Belum berhasil lolos seleksi PTN, lalu mau kemana?

Ilustrasi (www.projectmanage.com)

Bulan Juni ini, banyak siswa kelas XII yang sedang galau karena khawatir belum berhasil lolos seleksi perguruan tinggi negeri. Jika anda belum berhasil lolos PTN, maka anda harus tetap tabah. Menerima kenyataan bahwa anda belum berhasil itu adalah keberanian anda. PTN bukan jaminan kesuksesan seseorang, yang menjadi kesuksesan seseorang adalah punya mimpi dan cita-cita, mau belajar dari banyak hal, dan berjuang untuk menggapai mimpi dan cita-cita itu.

Pertanyaannya, kalau belum berhasil lalu mau kemana? Jawabannya ya tetap lanjut kuliah di PTS. PTN memang menawarkan kualitas pendidikan dan nama serta jaringan alumni dan akademik yang sangat baik dan luas, namun kualitas PTS banyak yang tidak kalah lho dari PTN. Coba cek peringkat universitas di Indonesia di http://www.kopertis12.or.id/2014/01/22/hasil-peringkat-perguruan-tinggi-indonesia-versi-4icu-tahun-2014.html.

Nah kalaupun anda harus masuk PTS, maka inilah yang agan mungkin bisa lakukan untuk mengejar mimpi, cita-cita, dan sukses:

  1. cari PTS yang peringkatnya baik dan jurusan/fakultas yang akreditasinya A,
  2. selama kuliah, belajar yang benar, usahakan IPK di atas 3 atau dapatkan yang lebih baik lagi,
  3. selama kuliah, ikuti organisasi yang bagus, kalo bisa jadi leadernya atau minimal jadi pengurusnya,
  4. selama kuliah, belajarlah bahasa Inggris dan/atau bahasa asing lainnya,
  5. selama kuliah, luas dan kembangkan jaringan, dengan dosen, profesor, atau mahasiswa dari kampus lain,
  6. sebelum lulus, tes bahasa Inggris dengan skor minimal: TOEFL iBT® 79/ IELTS™ 6,5/TOEIC® 750;
  7. lulus S-1 langsung apply beasiswa LPDP,
  8. apply online ke universitas LN atau DN yang peringkatnya di kisaran top 100 dunia.

Kalo anda mau cek beasiswa LPDP itu seperti bagaimana, maka silahkan kunjungi webnya di http://www.lpdp.depkeu.go.id/beasisw…gister-doktor/

Semoga berhasil yaaa.

Advertisements
Categories: Kisah | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Belum berhasil lolos seleksi PTN, lalu mau kemana?

  1. mantap banget ini pak guru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: