Membuat Personal Statement yang Hebat (1)

Berawal dari rasa penasaranku bagaimana sih membuat Personal Statement (PS) yang baik, dalam rangka membuat aplikasi S2 MA in Globalising Education di University of Sheffield, UK, maka aku browsing di mbah gugle. Mulai dari ketemu cara pembuatan Personal Statement (PS) di blognya mas Andi Arsana sampai akhirnya ketemu websitenya mas Ahmad Fuadi yaitu Negeri 5 Menara yang menyelenggarakan kegiatan yang sedang aku cari-cari aktvitasnya yaitu membuat personal statement yang hebat.

Poster-workshop-personal-statement-final

Mulailah aku menghubungi kontak di brosur tersebut, sebenarnya sudah mau bayar on-the-spot saja meski harus membayar lebih Rp 100.000 dari investasi awal yang hanya Rp 400.000, karena tanggal segitu yah belum gajian. Alhamdulillah tunjangan profesi dari pemerintah telah turun jadi karena memang sudah seharusnya tunjangan itu peruntukannya untuk pengembangan profesional guru maka hari itu juga aku langsung transfer kepada panitia dan namaku resmi tercatat menjadi peserta.

Workshop ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 26 Oktober 2013, dimulai jam 09.00 sampai jam 13.00. Pembicaranya seperti yang ada di brosur plus ibu Andari Karina Anom, rekan setim pembicara.

Diawali dari paparan mas Ahmad Fuadi mengenai kisah singkatnya ketika ia belajar di 5 Negara yaitu AS, Canada, Inggris, Singapura, Italia. Ia menyampakain statementnya bahwa impiannya menjadi nyata. Ia memberikan 2 target kepada kami, setidaknya setelah pulang dari workshop ini kami sudah dapat membayangkan Personal Statement yang hebat itu apa sih, cara nulis Personal Statement yang hebat itu bagaimana sih. Kemudian target yang kedua adalah kami, minimal, sudah punya draft untuk Personal Statement yang hebat.

Mas Ahmad Fuadi kemudian memberikan motivasi kepada kami bahwa “Sekolah ke luar negeri itu mungkin”. Inti dari semua itu adalah kerja keras, siapa yg besungguh-sungguh maka berhasil.

Apa sih Personal Statement itu?

Salah satu dokumen yang penting untuk apply beasiswa atau apply ke universitas di luar negeri adalah Personal Statement. Nah definisi dari Personal Statement adalah tulisan yang disiapkan untuk mendapat informasi calon penerima beasiswa atau calon mahasiswa yang berfungsi untuk seleksi administrasi dan bahan wawancara maka bentuknya selalu tertulis dengan isi:

  1. Latar belakang pendidikan: pada paragraf ini anda harus menuliskan bahwa fakultas/universitas anda ngetop atau spesifik di bidang ini, Karena belum tentu staf admisi kenal dengan nama fakultas/universitas anda.
  2. Networking dalam keilmuan: pada paragraf ini sangat penting menuliskan jaringan kerja universitas kita, apalagi kalau sudah go Internasional.
  3. Rencana studi (untuk S2) dan rencana riset (untuk S3): karena pendidikan di luar negeri itu ilmunya sangat spesifik maka penting untuk kita menulis detil rencana studi atau rencana riset kita.
  4. Harapan masa depan setelah selesai studi: Disini anda boleh bercita-cita tinggi, setelah studi ini saya dapat melanjutkan karir saya menjadi profesor atau konsultan dan sebagainya. Tunjukkan optimisme kita.

Nah, Pak Rony, menyatakan bahwa kelemahan pendidikan di Indonesia adalah orangnya pinter ngomong tapi tidak bisa menulis, sehingga banyak calon-calon mahasiswa yang mabok ketika harus menulis Personal Statement.

Menurut Mas Ahmad Fuadi, isi Personal Statement itu harus seperti namanya, personal, sangat pribadi sekali. Jadi membuatnya jangan dari template, tapi harus keluar dari hati & unik, it’s so you istilahku.

Karakteristik Personal Statement (PS) yang diharapkan

Disampaikan oleh Pak Rony bahwa karakteristik Personal Statement (PS) yang diharapkan adalah:

  1. Buat PS seperti Anda melakukan komunikasi dari calon ke komite beasiswa (ini saatnya anda untuk mempromosikan diri Anda)
  2. Perkenalkan diri yang berhubungan karier akademis, kontak/networking akademis.
  3. Rata2 ditulis 2-3 halaman
  4. Tulisan rapi dan langsung ke hal yang ingin disampaikan (fokus)
  5. Penggunaan bahasa yang sederhana.

Mengapa PS?

  1. Info mengenai latar belakang ilmu, dimana didapatkan, dari siapa saja tokohnya.
  2. Mencari 10-20 terbaik dari 100 calon terbaik.
  3. Mencari calon yang layak untuk ke babak wawancara
  4. Mencari calon dengan fokus dan bidang studi yang jelas
  5. Melihat kemampuan calon dalam komunikasi tulisan

Siapa yang membaca PS?

  1. Orang yang punya pengalaman membaca PS. Biasanya adalah Programme Assistant yang sudah biasa baca ratusan bahkan ribuan PS selama dia bekerja. Jadi karena dia sering baca maka dia tahu PS mana yang baik dan mana yang buruk.
  2. Orang yang memiliki pengalaman di dunia pendidikan dan seleksi beasiswa.
  3. Tim seleksi akademis bea siswa
  4. Salah satu diantara tim penyeleksi memiliki kesamaan atau kedekatan disiplin keilmuan dengan yang membuat PS

Kriteria PS yang tdiak di rekomendasi –> pasti langsung dibuang oleh pembaca PS

  1. Kurang dapat menerangkan latar belakang pendidikan dan arah pendidikan. Apa pendidikan kita, arahnya mau kemana, terutama multidispliner
  2. Latar belakang pendidikan kurang meyakinkan
  3. Tidak punya pengalaman dalam menulis paper
  4. Tidak fokus ke rencana belajar dan rencana riset
  5. Tulisan tidak mengundang perhatian. krn penulis tidak bisa mengekspresikan diri
  6. Mengambil statemen orang lain tapi penggunaan salah dan bahasa menjadi aneh (be original man, jangan plagiat)

Kriteria PS yang di rekomendasikan

  1. Cukup memenuhi syarat beasiswa
  2. Tulisan dianggap siap untuk melakukan program beasiswa
  3. Sudah memiliki rencana studi/riset
  4. Sudah dengan kontak dengan profesor/universitas
  5. Ada kesesuaian latar belakang dengan rencana studi

Kriteria PS yang sangat di rekomendasikan <– Perhatikan nih!

  1. Sangat memenuhi syarat, Bing original, Bhs sederhana to the point
  2. Tulisan menonjol akademis dan non akademis
  3. Sudah fokus ke rencana studi
  4. Sudah kontak
  5. Kesesuaian latar belakang dengan rencana studi

Tip Penulisan PS

  1. Gunakan bahasa Anda sendiri dengan bahasa lugas dan sederhana serta mudah dipahami (komunikatif)
  2. Baca berulang-ulang tulisan PS mu, kalau perlu minta orang lain yang baca.
  3. Lihat CV anda sendiri untuk mencari keunikan minat
  4. Jawab tiap pertanyaan dengan kalimat pendek dan terpisah. Baru satukan dalam 1 essay
  5. Jangan menjawab yang bukan ditanyakan pada petunjuk PS yang diberikan.
  6. Rencana riset dan studi yang dituliskan perlu diingat karena akan ditanyakan saat wawancara.
  7. Perlihatkan alasan rencana studi anda perlu dilaksanakan.
  8. Konsentrasi membicarakan ke rencana studi dan karir Anda seusai studi.
  9. Yakinkan kalau anda memang ahli di bidangnya
  10. Yakinkan anda mengenal jaringan kerja di bidang anda
  11. Perlihatkan bahwa anda lebih baik dari calon lain
  12. Jangan terlihat ragu-ragu dalam membuat PS
  13. Perlihatkan bahwa tidak ada masalah untuk anda ketika anda menerima beasiswa

Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana kalau S1 ketika bekerja dan S2 yang akan dipilih tidak ada kaitannya, maka jawaban dari narasumber adalah anda harus pilih pengalaman-pengalaman anda yang berhubungan jurusan S2 tersebut. Fokus menulisnya ke sana saja.

Mas Ahmad Fuadi membuka workshop

Mas Ahmad Fuadi membuka workshop

IMG_6607

Situasi saat workshop berlangsung, peserta sedang sibuk membuat draft PS

IMG_6610

Ibu Andari Karina Anom memberikan arahan kepada mbak Ocha, peserta workshop yang datang langsung dari Lampung

Mas Ahmad Fuadi sukarela mengarahkanku dalam membuat PS yang hebat. Thanks mas.

Mas Ahmad Fuadi sukarela mengarahkanku dalam membuat PS yang hebat. Thanks ya mas.

Setelah itu dibahas 3 perwakilan PS yang dibuat oleh peserta workshop. Setiap PS diberikan masukan dan arahan mana yang harus dihapuskan dan mana yang harus ditambahkan.

Intinya tidak ada format yang baku untuk membuat PS dan yang paling pokok adalah kita harus pandai mempromosikan diri dan fokus menjelaskan PS kita.

Kata mas Ahmad Fuadi, kebanyakan orang Indonesia itu low profile kalau menulis PS, contohnya ketika pernah mendapat travel grant atau students exchange ditulisnya cuma pernah belajar di sana atau disini padahal kalau kata-kata itu diganti dengan travel grant, students exchange, atau yang sejenis maka impact nya akan berasa lain bagi si pembaca PS.

Setelah itu acara selesai dan dilanjutkan makan siang dan pulang deh dengan membawa draft PS yang telah diberi masukkan oleh narasumber. Alhamdulillah, pak Rony menyatakan PS yang aku buat termasuk PS yang sangat direkomendasi olehnya jika ia adalah bertugas sebagai reviewer PS. Sekali lagi Alhamdulillah ya Allah. Personal statement buatanku ada di link Membuat Personal Statement yang Hebat (2).

Mas Ahmad Fuadi juga memberikan 3 sample PS yang menurutnya hebat karena satu diantaranya adalah PSnya yang membuatnya lolos seleksi beasiswa MA in Media ke Inggris. Mau filenya kan? Pasti mau dong, hehehehe, silahkan unduh di link ini yaaa :D.

Oke, siapapun Anda, aku mendoakan Anda yang berkunjung ke blog ini, karena memang tujuannya ingin menulis PS kan, semoga cita-cita Anda untuk melanjutkan studi di luar negeri dimudahkan oleh Allah SWT. Aamiin ya Robbal Alamin. Dan All credit goes to tim Negeri 5 Menara yang sudah menyelenggarakan workshop ini.

Disclaimer: Posting ini merupakan sekedar berbagai cerita mengenai pengalaman penulis selama mengikuti workshop. Seluruh petunjuk, kriteria, dan tip penulisan Personal Statement ini disampaikan oleh narasumber kepada peserta workshop. Penulis adalah peserta BUKAN reviewer Personal Statement atau orang yang ahli dalam menuliskan Personal Statement. 

Advertisements
Categories: Hari ini aku belajar..., Seri bagaimana rasanya, Seri Teacher Transform!!! | Tags: , , , , , , , , , , , , | 11 Comments

Post navigation

11 thoughts on “Membuat Personal Statement yang Hebat (1)

  1. Waaah….. Resume yang bagus niy…. 😉
    Makasih ya fotoku jd ikut nampang, walaupun tampak belakang hehehe…..

  2. MAKASIH… SANGAT BERGUNA

  3. Dedy

    Thanks a lot Mas, it’s very useful. Smoga saya bisa mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri juga, aamiin.

  4. Agustina

    Thanks alot

  5. franscisca

    makasih banyak ya mas..saya lagi berusaha buat PS untuk aminef ke USA..semoga bisa diterima..amiin

  6. matur tenkyu Mr Hari 🙂

  7. makasih Mas, this is what I need and I am looking for.
    InsyaAllah I am going to apply for MSC Global Supply Chain & Logistic Management for this year’s intake
    May the success be with us and Allah Ease your life

    matur nuwun sanget ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: