7 Bidang Pekerjaan yang Memiliki Prospek yang Sangat Cerah di Masa Depan

Berdasarkan berita dari antaranews.com tanggal 1 Desember 2012, bahwa pengangguran intelektual di Indonesia makin bertambah karena kesempatan kerja tidak mampu diserap para lulusan baik tingkat diploma ataupun sarjana. Data Badan Pusat Statistik (BPS) selama Agustus 2012, dari jumlah penduduk Indonesia yang bekerja sebanyak 110,8 juta orang didominasi lulusan pendidikan sekolah dasar (SD) sebanyak 53.88 juta orang (48,63 persen) dan lulusan sekolah menengah pertama (SMP) sebanyak 20,22 juta orang (18.25 persen).Sedangkan, lulusan unversitas yang sudah bekerja hanya sebanyak 6,98 juta orang (6,30 persen) dan lulusan pendidikan diploma hanya 2,97 juta orang (2, 68 persen).

Ilustrasi Mencari Lowongan Pekerjaan
courtesy of okemanado.com

Untuk menyiasatinya, agar siswa-siswi SMA Islam Al-Izhar Pondok Labu untuk tetap dapat survive di masa yang akan datang maka dibutuhkan kejelian untuk dapat membaca bidang pekerjaan yang dibutuhkan oleh dunia di masa depan. Oleh karena itulah kegiatan talkshow mengenai bagaimana membaca peluang kerja di masa depan ini diadakan.

Narasumber dalam talkshow tersebut adalah Bapak Prof. Dr. Ir. Budisantoso Wirjodirdjo M.Eng. Beliau lahir di kota Yogyakarta pada tanggal 8 Maret 1955. Prof Budisantoso memperoleh gelar S1 dari Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung, kemudian menempuh jenjang S2 di bidang Computer Science, di Asian Institute of Technology (AIT) Bangkok, dan S3 di bidang Ekonomi Industri dari salah satu universitas di Perancis. Prof Budisantoso merupakan Guru Besar di bidang “ilmu penyelidikan operasional dalam permodelan sistem industri”. Beliau pernah menjabat  sebagai Ketua Jurusan Teknik Industri ITS setelah sebelumnya pernah menjadi ketua program pascasarjana untuk program Teknik Industri ITS. Selain melaksanakan tugas sehari-harinya sebagai guru besar di Jurusan TI ITS, Prof Budisantoso juga aktif memberikan konsultasi dan pelatihan manajemen di berbagai perusahaan dan instansi pemerintah.Saat ini,beliau juga menjadi reviewer beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yaitu lembaga pengelola dana yang terbaik di tingkat regional untuk menyiapkan pemimpin masa depan serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

Di dalam talkshow yang saya pandu, Prof. Budi memaparkan 7 bidang pekerjaan yang memiliki prospek yang sangat cerah di masa depan, yaitu:

  1. Bidang Pangan, karena semua manusia masih membutuhkankan pangan karena itulah bidang ini pasti cerah di masa depan.
  2. Bidang Energi, semua kepentingan dan semua peralatan elektronik membutuhkan energi, sehingga bidang ini juga cerah di masa depan.
  3. Bidang Pembangunan Ekonomi, Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun sehingga potensi bidang ini juga cerah di masa depan.
  4. Bidang Tata Kelola Kebijakan, bidang ini dianggap penting dan cerah karena berkaitan dengan manajemen kebijakan dan penentu kebijakan pemerintah di masa depan.
  5. Bidang Kesehatan, bukan hanya dokter saja, tapi teknik kedokteran dan kesehatan masyarakat juga dapat dipandang memiliki masa depan yang cerah
  6. Bidang Sosial Agama, kemajuan pembangunan di masa kini ataupun masa depan selalu memiliki potensi manusianya untuk depresi atau stress sehingga diperlukan orang yang ahli pada bidang ini untuk menguatkan sisi spiritual dan kejiwaannya.
  7. Bidang Budaya, bidang ini juga tak kalah penting dan vitalnya di masa depan karena kebanyakan ilnu budaya negara Indonesia dikuasai oleh asing.

Prof. Budi juga menekankan bahwa untuk dapat menangkap peluang kerja di masa depan, siswa-siswa harus memilih bidang studi yang strategis, memiliki softskill, networking yang luas, kreatif, fleksibel dan mampu beradaptasi karena Di masa depan tentunya akan banyak muncul bermacam-macam pekerjaan baru atau profeso yang jaman sekarang belum ada.

Beliau juga menambahkan indikator yang harus dilihat dalam menentukan PTN atau PTS dapat dilihat dari status akreditasinya yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dari Dikti.

Dengan memilih salah satu jurusan yang ada di dalam ini artikel ini dan/atau memilih PTN atau PTS yang terakreditasi sangat baik tentunya bukan berarti jaminan pekerjaan di masa depan akan antri menanti anda. Secerah prospeknya bidang-bidang tersebut di masa depan, tetap saja semua kembali ke usaha dan kerja keras anda masing-masing. Kesuksesan itu sebenarnya berada di tangan anda sendiri.

Baca juga: Fenomena Pengangguran Intelektual

Advertisements
Categories: Hari ini aku belajar..., Teacher's Log | Tags: , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: