony dari bengkel, maka Pepper menuju ke bengkel dan terjadilah perdebatan kecil akibat hobi Tony yang membuat banyak jubah Iron Man sampai tidak meluangkan waktu untuk Pepper, bahkan Tony tidak tidur selama 72 jam demi hobi membuat jubah Iron Man, namun akhirnya perdebatan selesai ketika Tony mengaku kalau dirinya terserang ketakutan (Anxiety attack) akibat trauma peristiwa di New York (The Avenger).

Pepperngambek

Dia melakukan semua ini untuk melindungi Pepper. Sampai-sampai ketakutannya terbawa dalam mimpinya, di mana di dalam mimpi itu berupa memori Tony yang masuk ke lubang hitam pada pertempuran di New York kemudian mampu memanggil protipe Iron Man untuk melindungi Pepper yang sedang tertidur di sebelah Tony. Karena berisik dengan gigauan Tony, maka Pepper terbangun dan kaget karena prototipe Iron Man tiba-tiba muncul. Itulah yang menyebabkan Pepper ketakutan dan marah.

bangunoi

kagetinPepper

Saat Tony bertemu dengan Kolonel Rhodes di rumah makan, Rhodes menginformasikan bahwa saat ini pemerintah Amerika sedang dihadapkan dengan serangkaian pemboman oleh seorang teroris internasional yang menamakan dirinya Mandarin. Kebingungan para intelejen adalah di berbagai lokasi pemboman tidak pernah ditemukan adanya bekas-bekas bom. Di tengah pembicaraan, tiba-tiba, Tony terserang ketakutan berlebihan (Anxiety attack) dan meninggalkan Rhodes dengan menggunakan jubah Iron Man yang diparkir di depan rumah makan tadi.

Pada suatu malam, Hogan Happy mengawasi gerak-gerik rekan Killian, Eric Slavin, yang mencurigakan dan berhasil mengambil barang bukti dari koper namun terjadi ledakan dan mengakibatkan Happy koma, sebelum Happy pingsan di lokasi, Happy masih sempat melihat Eric Slavin, yang selamat karena mampu regenerasi dan menunjuk sebuah name tag yang mengarahkan ke pelaku pemboman.

ledakanhappy

selamat

IRON_MAN_3-15

Tony yang tidak terima dengan keadaan Happy, berbicara di depan wartawan dan menantang dan mengancam akan membunuh Mandarin lewat televisi.Tony mengundang Mandarin untuk ke rumahnya di 10880 Malibu Point.nantanginmandarin

iron-man-21

Tony segera mengkonstruksi TKP dengan bantuan hologram komputer JARVIS yang disuplai dari data CIA, FBI, dan SHIELD. Tony menemukan petunjuk dari Happy mengenai name tag tersebut dan mengarah ke pemboman yang sama yang terjadi di sebuah kota kecil di daerah Tennessee. Tony memerintahkan JARVIS untuk membuat rencana penerbangan Iron Man ke daerah itu dalam rangka penyelidikan.

investigasi

Maya Hansen, ilmuwan DNA, mantan kekasih Tony, mendatangi rumah Tony untuk menginformasikan dugaan Maya bahwa atasannya, Killian, diduga bekerja untuk Mandarin. Tak lama, Pasukan Mandarin datang dengan 4 helikopter tempur dan menghancurleburkan rumah mewah Stark di tepian tebing.

attack

ngebomrumah

hancur

ledakanrumah

Tony berhasil melindungi Pepper yang terpental akibat hebatnya ledakan dengan memasangkan protipe Iron Man ke tubuh Pepper. Sebagai gantinya Pepper menyelamatkan Tony dari reruntuhan rumahnya sendiri.

IRON_MAN_3-18

savingtony

gwyneth-paltrow-iron-man-3

Setelah Pepper dan Maya berhasil keluar dari lokasi serangan, jubah Iron Man kembali dipakai oleh Tony untuk melindungi diri dari serangan senjata api yang dikeluarkan secara bertubi-tubi oleh 4 helikopter.

Karena hanya prototipe, maka mode serangan Iron Man tidak dapat dilakukan, yang hanya bisa dilakukan adalah hanya mengaktifkan jetnya saja. Tony melawan dengan melemparkan benda-benda yang ada di rumahnya ke helikopter. Pada akhirnya Tony hanya berhasil melumpuhkan 3 helikopter, sedangkan 1 helikopter berhasil meruntuhkan rumahnya dan membuat Iron Man tersangkut kabel baja dari pondasi rumah dan terseret tercebur ke dalam laut. Untung saja, JARVIS mengambil alih dan melakukan protokol penyelamatan dan terbang menjauh dari lokasi serangan tanpa diketahui 1 helikopter yang tersisa.

kegerettenggelem

Selama penerbangan, Tony tak sadarkan sendiri. Tony baru sadar ketika mendengar alarm Iron Man bahwa tenaga tinggal 5%, dan akhirnya terjatuh di hutan pedesaan Tennessee yang bersalju. JARVIS pun ijin untuk beristirahat untuk system recovery. Tony dengan kedinginan terpaksa menggeret jubahnya ke tempat yang ia anggap aman. Selama perjalanannya, Tony meminjam jaket patung Indian yang ada di luar etalase sebuah toko serta sempat mengirimkan voice mail ke Pepper. Tony meminta maaf kepada Pepper mengenai apa yang telah terjadi dan berjanji akan meluangkan banyak waktu untuk Pepper.

IRON MAN 3

jatuh

adem

ngegeret

nelponpepper

Ditengah kesedihannya, Pepper akhirnya mengetahui jika Tony masih hidup, dengan memakai helm Iron Man yang tersisa di lokasi ground zero rumah Tony yang di bom dan mendengarkan voice mail yang dikirimkan oleh Tony di helm tersebut.

Peppersedih

IRON_MAN_3-36

pepperhelm

Akhirnya Tony menemukan garasi milik penduduk lokal, dimana waktu itu sedang ditinggali oleh seorang bocah usia 10 tahun bernama Harley. Waktu itu Harley masih belum mengenali Tony, sehingga menganggap Tony seorang penjahat, tapi ketika Tony memperlihatkan jubah Iron Man maka langsung Harley memberikan Tony sebuah koran dengan headline bahwa Tony menghilang sambil berkata bahwa Tony diduga telah tewas akibat pengeboman.

IRON_MAN_3-34

dibengkel

servis

Tony meminta bantuan Harley untuk menyediakan banyak alat termasuk sandwich dan jam tangan digital, yang akhirnya Harley memberikan jam tangan Dora the Explorer milik kakak perempuannya. Sebagai imbalan baliknya, Tony memberikan alat elektronik pembela diri ketika seumpama Harley di bully oleh teman sekolahnya. Harley dan Tony pun sepakat. Sementara itu jubah Iron Man dilakukan setting ulang dan dilakukan power charging yang memakan waktu lama mengingat sarana dan prasarana di garasi Harley tidak semodern di bengkel Tony.

frustasigarasiharley

Kemudian, dengan meninggalkan jubah Iron Man yang sedang di charge di garasi Harley, Tony dan Harley menyelidiki sisa-sisa ledakan di TKP.

TKPTennessee

Tony mencurigai bahwa tersangka pengeboman itu masih hidup, lalu Tony menemui ibu tersangka di sebuah bar. Ternyata si ibu tersangka mengira Tony adalah orang yang meneleponnya seingga memberikan arsip anaknya. Tak lama, Tony ditangkap oleh seorang wanita yang bernama Ellen Brandt mengaku agen Homeland Security, namun sherrif yang ada di bar itu tidak mempercayai wanita agen itu. Sang agen melukai Sherif dan Tony tahu bahwa agen tersebut adalah salah satu anak buah Mandarin. Sang agen memiliki kemampuan menaikkan suhu tubuhnya hingga panas.

Tony kemudian melarikan diri dengan tangan terborgol ke sebuah restoran di seberang jalan. Dengan tangan terborgol, Tony berkelahi dengan sang agen, hingga dengan kecerdikan Tony, borgol di tangannya dapat terlepas dengan memanfaatkan panas tubuh agen. Pada akhirnya, agen tersebut diledakkan oleh Tony dengan menggunakan gas elpiji dan mikrowave.

IRON_MAN_3-44

Rekan agen yang lain, Eric Savin, ikut mengejar Tony dan menyandera Harley. Untungnya, Harley dapat meloloskan diri dengan memanfaatkan alat bela diri yang diberikan Tony sebelumnya. Tony pun menggunakan arus jet di tangannya untuk menyerang Eric meloloskan diri dengan mobil yang tadinya digunakan oleh Eric dan Ellen.

Tony masuk ke sebuah mobil siaran sebuah stasiun televisi. Tony, dibantu dengan staf televisi lokal, menggunakan koneksi Internet masuk ke situs AIM (AIM merupakan kontraktor pemerintah yang memodifikasi War Machine menjadi Iron Patriot). Tony menelpon Rhodes yang sedang memburu Mandarin untuk meminta username dan password akun Rhodes di situs AIM.

Setelah berhasil masuk ke situs AIM dengan menggunakan akun Rhodes, Tony akhirnya mengetahui bahwa AIM mengembangkan program Extrimis yaitu sebuah progran pengobatan eksperimental yang memungkinkan penggunanya untuk pulih dari cedera atau kelumpuhan (regenerasi organ tubuh) karena luka perang. Hanya saja, jika tubuh pengguna tidak dapat memetabolisme program Extremis, maka pengguna akan memanas dan meledak. Tony menduga ledakan itu dipicu oleh para tentara dari program Extremis dan Kematian mereka digunakan untuk menutupi kekurangan Extremis dengan plot terorisme.

situsAIM

IRON_MAN_3-58

extremis

Sementara itu Killian juga telah menipu badan-badan intelijen Amerika mengenai lokasi Mandarin, sehingga Rhodes menyelidiki ke lokasi yang sebenarnya adalah perangkap Killian untuk mencuri jubah Iron Patriot. Pada akhirnya, Iron Patriot pun tertangkap dan dibawa ke markas Mandarin.

Dengan bantuan Harley, akhirnya berhasil Stark menelusuri Mandarin ke Miami. Tony kemudian menerobos masuk ke markas menggunakan berbagai senjata hasil buatannya sendiri. Tony menemukan bahwa Mandarin yang sebenarnya adalah aktor Inggris bernama Trevor Slattery, yang hanya berperan sebagai Mandarin. Mandarin sebenarnya adalah ciptaan Killian. Sayangnya begitu Tony mengetahui itu, Eric Slavin yang selamat dari serangan Tony tempo hari, menangkap Tony.

IRON_MAN_3-76

Tony diikat dan berbicara dengan Maya Hansen yang rupanya karyawan setia Killian yang menggunakan Pepper untuk memanfaatkan Tony, karena diduga Tony mengetahui persamaan rumus koofisien yang dapat menyempurnakan program Extremis. Karena Maya tidak berhasil membujuk Tony maka Killian membunuh Maya dan Tony diberitahu bahwa Pepper berada dalam tawanan Killian dan ditunjukkan secara live melalui hologram bahwa Pepper sedang diinjeksi program Killian agar Stark membantu dalam memperbaiki kelemahan Extremis.

Pepperdisuntik

Masih di markas Mandarin namun di tempat lain, Killian berhasil mengeluarkan Rhodes dari jubahnya dengan menggunakan panas yang dihasilkan oleh tubuh Killian. Kini Iron Patriot dipakai oleh Eric Slavin.

Akhirnya dengan bantuan pengendalian jarak jauh Iron Man, Tony dapat lolos setelah berkelahi dengan beberapa penjaga markas. Dan Tony bertemu dengan Rhodes di markas itu. Mereka menemukan rencana Killian yang bermaksud untuk menculik Presiden di pesawat Air Force One. Rhodes menelepon wakil presiden untuk memberitahu rencana jahat Killian, namun diketahui wakil presiden merupakan pendukung Killian.

markasmandarin

Presiden masih menyangka Rhodes lah yang berada di balik Iron Patriot. Sesaat Air Force One mengudara, Eric Slavin, yang menggunakan Iron Patriot menculik Presiden dan menghancurkan body pesawat sehingga para staf presiden tersedot keluar pesawat.

ironpatriotpalsu

airforce1mleduk

Iron Man, yang dikendalikan Tony dari kapal boat, pun berjuang menyelamatkan 13 penumpang yang selamat namun gagal menghentikan Killian untuk menculik presiden.

menyelamatkankorban

menyelamatkankorban3

menyelamatkankorban2

IRON_MAN_3-110

Tony dan Rhodes memburu Killian ke situs pengeboran minyak. Killian bermaksud untuk membunuh presiden di televisi dengan siaran langsung. Sehingga ketika presiden tiada, maka otomatis wakil presiden akan menjadi pemimpin, diketahui motif wakil presiden yang sudi mengikuti perintah Killian adalah imbalan program Extremis untuk menyembuhkan cacat anak gadis wakil presiden.

Tony dan Rhodes, tanpa jubah Iron Man dan Iron Patriot, pergi untuk menyelamatkan Pepper dan presiden. Tony bertugas menyelamatkan Pepper sedangkan Rhodes bertugas menyelamatkan presiden.

Iron Man 3

Kalah jumlah pasukan maka Tony memanggil seluruh Iron Man yang masih tersimpan rapi di bawah tanah rumahnya yang hancur. Tony, dibantu JARVIS, mengendalikan seluruh Iron Man tersebut dan memporak-porandakan markas Killian.

kontrolbanyak

igor

Pada akhirnya, Rhodes dapat mengamankan presiden yang terbungkus dengan jubah Iron Patriot dengan kondisi terikat dan tergantung. Rhodes meminta presiden untuk melepas jubah Iron Patriot dan membawa presiden ke tempat yang aman. Sementara itu Tony menemukan Pepper dapat bertahan dari prosedur Extremis. Hanya saja, karena dihalangi oleh Killian, Pepper terjatuh dari kontainer ke dalam kobaran api sebelum Tony bisa menyelamatkannya.

Tony marah besar melihat kekasihnya Pepper terjatuh ke dalam kobaran api. Tony melawan Killian dengan bergonta-ganti jubah. Sayangnya berbagai jenis jubah tidak dapat mengalahkan Killian yang menggunakan tangan panasnya. Tony akhirnya memerintahkan JARVIS untuk memakaikan jubah Iron Man ke Killian dengan maksud untuk menjebak Killian ke dalam tubuh Iron Man, lalu Tony memerintahkan JARVIS untuk meledakkan Iron Man yang dipakai Killian. Sekilas tampak jubah Iron Man yang dipakai Killian hancur berkeping-keping, namun ternyata Killian masih bertahan dan berusaha menyerang Tony, namun tanpa disangka Pepper masih hidup karena program Extremis yang dipasang di tubuhnya menyelamatkannya dan mampu membunuh Killian.

Pepperngamuk

Pepper kini paham alasan Tony sangat tergantung pada jubah Iron Man dan Pepper dapat memakluminya. Sesuai janji Tony pada saat mengirimkan voice mail ke Pepper maka Tony memerintahkan JARVIS mengeksekusi protokol Prosedur Awal Baru yaitu menghancurkan seluruh Iron Man yang tersisa sebagai tanda niatnya untuk mencurahkan lebih banyak waktu untuk Pepper. Ledakan hancurnya seluruh Iron Man bagaikan ledakan kembang api yang spetakuler.

Esok paginya, wakil Presiden dan Slattery sebagai pemeran Mandarin pun ditangkap. Pepper menjalani operasi untuk menghilangkan program Extremis di dalam tubuhnya, dan Tony juga dioperasi untuk mengambil pecahan peluru yang masih tertinggal di dekat jantungnya.

operasijantung

Di akhir film, Tony berada di ground zero rumahnya dan membuang reaktor dada usangnya ke laut, sambil merenung ia selalu menjadi Iron Man meskipun tanpa jubah Iron Man-nya. Ia berkata, dulu aku dan jubah Iron Man adalah kepompong, sekarang aku sempurna.

Dalam sebuah adegan post credit title, Tony sebenarnya sedang curhat dengan Dr. Bruce Banner (Hulk), mengenai cerita film ini dari awal sampai akhir. Sayangnya Bruce terbangun dari tidurnya saat Stark mengakhiri semua ceritanya. Tony pun marah dan bertanya ke Bruce dari cerita mana Bruce tertidur. Bruce menjawab dari cerita Tony saat di lift di Swiss. Kata Tony, “Busyet dah itu mah elo kagak ndengerin gw”. Bruce menjawab “Yaa maaf kan gw bukan doktor psikolog, lagipula gw gak punya kesabaran”.

curhat

“Tony Stark akan kembali lagi”. Itu adalah tulisan di akhir post credit title.

Categories: Kisah | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: