Harga Murah Sahabat Semua Orang

Definisi harga murah adalah harga yang lebih rendah dari harga yang dianggap berlaku di pasaran. Murah itu relatif, harga menjadi murah jika produk lain dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Apalagi saat-saat menjelang lebaran, sepertinya banyak orang yang melakukan ritual belanja yang bahkan mengalahkan ibadah puasa itu sendiri. Banyak sekali pula orang yang dengan sabar menjalankan ibadah puasa dengan menahan diri dari lapar, haus dan emosi, namun kadang tidak dapat menahan diri ketika melihat harga murah sehingga harus berebut barang dengan orang lain.

Ilustrasi Belanja Harga Murah
(sumber gambar: goyangkarawang.com/2013/01/situs-toko-online-murah)

Harga murah memang merupakan sahabat semua orang tidak memandang status ekonominya. Naluri kita selalu mencari harga murah demi mendapatkan selisih yang dapat digunakan untuk keperluan lain atau untuk sekedar berhemat. Oleh karena itu, harga murah merupakan salah satu strategi jitu toko untuk merebut hati para konsumennya.

Contoh lain harga murah adalah harga bensin subsidi. Bahkan orang yang penghasilannya sudah lumayan pun tetap tertarik dan tidak malu untuk membeli bensin bersubsidi yang lebih murah daripada bensin yang tidak bersubsidi, padahal sudah jelas bukan haknya dan malah bukan bensin yang dianjurkan untuk kendaraannya. Lagi-lagi harga murah, selisihnya dapat digunakan untuk keperluan lain.

Kita juga dapat terjebak oleh harga murah, contohnya terjebak oleh perilaku konsumsi yang berlebihan gara-gara terpikat oleh harga murah, sehingga kita membeli daripada yang kita butuhkan atau bahkan yang tidak kita butuhkan. Kadang melihat orang lain memborong barang berharga murah maka kita jadi ikut-ikutan membeli yang tidak kita butuhkan atau membeli lebih dari yang kita butuhkan. Aku jadi ingat film Confessions of a Shopaholic.

Manfaatkan harga murah untuk mencari barang yang dibutuhkan bukan untuk sekedar untuk membuktikan kemampuan membeli. Jadi intinya pandai-pandai berhitung sehingga dapat memanfaatkan harga murah untuk tujuan hemat. Memang harga murah memang sahabat untuk semua orang, atau mungkin lebih tepatnya sahabat setia untuk semua kantong 🙂 .

Advertisements
Categories: Belajar Beropini | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: