Tip Belajar Biologi a la Hari

Muridku: Pak, pak, gimana sih caranya belajar biologi biar gampang?

Aku: Oh begini nih caranya:

  1. Niat dan mau belajar, harus ada niat dan mau, kalau tak ada niat dan mau ya percuma.
  2. Baca buku sampai tuntas dengan senyaman mungkin, gunakan musik untuk membantu, pokoknya baca buku dulu deh, gimana mau pandai kalo tidak membaca. Kemudian berkhayal buku biologi itu seperti ensiklopedia/komik
  3. Bikin mind map/peta konsep untuk memudahkan dalam penguasaan konsep dasar Biologi, minimal coret2an/catatan kecil
  4. Berusaha sekreatif mungkin membuat singkatan yang mudah dihapal. Contoh:
  • Susunan Sel terdiri dari KAPALAN: Karbohidrat, Protein, Air, Lipid, Asam Nukleat.
  • Jaringan Permanen Tumbuhan: PAPIPENG PENYOK: PArenkim, ePIdermis, PENgangkut, Gabus, PENYOKong
  • Anatomi Daun: EMBER: Epidermis, Mesofil, Berkas Vaskuler
  1. Selalu mengulang pelajaran sepulang dari sekolah agar materi yang dipelajari nempel di ingatan kita
  2. Punya kelompok belajar akan lebih baik, karena dengan belajar bersama maka sesama anggota akan saling mengisi.
  3. Jika ada PR kerjakan dan tuntaskan permasalahan dengan berani bertanya ke yang lebih ngerti entah itu guru atau rekan lain yg lebih jago sehingga motivasi belajar biologi tetap membara, lain halnya kalo tidak tuntas bisa jadi kalian menganggap biologi itu susah
  4. Googling. Silahkan googling, cari penjelasan-penjelasan, atau animasi-animasi yang kiranya dapat memudahkan kalian untuk mengerti.
Categories: Sekolah, Teacher's Log | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: