Perpanjangan SIM di Mobil Keliling Depok

Kemarin, hari Selasa, tanggal 30 April 2013, aku memperpanjang SIM A dan C. Rencananya aku mau memperpanjang SIM di Pasar Segar, Depok hanya saja karena waktu itu aku datang kepagian (07.30 WIB) maka aku disarankan oleh petugas jaga disana untuk mengurusnya di Mobil Keliling saja yang lokasinya ada di RRI Cimanggis samping RS Sentra Medika Cimanggis di Jalan Raya Bogor. Alasannya, menurut bapak petugasnya, pengurusan SIM di mobil keliling lebih cepat dan syarat yang harus dipenuhi cuma membawa fotokopi KTP, SIM lama, dan tentunya biaya administrasi perpanjangan SIM sebesar Rp 160.000 per kartu SIM. Jadi jika ada 2 kartu maka tinggal di kalikan sendiri.

Aku tiba di jembatan RRI Cimanggis, tempat mobil keliling nongkrong, jam 08.00. Hanya saja, mobilnya belum datang, namun sudah ada beberapa orang yang telah menunggu. Ternyata di depan pos keamanan RRI Cimanggis, sudah ada petugas keamanan sekaligus petugas jaga parkir motor para pengurus SIM yang membantu mengumpulkan antrian kartu SIM.

Jam 08.15 mobil keliling pun datang. Setelah membereskan dan menyiapkan meja, kursi, dan berkas maka proses pengurusan perpanjangan SIM dibuka dan dimulai pada pukul 08.30.

IMG00769-20130430-0758

Persiapan Buka

Petugas polisi memeriksa SIM lama untuk dicocokan dengan fotokopi KTP. Kemudian petugas memanggil satu persatu para pengurus perpanjang SIM untuk mengisi formulir.

IMG00770-20130430-0806

Pemeriksaan SIM dan Pemberian Formulir

Nah, semakin cepat mengisi formulir dan semakin gesit kita mengumpulkannya kembali ke petugas  maka semakin cepat kita memotong jalur antrian karena antrian yang sesungguhnya adalah antrian formulir ketika dikumpulkan ke petugas. Meskipun aku mengurus 2 SIM yang artinya aku harus mengisi 2 formulir, tapi aku mengisinya dengan cepat sehingga aku mendapatkan gelombang antrian yang pertama. Maksudnya gelombang antrian adalah antrian yang dapat masuk ke dalam mobil keliling untuk dilakukan foto SIM maksimal hanya 8 orang.

IMG00771-20130430-0818

Mengisi Formulir

Setelah formulir dikembalikan, kita hanya menunggu dipanggil petugas lagi untuk menandatangani kertas putih untuk kita bawa ke dalam mobil untuk di scan dan dicetak di SIM. Kertas yang telah di tanda tangani tidak boleh rusak, dilipat apalagi hilang 🙂 . Tidak usah berebutan untuk tanda tangan ini karena tidak mempengaruhi nomor antrian karena nomor antrian yang sesungguhnya adalah tumpukan formulir yang dikembalikan ke petugas tadi.

IMG00773-20130430-0830

Tanda Tangan untuk Kartu SIM

IMG00774-20130430-0830

Beginilah penampakannya

Setelah sekitar 15 menit menunggu, para antrian pun di sapa dengan ramah melalui pengeras suara oleh petugas polisi yang bernama ibu Sally sekaligus diumumkan nama-nama dari 8 orang yang dapat masuk ke dalam mobil keliling. Tentu saja aku mendapatkan namaku disebut olehnya pada urutan yang terakhir.

Prosesnya cepat sekali, 8 orang tidak sampai 15 menit. Hal ini disebabkan karena sudah serba digital. Kita tinggal duduk, berikan kertas putih yang telah kita tanda tangani ke petugas, di ambil sidik jari jempol kiri dan kanan, kemudian di foto. Hanya hitungan menit kartu SIM sudah ditangan dan kita dapat melanjutkan aktivitas harian kita.

IMG00775-20130430-0853

Petugas mengambil foto, sidik jari dan membacakan data sebelum SIM dicetak

Kesimpulannya adalah 2 jempol lah untuk pelayanannya dan kecepatannya. Ini kali keduanya mengurus SIM dengan cepat, 5 tahun yang lalu, aku mengurus SIM A, C baru untuk pertama kalinya di Polres Depok. Untuk buat SIM baru mulai dari cek kesehatannya, ujian tulis, ujian praktik, dan foto butuh waktu 3 jam. Itupun termasuk cepat karena antrian yang banyak. Dan biayanya pun resmi semua. Top dah.

TIP: 

  1. Kalau mau cepat maka datang lebih pagi.
  2. Ketika petugasnya membacakan data kita, tolong diperhatikan ya, jika ada kesalahan data harap segera menginformasikannya ke petugas sehingga dapat diedit sebelum di cetak. Kalau meleng, wah pasti menjadi tanggung jawab pemohon yang artinya harus mengulang dari nol lagi. Jadi lama pengurusannya sekitar 45 menit, mulai dari antri mendapatkan formulir, mengisi formulir sampai SIM di tangan.
  3. Bawa uang pas, Rp 160.000 per kartu.

FYI: Info jadwal mobil keliling

Advertisements
Categories: Kisah | Tags: , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: